Elektro-optika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Elektro-optika adalah cabang ilmu bidang teknologi yang melibatkan komponen, alat, dan sistem yang yang bekerja dengan memodifikasi sifat optik dari suatu material dengan medan listrik. Sehingga ilmu ini mempelajari interaksi antara sifat elektromagnetisme (optik) dan sifat listrik (elektron) dari suatu benda.

Alat elektro-optika[sunting | sunting sumber]

Alat elektro-optika terkait dengan perubahan sifat dari medium yang juga ditunjukkan dengan perubahan birefringence (perubahan indeks bias akibat perubahan polarisasi dan propagasi arah cahaya). Pada efek Kerr, perubahan birefringence adalah proporsional dengan kuadrat dari medan listrik, dan medium yang digunakan adalah cairan. Pada efek Pockels, perubahan birefringence bervariasi secara linear terhadap medan listrik, dan medium yang digunakan adalah kristal. Bahan non-kristalin, seperti polimer, semakin banyak digunakan untuk membuat material elektro-optika karena biaya produksi yang murah.

Bahan bacaan terkait[sunting | sunting sumber]

  • Friedman, Edward (2004). Photonics Rules of Thumb: Optics, Electro-optics, Fiber Optics, and Lasers. McGraw-Hill Professional. ISBN 0-07-138519-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]