Belajar dari Rumah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Belajar dari Rumah
Mengudara sejak13 April 2020 (2020-04-13)
DitutupTBA Desember 2020 (direncanakan) atau hingga ditemukan vaksin anti COVID-19
SaluranTVRI
NegaraIndonesia
IndukKementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
FormatPendidikan
Durasi180 menit (program pagi)
120 menit (program malam)
Situs resmiSitus web resmi

Belajar Dari Rumah (BDR) merupakan sebuah blok program pendidikan lewat siaran televisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan TVRI dalam rangka memfasilitasi pendidikan di masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Blok program ini disediakan untuk menjadi alat pembelajaran dan edukasi untuk siswa dan masyarakat.[1]

Belajar Dari Rumah berisi program-program pendidikan, kebudayaan, dan hiburan untuk seluruh jenjang pendidikan; dimulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD dan sederajat, SMP dan sederajat, dan SMA dan sederajat, serta program pengasuhan untuk orang tua. Pada waktu primetime, akan ditayangkan film anak dan film nasional pilihan sebagai suguhan tayangan edukasi untuk anak-anak usia 4-13 Tahun. Film nasional juga mencakup film-film edukasi yang menayangkan cerita-cerita khas Indonesia. Di akhir pekan, blok program ini menayangkan program-program pendidikan dan kebudayaan untuk semua umur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ada salah penafsiran orang tua peserta didik dan bahkan guru mengenai "belajar di rumah" selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Pihak sekolah terkesan hanya memindahkan proses pembelajaran dari kelas ke rumah. Materi dan tugas diberikan secara daring atau online, melalui berbagai platform yang disediakan pemerintah maupun swasta. Permasalahan kuota internet juga menjadi momok bagi guru dan siswa, mengingat bahwa tidak seluruh kota dan kabupaten di seluruh 34 provinsi Indonesia memiliki jaringan internet yang memadai. Akhirnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) meluncurkan program Belajar dari Rumah lewat TVRI untuk menjangkau daerah-daerah yang terbatas internet mulai 13 April 2020.

Direktur Jenderal PAUD dan Dikdasmen Kemendikbud, Harris Iskandar mengatakan dalam proses pembelajaran di rumah, seharusnya guru dan orang tua diharapkan dapat mewujudkan pendidikan yang bermakna, tidak hanya berfokus pada capaian akademik atau kognitif.

Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter lebih menitikberatkan pada penalaran dan bukan capaian pemahaman materi mata pelajaran. Terkait pandemi corona itu, pemerintah memang telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga menyatakan blok program Belajar dari Rumah memberikan alternatif atau pilihan aktivitas belajar dalam kondisi darurat untuk mendorong pembelajaran bermakna. Dalam pernyataan yang tampil pada kredit setiap program pendidikan Belajar dari Rumah di pagi hari, tujuan program tidak ditujukan untuk mengejar ketuntasan kurikulum tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Perpanjangan kerjasama[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2020, Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno mengunjungi kantor Kemendikbud RI untuk bertemu dengan Direktur Jenderal bidang Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid. Di sela-sela pertemuan, Hilmar menyatakan bahwa acara kerjasama TVRI dengan Kemdikbud tersebut yang seharusnya berakhir pada bulan Juli diperpanjang menjadi Desember atau hingga ditemukan vaksin anti COVID-19 karena kurva kasus positif COVID-19 di Indonesia setiap harinya meningkat drastis dan masih belum menurun sehingga kasus tersebut sampai saat ini masih belum dapat dikendalikan dengan baik.[2]

Rincian program[sunting | sunting sumber]

Hari Kerja[sunting | sunting sumber]

PAUD[sunting | sunting sumber]

Program PAUD ditujukan untuk pendidikan bagi anak usia dini dari 4 Tahun. Program ini didedikasikan bagi anak-anak yang ingin mengenal huruf, angka, teknologi, hal baru yang terjadi di dunia, dan lain-lain.

Program ini diisi oleh program Jalan Sesama yang ditayangkan ulang. Program ini sebelumnya pernah ditayangkan di Trans7 dan kemudian Kompas TV. Program ini ditayangkan ulang dengan sisipan video-video kreativitas anak yang merupakan kiriman dari pemirsa. Jalan Sesama ditayangkan setiap Senin hingga Jumat pukul 08:00 WIB.

