Abu Syuja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Abu Syuja adalah seorang alim, Ahli fikih, Imam dan Syaikh dari Mazhab Syafi'i. Dia adalah pengarang kitab matan fikih yang populer di dalam mazhab Syafi'i yang berjudul Al-Ghayah wa At-Taqrib (Matan Abu Syuja). Namanya adalah Ahmad bin al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani yang dikenal dengan nama Al-Qadhi Abu Syuja' (Bapak para pemberani). Sebutan dan Kunyah Abu Syuja’ disandangkan kepadanya, karena dia adalah seorang ulama yang pemberani dalam menegakkan kebenaran dan tidak takut dengan cacian orang lain di dalam menegakkan keadilan. Ayahnya berasal dari Asfahan, Persia (sekarang Iran) namun dia dilahirkan di Basrah, Irak pada tahun 433 H. Dia belajar dan mengajar fikih Imam asy-Syafi’i di Basrah selama 40 tahun kemudian hijrah ke kota Madinah dan wafat disana pada tahun 593 H dalam usia 156 tahun.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka

  • Fathul Qarib al-Munjib fi Syarhil at-Taqrib atau Qaulul Mukhtar fi Syarhi Ghayah al-Ikhtishar karya Syaikh Muhammad bin Qasim asy-Syafi'i. Cet Dar Ibnu Hazm. Beirut Lebanon.
  • Kifayah al-Akhyar fi hal Ghayah al-Ikhtisar, karya Imam Taqiyuddin bin Muhammad al-Husaini al-Hishni ad-Dimasyqi asy-Syafi'i. Tahqiq dan Takhrij Syaikh Abdul Qadir al-Arnauth. Cet Darul Batsair.