Alpinestars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alpinestars
Swasta
IndustriPakaian balapan
Pakaian olahraga ekstrem
Pakaian kasual MXD
Didirikan1963
PendiriSante Mazzarolo
Kantor
pusat
,
Italia
Cabang
3 (2010)
Tokoh
kunci
Gabriele Mazzarolo
DivisiAstars authentic designer vendor™
Situs webalpinestars.com

Alpinestars adalah sebuah produsen pakaian dan peralatan pelindung untuk balapan dan olahraga ekstrem yang didirikan pada tahun 1963. Perusahaan ini berkantor pusat di Asolo, Italia. Produknya antara lain digunakan untuk MotoGP, motocross, bersepeda motor, Formula One, WEC, NASCAR, bersepeda gunung, dan berselancar. Perusahaan ini juga memproduksi pakaian non-olahraga bertema balapan. Perusahaan ini memiliki pusat desain mode di Italia dan California.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sepatu bot motocross buatan Alpinestars

Didirikan pada tahun 1963 oleh Sante Mazzarolo di Asolo, Italia, perusahaan ini awalnya membuat sepatu bot untuk mendaki dan ski, lalu beralih memproduksi sepatu bot untuk balapan motocross dan balapan jalanan. Nama perusahaan ini berasal dari terjemahan tanaman Stella Alpina (Edelweiss) ke Bahasa Inggris. Tanaman tersebut tumbuh di pegunungan di wilayah di mana perusahaan ini didirikan. Perusahaan ini mensponsori sejumlah juara balapan dunia, seperti Roger DeCoster, Kenny Roberts, Mick Doohan, dan Marc Márquez. Selama dekade 1990-an, perusahaan ini mulai memproduksi berbagai macam peralatan perlindungan teknis untuk bersepeda motor, seperti sarung tangan, jaket, dan setelan kulit.

Perusahaan ini dipimpin oleh anak Sante, Gabriele Mazzarolo, sejak tahun 1993. Perusahaan ini memiliki kantor di Los Angeles dan Bangkok, sementara kantor pusat serta fasilitas riset dan pengembangan utamanya berlokasi di Italia bagian utara.

Sebuah setelan balapan buatan Alpinestars

Setelan dan peralatan pelindung buatan Alpinestars dipakai oleh Juara Dunia MotoGP Marc Márquez, Casey Stoner, dan Jorge Lorenzo, serta Juara Dunia Superbike Ben Spies dan Troy Corser. Peralatan motocross buatan Alpinestars digunakan oleh Juara Dunia Marvin Musquin, Tyla Rattray, David Philippaerts, Christophe Pourcel, dan Ryan Villopoto.

Pada tahun 2011, Alpinestars mengembangkan Tech Air Race System, sebuah sistem keamanan kantung udara elektronik yang menggunakan unit pencatatan data dan modul inflasi ganda.[1] Sistem tersebut digunakan pada ajang balap MotoGP dan Superbike. Pada bulan Juni 2013, Marc Márquez jatuh pada kecepatan sekitar 337 km/jam (209 mph) saat sedang mengenakan setelan kantung udara tersebut dan tidak menderita cedera serius.[2]

Seseorang sedang mengenakan jaket buatan Alpinestars

Alpinestars mengembangkan pakaian balap tahan api dan panas, alas kaki, sarung tangan, dan pakaian dalam bermerek Nomex untuk Formula One dan NASCAR, yang pernah dipakai oleh Michael Schumacher, Jenson Button, Fernando Alonso, dan Jimmie Johnson. The Stig dari Top Gear mengenakan pakaian balap, sepatu, dan sarung tangan buatan Alpinestars.[3]

Alpinestars juga memproduksi sepeda gunung hingga tahun 1996.[4]

[sunting | sunting sumber]

Terdahulu[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alpinestars TechAir race suit available July 2011, $2500 over the "Race Replica" | Hell for Leather". Hellforleathermagazine.com. 2010-04-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-30. Diakses tanggal 2012-05-01. 
  2. ^ By The Numbers: Marc Marquez’s Mugello Crash
  3. ^ BBC Top Gear: Who is the Stig?
  4. ^ Alpinestars History

Pranala luar[sunting | sunting sumber]