The Groove

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Groove
AsalJakarta, Indonesia
Genre
Tahun aktif1997–sekarang
LabelSony Music Entertainment Indonesia
Artis terkait
Anggota
Mantan anggota

The Groove merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 1997. Grup musik ini beranggotakan 7 orang yaitu Rieka Roslan (Lead Vocal), Reza (Lead Vocal), Arie Firman (Bass), Ari (Guitar), Tanto (Keyboard & Synthesizer), Ali (Piano), Rejos (Perkusi) & Detta (Drum). Genre musik ini adalah acid jazz.[1]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

1999–2004[sunting | sunting sumber]

Album pertamanya ialah Kuingin yang dirilis tahun 1999. Disusul dengan rilisnya album kedua dengan judul Mata, Telinga dan Hati pada tahun 2001 dan album ketiganya yaitu Hati Hati tahun 2004.

Album kedua Mata, Telinga dan Hati (2001) merupakan album terakhir Yuke Sampurna sebagai bassist The Groove. ditahun yang sama juga Yuke sempat bergabung dengan Yovie & Nuno tapi hanya satu album, dan pada tahun 2002, Yuke Sampurna bergabung dengan Dewa 19 band rock legendaris besutan Ahmad Dhani.

2004–2010[sunting | sunting sumber]

Kemudian pada tahun 2004, Rieka Roeslan yang selama ini menjadi motor dari The Groove menyatakan ingin bersolo karier. Akhirnya The Groove kehilangan pencipta lagu utamanya dan vokalis perempuan. Namun The Groove tetap menunjukkan eksistensinya dengan merilis album The Best Of The Groove dengan hits utama "Katakan Dengan Cinta". Untuk mengisi kekosongan vokal perempuan, The Groove berkolaborasi dengan Cindy Bernadette (featuring) dan hits ini sempat mengisi chart-chart radio.

2010–sekarang[sunting | sunting sumber]

Setelah itu, The Groove lenyap dan dikabarkan bubar. Hingga pada tahun 2010, dikabarkan bahwa The Groove akan kembali bereuni, ditandai dengan kembalinya Rieka Roeslan dan dirilisnya single terbaru The Groove "Let's Go Reunion". Selang setahun kemudian The Groove kembali merilis single "Kusambut Hadirmu".

Pada tahun 2016, The Groove mengadakan konser kolaborasi dengan Maliq & D'Essentials bertajuk D'Essentials of Groove. Konser ini dibuat atas gagasan Yovie Widianto dan ternyata terbentuknya The Groove dan Maliq & D'Essentials jatuh pada tanggal yang sama. Di konser tersebut terdapat single kolaborasi yang dibawakan oleh kedua band berjudul Coba Katakan Dengan Cinta.

Album[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Riantrisnanto, Ruly (20 Juli 2016). "Pengakuan The Groove Setelah Hilang Selama 11 Tahun". Liputan6.co. Diakses tanggal 3 April 2019.