Indro Hardjodikoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Indro Hardjodikoro
Indro Hardjo.jpg
Nama lahir Indro Hardjodikoro
Nama lain Indro
Lahir 14 Desember 1968 (umur 49)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan musisi
Tahun aktif 1992—sekarang
Mempengaruhi Halmahera
Trisum
Tohpati Ethnomission
Dipengaruhi Jaco Pastorius
Rocco Prestia
John Patittuci
Pasangan Naya Hardjodikoro
Situs web Indro di Myspace

Indro Hardjodikoro (lahir di Jakarta, Indonesia, 14 Desember 1968; umur 49 tahun; biasa dipanggil dengan nama Indro) adalah seorang pemain bass berkebangsaan Indonesia. Pemain bass dengan segudang pengalaman ini mulai dikenal masyarakat luas di saat dia bergabung bersama grup musik Halmahera pada acara Gita Remaja TVRI di era 90an. Indro yang berdarah Jawa ini mulai berminat bermain musik sejak dia masih kanak kanak.

Perjalanan karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Ketika anak-anak seusianya sedang asyik bermain, Indro yang masih duduk di bangku kelas 3 SD sudah banyak menghabiskan waktunya untuk memperhatikan musik, Kebetulan di sekolahnya sering diadakan kegiatan ektra kurikuler vokal group.[1] Karena ketertarikannya pada musik menginjak kelas 5 SD Indro sudah memberanikan diri untuk bergabung bermain perkusi, kadang ikut serta bernyanyi atau sesekali juga bermain harmonika dalam vokal grup tersebut.Menginjak SMP Indro mulai tertarik untuk bermain gitar dan mulai mempelajarinya secara otodidak. Di bangku SMP ini juga Indro mulai banyak bermain musik dengan teman-teman sebayanya.Kemudian menginjak SMA Indro mulai tertarik bermain bass, terinpirasi oleh kakaknya Manto dan akhirnya bass ini juga lah yang membuat Indro menjadi musisi profesional seperti sekarang.

Karier Lain[sunting | sunting sumber]

Selepas SMA Indro bertemu Tohpati pada PMMC (Yamaha), salah satu ajang pencarian bakat-bakat musik di saat itu. Dari pertemuan itu Akhirnya Indro diajak bergabung oleh Tohpati dalam Halmahera band. Halmahera sendiri memiliki gaya musik yang memiliki unsur perpaduan antar etnik Indonesia dan Fushion Jazz.Bersyukur Indro mulai bermain rutin untuk satu acara TVRI yang berjudul Gita Remaja. Namun Indro yang berjiwa petualang tak cukup puas hingga di situ, di saat yang bersamaan dia pun juga sering mencoba untuk bermain di kafe. Hingga suatu waktu bertemu Maryono (pemain Saxophone), Indro mulai lebih mendalami jazz pada khusunya swing dan banyak bergaul dengan musisi Jazz senior lainnya seperti Ireng Maulana, Embong Rahardjo, Cendi Luntungan, Oele Patiselano, Dewa Budjana dan mulai banyak bermain dengan mereka dari panggung ke pangung jazz tanah air.

Dunia pop dan rekaman[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993 Erwin Gutawa mengajaknya tur ke 5 kota di Amerika mengiringi Ruth Sahanaya atas undangan masyarakat Indonesia yang bermukim di sana. Bersama Tohpati, Uche Hariono, Aminoto Kosin berangkatlah Indro ke negeri Paman Sam tersebut. Sepulangnya dari Amerika Erwin Gutawa sering mengajaknya untuk menjadi pemain bass pada orkestranya. Beruntunglah Indro mulai banyak bermain pada orkestra, rekaman dan sekaligus menimba ilmu rekaman dari Erwin Gutawa[2]. Kemudian beberapa tahun setelah itu Erwin menggelar konser-konser bersama Chrisye Indro pun tak ketinggalan di dalamnya. Indro sempat menjalankan tur ke beberapa kota di tanah air dan sekaligus terlibat pada konser besar Chrisye. Sebagai session bass player pada saat itu Indro juga sering membantu rekaman musisi artis-artis tanah air seperti pada album Atribut untuk Koes Plus, Chrisye, Krisdayanti, Titi DJ, Vina Panduwinata, Ruth Sahanaya, Rio Febrian[3], Anang Hermansyah, Tohpati[4], Reza Artamevia dan masih banyak lagi. Tidak lama setelah itu Indro mulai berkenalan dengan Adi MS dan banyak membantu Adi pada Twilight Orchestra. Pada tahun-tahun berikutnya Krisdayanti menggelar konser akbarnya bersama Erwin Gutawa lagi-lagi Indro yang bermain bass di dalamnya. Pada tahun 2002-2004 mengiringi Krisdayanti Show pada salah satu TV swasta. Pada tahun 2007 Titi DJ menggelar konser solo pertamanya, Indro membantu Tohpati sebagai band pengiringnya. Di tengah kesibukannya yang begitu padat atas kecintannya terhadap musik, Indro masih sempat meluangkan waktunya untuk belajar menambah ilmu seperti pada Indra Lesmana dan mengajar pada sekolah musik Dwiki Dharmawan. Di waktu yang bersamaan Indro juga kadang membantu Dwiki Dharmawan World Peace Orchestra[5]. Beberapa tahun kemudian Indro berjumpa Andi Rianto dan banyak terlibat membantu Andi untuk rekaman dan bermain pada Magenta Orkestra untuk Indonesian Idols.

Panggung jazz[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995 Indro mulai terjun bermain Jazz pada acara Jak Jazz bersama Maryono Quintet. Pada tahun 1997 Indro mendapat kepercayaan untuk mengiringi Eric Merienthal, Warren Wiebe pada tur-turnya di Indonesia. Setelah itu Indro juga masih sering terlibat dalam banyak acara jazz seperti mengiringi Kenny Garret, Michael Colina, Dave Koz, Michael Lington dan lain-lain. Tampil pada acara-acara jazz tanah air seperti Java Jazz[6], Jak Jazz, Ngayogjazz, Jazz Goes to Campuss dan banyak lagi dari tahun 1998 hingga sekarang.

Mengajar musik[sunting | sunting sumber]

  • Pada tahun 1998-2007 mengajar di Farabi Forum Musik[7] (Dwiki Dharmawan).
  • Pada tahun 2008-sekarang mengajar di Institut Musik Indonesia (kepala bagian divisi mengajar bass kontemporer).[8]
  • Mengajar Master Class untuk jurusan Rhytm dan Groove[9] bersama Victor Wooten[1].

Solo[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010 Indro merilis album solonya yang pertama berjudul "Feels Free". Didukung oleh teman-teman musisi seperti Tohpati, Oele Pattiselano dan lain-lain.[10]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Erwin Gutawa[sunting | sunting sumber]

Halmahera[sunting | sunting sumber]

  • 1995 - Album "Kuyakin"
  • 1996 - Album "Alam dan Seniku"

simakDialog[sunting | sunting sumber]

  • 2001 - Album "Lukisan"
  • 2002 - Album "Baur"

Trisum[sunting | sunting sumber]

Bersama Tohpati[sunting | sunting sumber]

Solo (album)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]