Bongky Marcel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bongky Marcel
LahirBongky Marcel Ismail
30 Oktober 1966 (umur 57)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Pekerjaan
Suami/istriNadia Sari (k.1995)
Karier musik
Genre
Instrumen
Tahun aktif1981–sekarang
Label
Artis terkait

Bongky Marcel Ismail (lahir 30 Oktober 1966) adalah seorang musisi asal Indonesia. Ia merupakan anggota dan salah satu pendiri dari grup musik Slank dan BIP, dengan posisi sebagai gitaris dan bassis.

Perjalanan Karir[sunting | sunting sumber]

Slank[sunting | sunting sumber]

Sejak SMA, Bongky sudah mulai bermain band dan sempat mendirikan dengan sejumlah band. Antara lain sebagai gitaris utama dan pendiri dari beberapa band yaitu Give Peace, Rese Band dan dan menjadi gitaris ritme CSC (Cikini Stone Complex — kelompok yang menjadi cikal bakal Slank). Tahun 1983, Di usia 17 tahun, Bongky membentuk grup band yang bernama Slank sebagai gitaris ritme sementara Kiki sebagai gitaris utama. Pada tahun 1985, Kiki keluar dari Slank dan menyusul Erwan ikut keluar. Posisi gitaris utama kemudian di isi oleh Bongky, tetapi sempat vakum beberapa tahun karena ingin lebih fokus kuliah dan sempat bikin band jazz di kampusnya. Kemudian pada tahun 1988, Bongky membentuk Cockpit Junior bersama dengan teman-temanya. Ketika kembali lagi pada tahun 1989, Bongky berganti posisi menjadi bassis karena "posisinya" sudah ditempati oleh Pay. Kemudian Bongky mencoba profesi sebagai produser sejak tahun 1993, proyek pertamanya adalah album pertama Imanez, lalu D.o.t, Bunglon, Permen, Galerry, Swallow, dan Rossa adalah hasil sentuhannya setelah keluar dari Potlot dan Slank.

Flowers[sunting | sunting sumber]

Setelah hengkang dari Slank, Bongky menghimpun teman-temanya yaitu Boris Simanjuntak, Njet Barmansyah, Andy Cole dan Andrey Chilling. Maka terbentuklah Flowers. Group ini secara resmi berdiri pada tahun 1996. Walaupun sebenarnya sudah ada jauh sebelum itu, saat Bongky masih tergabung dalam Slank, hanya saja waktu itu belum ada niat untuk jalan sendiri. Tahun 1997, Flowers resmi mengeluarkan album perdananya 17th Keatas, sebenarnya saat itu Aquarius masih meraba apakah musik seperti Flowers bakalan laku dijual atau tidak. Karenanya, mereka memilih merilis album dengan angka kecil, 25 ribu keping. Hingga sekarang, tak ada yang tahu pasti berapa angka penjualan album ini. Bongky bilang, album itu ludes terjual. Repotnya, tak ada data pasti.

Ahmad Band[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, disaat Bongky sibuk dengan Flowers, Ahmad Dhani yang saat itu sedang merancang proyek solonya mengajak Bongky untuk ikut andil dalam proyeknya, bersama kawan lamanya Pay. Bongky merasa punya hutang dengan Aquarius karena pengerjaan album kedua Flowers sempat mandek di tengah jalan dan akhirnya mengiyakan permintaan Dhani buat Ahmad Band. Setelah merilis album Ideologi Sikap Otak, pemain bass yang berpembawaan kalem rupanya lebih memilih Flowers, meski posisinya sebagai pendukung relatif menjanjikan. Bongky Marcel yang mantan bassis Slank ini memilih mundur dari formasi Ahmad Band seusai manggung perdana band di Hard Rock Cafe, saat Hai menggelar malam final Piala Dunia 1998, pada 12 Juli 1998. Dia merasa proyek Ahmad Band bukan prioritas utamanya. Tetapi setelah balik ke band utamanya, Bongky justru ditinggal Boris yang pergi ke Amerika Serikat untuk belajar gitar, Njet bekerja kantoran dan Cole meninggal pada tahun 1999.

BIP[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997, bersama Pay dan Indra Qadarsih, Bongky membentuk BIP. Namun sempat vakum beberapa tahun. Kesibukan Bongky sekarang, selain masih tetap menjadi tulang punggung BIP, juga membuka studio di daerah Gang Langgar Margonda Depok. Bongky pernah ikutserta dalam konser bertajuk Bass Heroes di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta, Selasa (28/02/2006), konser khusus para basis kenamaan yang konon mencetak sejarah, karena dalam satu panggung hanya player & bass (bassist) yang unjuk kemampuan bersama dengan beberapa bassist lain yang terpilih di antaranya Thomas Ramdhan GIGI, Adam Sheila On 7, Henry Boomerang, Indra "The Titans", Dika "Ada Band", Barrry Likumahua, Tito Sumarsono, Ronny Febri Cokelat, Sita Basejam, Indro Hardjodikoro, Raidy Noor, Rindra PADI, Bintang Indrianto, Iwan Xaverius Jet Liar, Arya Setiyadi, Nissa Hamzah Omelette, Indra Utopia, Bondan Prakoso, dan Ari Firman The Groove.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Slank[sunting | sunting sumber]

The Flowers[sunting | sunting sumber]

Ahmad Band[sunting | sunting sumber]

BIP[sunting | sunting sumber]

J-Rocks (Sebagai Produser)[sunting | sunting sumber]

Warteg Boyz (Sebagai Produser)[sunting | sunting sumber]

General Maya[sunting | sunting sumber]

  • Merdeka Tanpa Syarat (2021)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Dikreditkan sebagai Keterangan
Komponis
2004 Catatan Akhir Sekolah Ya
2005 Alexandria Ya
2006 Jomblo Ya
2007 D'Bijis Ya
Kamulah Satu-Satunya Ya
2008 Cinlok Ya
2009 SMS (Suka Ma Suka) Ya
2012 Sampai Ujung Dunia Ya
Test Pack: You're My Baby Ya
2013 Romantini Ya
2017 Demi Cinta Ya

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2007 Festival Film Indonesia Penata Musik Terbaik Kamulah Satu-Satunya Nominasi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]