Lalu pada bulan Juli 2020, TVRI kembali menghadirkan serial animasi Miki Tikus setelah vakum selama puluhan tahun. Tetapi pada tahun 2020, Mickey Mouse Clubhouse tayang lewat kerjasama Kemdikbud dengan rumah produksi terkemuka Amerika Walt Disney Animation Studios sekaligus menggantikan slot acara dokumenter Netflix Our Planet.[3][4]

SD Kelas 1-3 dan Sederajat[sunting | sunting sumber]

Program SD Kelas 1-3 dan Sederajat merupakan kumpulan program pendidikan instruksional, ditujukan bagi anak Sekolah Dasar kelas 1-3 dan sederajat. Program ini ditujukan untuk memberikan edukasi tentang belajar perhitungan pemula, belajar literasi numerasi serta belajar tentang kemakmuran serta kerjasama antarmanusia. Program ini ditayangkan setiap Senin hingga Jumat pukul 08.30 WIB.

Berikut sebagian program yang ditayangkan:

SD Kelas 4-6 dan Sederajat[sunting | sunting sumber]

Program SD Kelas 4-6 dan Sederajat merupakan kumpulan program pendidikan instruksional, ditujukan bagi anak Sekolah Dasar kelas 4-6 dan sederajat. Program ini ditujukan untuk memberikan edukasi tentang belajar perhitungan lanjutan, kebudayaan serta belajar mengenai hal yang baru. Program ini ditayangkan setiap Senin hingga Jumat pukul 09.00 WIB.

Berikut sebagian program yang ditayangkan:

  • Dokumenter kebudayaan (Seni Budaya)
  • Gemar Matematika bersama Pak Ridwan (Matematika)
  • Khan Academy
  • X-Sains (IPA)

SMP dan Sederajat[sunting | sunting sumber]

Program SMP dan Sederajat merupakan kumpulan program pendidikan instruksional, ditujukan bagi siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat. Program ini ditujukan untuk memberikan edukasi tentang belajar perhitungan lanjutan tentang statistika, bangun ruang, kebudayaan serta belajar mengenai hal yang baru. Program ini ditayangkan setiap Senin Hingga Jumat pukul 09.30 WIB.

Berikut sebagian program yang ditayangkan:

SMA dan Sederajat[sunting | sunting sumber]

Program SMA dan Sederajat merupakan kumpulan program pendidikan instruksional, ditujukan bagi siswa Sekolah Menengah Atas dan Sederajat. Program ini Ditujukan untuk memberikan edukasi tentang belajar perhitungan lanjutan, kebudayaan serta belajar mengenai hal yang baru. Program ini ditayangkan setiap Senin hingga Jumat pukul 10.00 WIB.

Berikut sebagian program yang ditayangkan:

  • Cerita Indonesia (Bahasa Indonesia)
  • Dokumenter kebudayaan (Seni Budaya)
  • Matematika (MTK)

Pengasuhan dan pendidikan anak[sunting | sunting sumber]

Program ini adalah program terakhir dalam blok program di pagi hari, ditujukan bagi orang tua/wali siswa dan guru. Pada awalnya program ini berupa Keluarga Indonesia, program untuk memberikan edukasi pentingnya pendidikan bagi anak untuk masa depannya, cara mendidik anak serta cara belajar anak yang efektif dan menyenangkan untuk anak-anak. Slot ini dilanjutkan oleh Beranda Pak RT, sebuah sitkom bertemakan serupa. Program ini ditayangkan setiap Senin hingga Jumat pukul 10.30 WIB.

Film Indonesia[sunting | sunting sumber]

Film Indonesia adalah program di jam tayang utama yang menayangkan film-film pilihan produksi dalam negeri. Promosi dari Kemendikbud mendeskripsikan blok ini sebagai "film Indonesia terbaik".[5] Film untuk anak-anak ditayangkan setiap Senin pukul 19:00 WIB, sedangkan film untuk umum ditayangkan setiap Selasa hingga Kamis pukul 21.30 WIB.

Akhir pekan[sunting | sunting sumber]

Cerita Sabtu Pagi dan Cerita Minggu Pagi[sunting | sunting sumber]

Program ini merupakan seri antologi berisi kumpulan program khusus untuk anak-anak. Program ini ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu pukul 08.00 WIB.

