The Stig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Stig
Tokoh Top Gear
Penampilan
perdana
20 Oktober 2002
(Series 1; Episode 1)
PenciptaAndy Wilman
Jeremy Clarkson
PemeranPerry McCarthy (2002–2003)
Ben Collins (2003–2010)
Tidak diketahui (2010–saat ini)
Informasi
PekerjaanPengemudi tes dan pelatih setir untuk tamu selebritis

The Stig adalah karakter misterius dalam acara automotif TV Inggris, Top Gear. Karakter ini selalu menjaga identitas aslinya dengan selalu mengenakan helm balap mobil yang menutupi wajahnya. Karakter ini diciptakan oleh pembawa acara Jeremy Clarkson dan produser Andy Wilman. 'Stig' adalah nama panggilan untuk siswa baru di Sekolah Repton yang pernah dihadiri oleh mereka berdua. Meskipun hanya ada satu Stig 'utama', ada beberapa 'Stig' lainnya yang kemudian disebut "Stig sepupu."

Stig bertanggung jawab untuk mencatat waktu putaran untuk mobil yang diuji dalam pertunjukan, serta membimbing tamu kehormatan di segmen "Star in a Reasonably Priced Car". Sampai saat ini, peran Stig telah dipegang oleh tiga orang yang berganti-ganti. Stig pertama dimulai di episode 1, tetapi dihilangkan di episode pertama musim ke-3. Stig kedua muncul di episode berikutnya dan berlangsung hingga musim ke-15. Stig ketiga mengambil alih pada Desember 2010.

BBC selalu menolak untuk mengkonfirmasi secara hukum identitas aktor karakter Stig. Oleh karena itu, di internet selalu ada pertanyaan tentang siapa sebenarnya Stig. Identity Stig 'Black' yang asli, Perry McCarthy, diungkapkan oleh surat kabar hari Minggu setelah seri pertama pada Januari 2003. McCarthy mengakui bahwa ia adalah 'The Stig' dalam edisi kedua otobiografinya yang diterbitkan setelah seri kedua, dan sekarang diterima secara luas, termasuk BBC, sebagai karakter tertua Stig. Identitas kedua Stig terungkap dalam otobiografinya sendiri sebagai Ben Collins, seorang pembalap mobil profesional yang sarat pengalaman di Formula Tiga, Indy Lights, mobil sport, balap GT dan mobil-mobil biasa.

Michael Schumacher sebagai The Stig[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Juni 2009, Clarkson mengumumkan di kolom surat kabarnya bahwa The Stig akan menunjukkan wajahnya di musim tiga belas Top Gear yang ditayangkan perdana pada hari berikutnya.[1] Menurut Clarkson, Stig "muak dengan surat kabar yang berspekulasi bahwa dia adalah seorang penjual mesin fotokopi dari Bolton, atau tinggal di sebuah rumah berkerikil di Bristol."

Episode tersebut menunjukkan Stig mengendarai Ferrari FXX hitam di sekitar trek uji untuk waktu yang memecahkan rekor 1:10,7, sebelum berjalan ke studio dan duduk. Saat penonton berteriak "Off! Off!" Stig melepas helmnya untuk menunjukkan dirinya sebagai juara dunia tujuh kali F1 Michael Schumacher.[2][3] Dalam wawancara berikutnya, Schumacher menunjukkan beberapa ciri karakter Stig yang seharusnya menentukan, seperti hanya mengetahui dua fakta tentang bebek (keduanya "fakta" salah).

Menyusul pengungkapan tersebut, Stig yang diduga sebagai Schumacher ditunjukkan mengendarai Suzuki Liana tetapi tidak menetapkan waktu putaran; sebagai gantinya, klip video menunjukkan Stig menunjukkan kontrol mobil yang sangat buruk, menabrak tripod kamera, dan akhirnya tersesat. Clarkson menutup segmen dengan mengamati bahwa mungkin, Schumacher sama sekali bukan Stig. Sementara BBC awalnya tidak akan mengkonfirmasi apakah pengungkapan Schumacher adalah aksi, The Telegraph melaporkan pada hari berikutnya bahwa juru bicara Top Gear mengkonfirmasi Schumacher telah memainkan Stig, karena Ferrari hanya mengizinkan Schumacher mengemudikan FXX, tetapi "identitas dari pengemudi di lain waktu akan tetap menjadi 'misteri'."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "JC: Stig to remove helmet". Top Gear news blog. Top Gear (2002 TV series). 20 June 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 June 2009. Diakses tanggal 27 August 2010. 
  2. ^ "Stig Revealed!". topgear.com > Videos. Top Gear (2002 TV series). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 June 2009. Diakses tanggal 27 August 2010. 
  3. ^ Hearn, Adrian (22 June 2009). "The Stig revealed on Top Gear". Auto Trader. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 August 2010. Diakses tanggal 27 August 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait The Stig di Wikimedia Commons
  • Kutipan tentang The Stig di Wikikutip