Teknologi militer dan peralatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Artikel ini berisi daftar alat, perangkat dan metode teknologi militer. Pembuatan klasifikasi senjata perang adalah salah satu hal yang menjadi penelitian di bidang militer.

Beladiri[sunting | sunting sumber]

Beladiri adalah sebuah latihan fisik yang tertata atau bisa dikatakan tradisi dan latihan gerakan tubuh untuk pertahanan diri menggunakan tangan kosong atau senjata tajam. Beladiri disini biasanya tidak menggunakan senjata api atau senjata moderen pada umumnya.

Senjata Militer[sunting | sunting sumber]

Senjata api adalah senjata tangan yang menembakkan satu atau lebih proyektil menggunakan gas yang dihasilkan dari hasil pembakaran propelan berkecepatan tinggi.

Artileri biasanya adalah senjata yang menggunakan peluru kaliber besar dengan jarak tembak yang jauh. Artileri biasanya membutuhkan kru artileri untuk mengisi peluru (amunisi) atau mengoperasikannya.

Senjata tajam (melee), yang termasuk senjata ini adalah pedang, tombak, kapak, atau kepalan tangan kosong. Dapat didefinisikan sebagai senjata yang dapat memukul, menebas atau menusuk lawan. Definisi melee sendiri dapat diartikan sebagai senjata pertarungan perorangan atau senjata untuk pertarungan satu lawan satu.

Armor[sunting | sunting sumber]

Armor, adalah pakaian pelindung yang melindungi pemakainya dari luka atau hantaman senjata pada pertarungan dan pertempuran militer, biasanya digunakan oleh prajurit

Munisi[sunting | sunting sumber]

Munisi, sering didefinisikan sebagai sinonim dari amunisi. Merupakan definisi umum bagi bom, misil, hulu ledak, dan ranjau.

Kendaraan darat militer[sunting | sunting sumber]

Kendaraa militer adalah kendaran untuk pertempuran atau transportasi militer, kecuali yang menggunakan rel. Kendaraan ini didesain sesuai dengan kebutuhan militer.

Kendaraan militer udara[sunting | sunting sumber]

Kendaraan militer udara, adalah semua jenis pesawat yang digunakan oleh militer suatu negara, termasuk untuk keperluan transportasi, latihan, bantuan bencana, patroli perbatasan, search and rescue (SAR), pengintaian, survei, penjaga perdamaian, dan perang udara (jarang digunakan).

Perang laut[sunting | sunting sumber]

Perang laut adalah perang di dalam atau di lautan dan samudera.

Robot militer[sunting | sunting sumber]

Robot militer adalah alat otomatis atau peralatan yang dikendalikan dengan pengendali jarak jauh (remote control) yang didesain untuk keperluan militer.

Taktik militer, Strategi militer, dan Doktrin militer[sunting | sunting sumber]

Taktik militer adalah sebuah kumpulan metode untuk mengadakan dan mengalahkan musuh dalam pertempuran. Strategi militer adalah kumpulan perencanaan startegi perang. Doktrin militer adalah sebuah tingkatan perencanaan taktik, teknik, dan prosedur strategi militer.

Unit militer[sunting | sunting sumber]

Unit militer adalah sebuah organisasi dalam sebuah kekuatan bersenjata (militer). Dapat terdiri dari prajurit, kapal, kendaraan, atau pesawat tanpa batasan jumlah. Angkatan darat, Angkatan laut, dan Angkatan udara adalah hirarki teroganisir dalam sebuah kelompok dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai tujuan dari fungsi, taktik dan administratif.

Komunikasi militer[sunting | sunting sumber]

Komunikasi militer adalah definisi dari media transmisi yang menghubungkan komponen-komponen milter dalam sebuah pertempuran atau peperangan.

Benteng[sunting | sunting sumber]

Benteng adalah konstruksi dan bangunan militer yang didesain untuk pertahanan dalam perang.

Teknik dalam militer[sunting | sunting sumber]