Portal:Isi pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:Isi pilihan)
Jump to navigation Jump to search
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan

Isi pilihan di Wikipedia

Bintang isi pilihan

Isi pilihan adalah karya-karya terbaik di Wikipedia, termasuk artikel, gambar, dan kontribusi lainnya yang menunjukkan hasil yang sangat baik dari usaha kolaborasi Wikipedia.

Semua isi pilihan mengalami proses peninjauan menyeluruh untuk memastikannya memenuhi standar tertinggi untuk dijadikan contoh terbaik dari tujuan akhir kami.

Bintang emas kecil (Bintang isi pilihan) di pojok kanan atas halaman menunjukkan bahwa isi tersebut merupakan isi pilihan.

Halaman ini menyediakan pranala ke semua isi pilihan Wikipedia.

Isi pilihan:

Daftar isi pilihan

Artikel Gambar Daftar
Pilihan: 510 / B 844 / B 367 / B
Kriteria: AP? / B GP? / B DP? / B
Usulan: UAP / B UGP / B UDP / B
Pencabutan: UPAP / B - UPDP / B
Mantan: 136 / B - 6 / B

Artikel pilihan

Sampul buku cetakan ketiga, 1922

Sair Tjerita Siti Akbari adalah syair berbahasa Melayu karangan Lie Kim Hok yang diterbitkan pada tahun 1884. Diadaptasi dari Sjair Abdoel Moeloek, syair ini bercerita tentang seorang wanita yang menyamar sebagai lelaki untuk membebaskan suaminya dari Sultan Hindustan yang menangkapnya saat menyerang kerajaan mereka. Ditulis selama beberapa tahun dan dipengaruhi oleh sastra Eropa, Siti Akbari berbeda dari syair-syair sebelumnya dalam penggunaan penegangan dan penekanan pada prosa ketimbang bentuk puitis. Syair ini juga menggunakan realisme sastra Eropa untuk memperluas aliran syair, meskipun mempertahankan beberapa keunggulan dari syair-syair tradisional. Pendapat-pendapat kritis telah menggarisbawahi berbagai aspek cerita syair ini: dalam karya ini ditemukan sebuah empati yang berkembang bagi pemiikiran dan perasaan wanita, panggilan untuk adanya bahasa pemersatu di Hindia Belanda (sekarang Indonesia), dan polemik mengenai hubungan antara tradisi dan modernitas. Siti Akbari meraup sukses baik secara komersial maupun secara kritis sehingga mengalami dua kali cetak ulang. Sebuah adaptasi film juga digarap pada tahun 1940. Ketika pengaruh Sjair Abdoel Moeloek menjadi jelas pada tahun 1920, Lie kemudian dikritik sebagai penulis yang tidak orisinal. Namun, Siti Akbari tetap menjadi syair karangan penulis Tionghoa yang paling terkenal. Lie kemudian dikenang sebagai "bapak sastra Melayu Tionghoa". (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Jembatan di atas Sungai Gandaki, dengan latar berupa Pegunungan Nilgiri, di Nepal.
Jembatan di atas Sungai Gandaki, dengan latar berupa Pegunungan Nilgiri, di Nepal.
(ukuran asli 4.608 × 3.456 piksel, 6,68 MB)

Oleh: Faj2323
Lisensi: CC-BY 2.0

Daftar pilihan

Wikipedia:Daftar Pilihan/20 2018

Prosedur isi pilihan

Hapus singgahan halaman