Kampungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kampungan
Album Slank Kampungan.jpg
Album studio karya Slank
DirilisDesember 1991
LabelProject Q
Kronologi Slank
Suit... Suit... He... He... (Gadis Sexy)
(1990)Suit... Suit... He... He... (Gadis Sexy)1990
Kampungan
(1991)
Piss!
(1993)Piss!1993

Kampungan merupakan album musik kedua karya Slank yang dirilis pada tahun 1991. Lagu utama di album ini adalah Mawar Merah dan Terlalu Manis (Jualan).

Album ini merupakan album kedua SLANK berisi 12 lagu yang diciptakan pada tahun pertama kejayaan SLANK yang dikerjakan oleh Bimbim SLANK Sidharta (Drum), Pay SLANK (Gitar), Bongky ‘Bong SLANK (Bass), Kaka J SLANK (vocal), dan Indra Q SLANK (Keyboard). Serta kehadiran dua gadis cantik yakni Ivie Ariesta/Oppie Andaresta & Irma June sebagai backing vocal. Di album ini SLANK terlihat lebih garang dengan kehadiran beberapa lagu yang liriknya terkesan sebagai luapan emosi para personil SLANK, dan salah satu lagu yang kena sensor adalah lagu ANJING. Album ini diproduseri oleh Boedi Soesatio bersama Proyek Q, dengan pendistribusian oleh Program/Virgo Rec serta printing untuk cover-nya ditangani oleh BSP PRD. Untuk proses rekaman SLANK melakukannya di Jackson Rec dengan Teddy RIady sebagai soun engineer. Untuk single hits di album ini SLANK mengandalkan lagu Terlalu Manis dan Mawar Merah.

Ada keunikan dari album Slank ini, cover-nya yang berbahan dasar kain, sehingga bisa disetrika.

  • . Album ini meraih penghargaan penjualan album terbaik 1991 – 1992 kategori Pop Rock dalam BASF Awards.
  • . Di album ini terdapat lagu anak-anak berjudul Nina Bobo yang didalamnya terdapat suara dengkuran yang nggak lain adalah suara ngoroknya Si To’ (Office Boy) Jackson studio tempat SLANK rekaman.
  • . Lagu SLANK yang sangat melegenda yakni Terlalu Manis dan terdapat di album ini tercipta untuk Pay yang sempat hengkang dari SLANK Formasi 13.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Kampungan
  2. Nggak Rock N' Roll
  3. Mawar Merah
  4. Terlalu Manis (Suka-suka)
  5. Nina Bobo
  6. Bali Bagus
  7. Aborsi
  8. Anak Terbuang
  9. Pulau Biru
  10. ANJING
  11. Teng-teng Blues
  12. Terlalu Manis (Jualan)

Personil[sunting | sunting sumber]