Portal:Isi pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:Isi pilihan)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan

Isi pilihan di Wikipedia

Bintang isi pilihan

Isi pilihan adalah karya-karya terbaik di Wikipedia, termasuk artikel, gambar, dan kontribusi lainnya yang menunjukkan hasil yang sangat baik dari usaha kolaborasi Wikipedia.

Semua isi pilihan mengalami proses peninjauan menyeluruh untuk memastikannya memenuhi standar tertinggi untuk dijadikan contoh terbaik dari tujuan akhir kami.

Bintang emas kecil (Bintang isi pilihan) di pojok kanan atas halaman menunjukkan bahwa isi tersebut merupakan isi pilihan.

Halaman ini menyediakan pranala ke semua isi pilihan Wikipedia.

Isi pilihan:

Daftar isi pilihan

Artikel Gambar Daftar
Pilihan: 326 / B 915 / B 368 / B
Kriteria: AP? / B GP? / B DP? / B
Usulan: UAP / B UGP / B UDP / B
Pencabutan: UPAP / B - UPDP / B
Mantan: 340 / B - 7 / B

Artikel pilihan

Dari kanan ke kiri: patung Isis, suaminya Osiris, dan putra mereka Horus, protagonis mitos Osiris

Mitos Osiris adalah kisah yang paling rumit dan berpengaruh dalam mitologi Mesir kuno. Mitos ini berkisah tentang pembunuhan dewa Osiris, penguasa awal Mesir Kuno, dan dampak dari pembunuhan tersebut. Pembunuh Osiris adalah saudaranya sendiri, yaitu Set, yang kemudian merebut takhta Osiris. Sementara itu, istri Osiris, Isis, menghidupkan kembali tubuh suaminya, memungkinkan Osiris secara anumerta membuahi istrinya untuk mengandung putra mereka, Horus. Sisa cerita kemudian berfokus pada Horus, putra yang lahir dari persatuan Isis dan Osiris, yang pada mulanya hanyalah seorang anak yang lemah dan berlindung di balik ibunya, menjadi saingan Set untuk takhta. Konflik antara mereka yang sering terjadi dengan kekerasan berakhir dengan kemenangan Horus, yang memulihkan ketertiban di Mesir setelah rezim Set yang zalim dan menyelesaikan proses kebangkitan Osiris. Mitos ini, termasuk simbol-simbol kompleks di dalamnya, merupakan bagian tidak terpisahkan dari konsepsi bangsa Mesir mengenai kerajaan dan suksesi, konflik antara keteraturan dan kekacauan, juga khususnya tentang kematian dan alam baka. Selain itu, mitos ini juga mengilustrasikan ciri khas penting dari keempat dewa dalam pusat cerita tersebut, serta banyaknya unsur-unsur ibadah dalam agama Mesir kuno yang berakar pada mitos ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Titania (satelit)Njai Dasima (film 1932)Pug

Gambar pilihan

Tari Baksa Kembang yang biasa ditampilkan saat penerimaan dan penjamuan tamu di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin.
Tari Baksa Kembang yang biasa ditampilkan saat penerimaan dan penjamuan tamu di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin.
(ukuran asli 3,88 MB piksel, 2.281 × 3.421)

Oleh: Crisco 1492
Lisensi: CC-BY 2.0

Daftar pilihan

Wikipedia:Daftar Pilihan/18 2019

Prosedur isi pilihan

Hapus singgahan halaman