Portal:Isi pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan

Isi pilihan di Wikipedia

Bintang isi pilihan

Isi pilihan adalah karya-karya terbaik di Wikipedia, termasuk artikel, gambar, dan kontribusi lainnya yang menunjukkan hasil yang sangat baik dari usaha kolaborasi Wikipedia.

Semua isi pilihan mengalami proses peninjauan menyeluruh untuk memastikannya memenuhi standar tertinggi untuk dijadikan contoh terbaik dari tujuan akhir kami.

Bintang emas kecil (Bintang isi pilihan) di pojok kanan atas halaman menunjukkan bahwa isi tersebut merupakan isi pilihan.

Halaman ini menyediakan pranala ke semua isi pilihan Wikipedia.

Isi pilihan:

Daftar isi pilihan

Artikel Gambar Daftar
Pilihan: 492 / B 795 / B 254 / B
Kriteria: AP? / B GP? / B DP? / B
Usulan: UAP / B UGP / B UDP / B
Pencabutan: UPAP / B - UPDP / B
Mantan: 112 / B - 4 / B

Artikel pilihan

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas), di pusat ibukota Jakarta. Di seberang Timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Imam besarnya adalah Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A. dan Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal sekarang adalah K.H. Muhammad Muzammil Basyuni. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno. Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama itu dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut Selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Silence (film 2016)Universitas IndonesiaDaniel Padilla

Gambar pilihan

Pertunjukan Warbirds yang diadakan setiap dua tahun di Wanaka, Selandia Baru.
Pertunjukan Warbirds yang diadakan setiap dua tahun di Wanaka, Selandia Baru.
(ukuran asli 2.400 × 1.498 piksel, 1,68 MB)

Oleh: Rachmat04
Lisensi: CC-Public domain

Daftar pilihan

Masjid Al-Hamra, Mekkah

Mekkah secara administratif terbagi kedalam beberapa lingkungan atau permukiman. Permukiman-permukiman tersebut beberapa diantaranya memiliki suatu keistimewaan atau ciri khas tertentu yang menyebabkan wilayah permukiman tersebut mampu menarik perhatian para peziarah Muslim yang mendatangi Mekkah. Contohnya lingkungan Al-Haram yang seluruh wilayahnya dicakup oleh Masjidil Haram, termasuk didalamnya terdapat beberapa bangunan atau situs bersejarah, seperti Kakbah, Hajar Aswad, Hijr Ismail, sumur Zamzam, serta Bukit Shofa dan Marwah. Wilayah permukiman sekitar Gunung Abu Qubais yang menjadi saksi terjadinya peristiwa pembelahan bulan yang sebagai tanda mukjizat Nabi Muhammad berada dalam kawasan lingkungan Jabal Abu Qubais. Tidak jauh dari Gunung Abu Qubais terdapat Jabal an-Nur di permukiman sekitar Jabal An-Nur. Wilayah-wilayah permukiman di Mekkah dapat diketahui batas-batasnya dengan jalan-jalan raya atau tanda geografis lainnya. Secara umum, masyarakat luas tidak mengetahui suatu situs Muslim memiliki nama permukiman yang sebenarnya. Mereka hanya mengetahui nama tempat tersebut dengan kota Mekkah atau tempat itu sendiri, misalnya Arafah yang termasuk kedalam permukiman Arafah atau Mina yang termasuk kedalam permukiman Mina. (Selengkapnya...)

Prosedur isi pilihan

Hapus singgahan halaman