Gunung Argapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gunung Argopuro)
Gunung Argopuro
Titik tertinggi
Ketinggian3.088 m (10.131 ft)[1]
Puncak2.745 m (9.006 ft)
Masuk dalam daftarRibu
Koordinat7°58′S 113°34′E / 7.97°S 113.57°E / -7.97; 113.57
Geografi
Gunung Argopuro di Jawa
Gunung Argopuro
Gunung Argopuro
PegununganIyang-Argopuro
Geologi
Usia batuanHolosin
Jenis gunungKompleks gunungapi (Istirahat)
Pendakian
Rute termudahBaderan dan Bermi

Gunung Argapura (sering dieja Gunung Argopuro) adalah sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Puncak Gunung Argapura adalah titik tertinggi di Pegunungan Iyang.

Gunung ini berada kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Iyang,[2] sehingga kompleks ini sering disebut Iyang-Argapura. Kompleks Iyang-Argapura merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan di Jawa Timur, Indonesia. Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m. Pendakian Gunung Argapura Diarsipkan 2017-09-06 di Wayback Machine. memang terbilang memberikan tantangan tersendiri, pasalnya meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl, tetapi jalur pendakiannya cukup panjang. Tak heran jika disebut trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa yaitu sekitar 63 Km.

Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argopuro dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argopuro mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung ini berada di rangkaian Pegunungan Iyang yang membentang dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo, dengan puncak Rengganis ada di wilayah Kabupaten Jember. Di kawasan Puncak Rengganis konon menurut cerita masyarakat sekitar bermukim Dewi Rengganis, adik dari Nyi Roro Kidul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Iyang-Argapura". Global Volcanism Program. Institusi Smithsonian. Diakses tanggal 2006-12-28. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-24. Diakses tanggal 2017-09-06. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]