Teknik elektronika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Teknik Elektronika (Bahasa Inggris: electronic engineering) adalah cabang ilmu dari teknik elektro yang memanfaatkan komponen listrik nonlinear dan aktif (seperti perangkat semikonduktor, terutama transistor, dioda, dan sirkuit terintegrasi) untuk merancang sirkuit elektronika, perangkat VLSI, dan sistem perangkat lainnya. Khusus disiplin ini biasanya didasarkan pada papan sirkuit cetak.

Elektronika adalah sub bidang dalam subjek akademik teknik listrik yang lebih luas tetapi menunjukkan bidang teknik yang luas terutama mencakup subbidang lainnya, seperti elektronika analog, elektronika konsumen, sistem benam, dan elektronika daya. Teknik elektronika berkaitan dengan penerapan aplikasi, prinsip, dan algoritma yang dikembangkan dalam banyak bidang terkait, contohnya ilmu fisika, teknik radio, teknik telekomunikasi, sistem kendali, pemrosesan sinyal, teknik sistem, teknik komputer, teknik instrumentasi, kendali daya listrik, robot, dan masih banyak lagi.

Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (IEEE) adalah satu organisasi yang paling penting dan berpengaruh bagi insinyur elektronik yang berbasis di Amerika Serikat. Di tingkat internasional, Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) menyiapkan standar keahlian untuk teknik elektronik, yang dikembangkan melalui konsensus dan atas pencapaian kerja dari 20.000 ahli dari 172 negara di seluruh dunia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]