Pantai Kondang Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Kondang Bandung adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.[1] Dibutuhkan nyali yang tinggi untuk bisa menuju Kondang Bandung karena jalan terdekat dari Donomulyo harus melalui hutan jati. Mobil atau motor tidak bisa mendekat ke bibir kondang dan harus diparkir lumayan jauh di atas bukit hutan jati. Pengunjung yang ingin turun ke kondang, terpaksa harus menuruni bukit dengan jalan merambat karena ketinggiannya sangat curam. Apalagi jalan setapak dipenuhi bebatuan putih seperti karang yang licin, rawan terpeleset jika tak hati-hati. Dari bukit hutan jati menuju dasar Kondang Bandung memang tak terlalu jauh, sekitar 200 meter saja. Namun, karena curam itu, kelihatannya tak banyak pengunjung yang berani masuk lewat jalur tersebut, kecuali para nelayan tradisional yang rumahnya lebih dekat ke kondang dari jalan tersebut.

Sebenarnya ada satu jalur lagi untuk menuju kondang ini yakni harus memutar dulu dari Donomulyo ke arah Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi. Namun jaraknya sangat jauh, butuh waktu setidaknya satu jam kalau naik kendaraan. Lewat jalur memutar inilah biasanya pengunjung mendatangi kondang yang indah itu.

Salah satu kekuatan daya tarik kondang ini adalah keberadaan pasir besi yang menyebar di sepanjang pantai sekitar 500 meter. Hamparan pasir hitam bersih mengkilap ini menyebar menyeluruh di sela-sela pasir putih, sehingga dari kejauhan tampak kilatan pasir menyala-nyala. Namun, jangan sekali-sekali menginjaknya tanpa menggunakan alas kaki, sandal atau sepatu karena pasir tersebut sangat panas.

Referensi[sunting | sunting sumber]