Selat Sebuku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selat Sebuku adalah selat yang berada di kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dan terletak antara sebelah timur laut Tanjung Godang hingga ke sebelah tenggara Sungai Bungur. Di sebelah barat selat ini adalah pulau Laut dan di sebelah timurnya adalah pulau Sebuku.

Lingkungan hidup[sunting | sunting sumber]

Selat Sebuku ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Cagar Alam dengan luas 66.650 hektare pada 24 September 1981.[1] Di cagar alam ini menjadi habitat Bekantan yang menghuni area sungai Serakaman, sungai Kanibungan dan pulau Keluang yang penuh dengan mangrove. Adapun tumbuhan yang hidup di area cagar alam ini adalah Rhizophora apiculata dan Rhizophora mucronata, semakin mengarah ke dalam maka ditemukan vegetasi mangrove dan nipah (Nypa fruticans). Jenis mangrove lainnya yang ikut tumbuh di area ini antara lain jenis Bruguiera sp, Tingi (Ceriops tagal), Kelampan (Cerbera manghas), Buta-buta (Excoecaria agallocha), Dungun (Herieteria littoralis) dan Mirih (Xylocarpus granatum).

Selain Bekantan, juga terdapat hewan lain seperti monyet ekor panjang (Macaca fascularis) dan lutung (Trachypithecus cristatus), buaya muara (Crocodylus porossus), Ular cincin emas atau ular kucing bakau/ular tali wangsa (Boiga dendrophila), elang bondol (Haliastur indus) dan pekaka emas (Pelargopsis capensis) juga sering terlihat selama pengamatan oleh tim Balai KSDA Kalimantan Selatan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vebriyanto, Widian (2017-10-14). "Pulau Sebuku Bisa Tenggelam Jika Terus Dieksploitasi". Rmol.id. Diakses tanggal 2022-06-15. 
  2. ^ Rabiati, Mila. "Meneropong Si Hidung Besar di CA Selat Sebuku". ksdae.menlhk.go.id. Diakses tanggal 2022-06-15.