Berikut sebagian program yang ditayangkan:

Asli Indonesia[sunting | sunting sumber]

Program Asli Indonesia adalah program gelar wicara virtual yang membahas persoalan terkait pendidikan dan kebudayaan. Program ini pada awalnya ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu pukul 09.00 WIB, namun oleh karena adanya serial Netflix (lihat di bawah) jam tayang program ini disesuaikan menjadi setiap Sabtu pukul 09.00 dan 22.30 WIB.

Cerita Nusantara dan Ragam Indonesia[sunting | sunting sumber]

Cerita Nusantara dan Ragam Indonesia adalah program feature tentang Indonesia.

PodBox[sunting | sunting sumber]

PodBox adalah program gelar wicara tentang kebudayaan. Program ini ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu pukul 10.00 WIB.

Dokumenter[sunting | sunting sumber]

Pada 9 Januari 2020, Kemendikbud RI bekerja sama dengan penyedia layanan OTT streaming terkemuka dari Amerika Netflix, salah satunya untuk menayangkan sebagian serial produksi asli Netflix dalam blok Belajar dari Rumah. TVRI kemudian menayangkan serial dari Netflix mulai 20 Juni hingga 15 Juli 2020, dengan Our Planet sebagai program yang pertama. Oleh Netflix Indonesia sendiri, penayangan serial asli Netflix di televisi ini merupakan yang pertama di dunia karena TVRI menjadi lembaga penyiaran publik pertama di dunia berkolaborasi dengan layanan video OTT seperti Netflix untuk acara dokumenter, meskipun di luar negeri serial asli Netflix telah ditayangkan di televisi komersial/swasta (Our Planet menjadi serial dokumenter asli Netflix yang pertama ditayangkan di televisi).[6] Serial Netflix ditayangkan perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB (menggantikan Film Indonesia Akhir Pekan) serta ditayangkan ulang setiap Minggu dan Rabu pukul 09.00 WIB.[7]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Di sela-sela hari pertama penayangan blok Belajar Dari Rumah pada 13 April 2020, acara keagamaan Mimbar Agama Katolik sempat ditayangkan pada pukul 09.00 WIB sebagai bagian dari jadwal program TVRI. Hal ini memicu sedikit kontroversi dari sebagian orang tua (terutama beragama Islam) yang merasa resah karena program Belajar dari Rumah diselingi oleh program agama Katolik. Terlebih lagi, video dua anak berbusana muslim yang mempromosikan ajaran Kristiani dan diklaim bersumber dari tayangan Mimbar Agama beredar di media sosial.[butuh rujukan]

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur TVRI saat itu Supriyono menjelaskan, program Belajar dari Rumah dan program Mimbar Agama merupakan program yang terpisah. Mimbar Agama sendiri merupakan program reguler TVRI yang sudah tayang sebelum Belajar dari Rumah disiarkan (Mimbar Agama sebelumnya tayang pada pukul 08.00 WIB, namun digeser menjadi pukul 09.00 WIB karena perpanjangan durasi program Info COVID-19 Terkini - yang kemudian dipangkas karena tayangnya blok program ini). Supriyono juga membantah unggahan video dua anak berbusana muslim tersebut, karena setelah dilakukan pemeriksaan TVRI tidak menemukan video dimaksud dalam tayangan Mimbar Agama (Katolik) di TVRI yang ditayangkan 13 April lalu. Program ini juga direncanakan akan berlangsung minimal tiga bulan ke depan dan pemerintah akan mengevaluasi kembali efektivitasnya.[8]

Jadwal program[sunting | sunting sumber]

Catatan: Semua waktu dalam WIB. Jadwal dapat berubah mengikuti Kemendikbud RI

Siaran pagi (Senin-Jumat)

  • 08.00-08.30: PAUD dan Sederajat
  • 08.30-09.00: SD kelas 1-3 dan sederajat
  • 09.00-09.30: SD Kelas 4-6 dan sederajat
  • 09.30-10.00: SMP dan sederajat
  • 10.00-10.30: SMA/SMK dan sederajat
  • 10.30-11.00: Keluarga Indonesia (Orangtua/Guru)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]