Portal:Isi pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan

Isi pilihan di Wikipedia

Bintang isi pilihan

Isi pilihan adalah karya-karya terbaik di Wikipedia, termasuk artikel, gambar, dan kontribusi lainnya yang menunjukkan hasil yang sangat baik dari usaha kolaborasi Wikipedia.

Semua isi pilihan mengalami proses peninjauan menyeluruh untuk memastikannya memenuhi standar tertinggi untuk dijadikan contoh terbaik dari tujuan akhir kami.

Bintang emas kecil (Bintang isi pilihan) di pojok kanan atas halaman menunjukkan bahwa isi tersebut merupakan isi pilihan.

Halaman ini menyediakan pranala ke semua isi pilihan Wikipedia.

Isi pilihan:

Daftar isi pilihan

Artikel Gambar Daftar
Pilihan: 514 / B 844 / B 367 / B
Kriteria: AP? / B GP? / B DP? / B
Usulan: UAP / B UGP / B UDP / B
Pencabutan: UPAP / B - UPDP / B
Mantan: 131 / B - 6 / B

Artikel pilihan

Tentara pribumi dan tentara Afrika yang bertugas di dalam KNIL

Belanda Hitam adalah sebutan untuk budak-budak yang berasal dari Elmina (sekarang terletak di Ghana, Afrika Barat), yang direkrut Belanda untuk menjadi Tentara Kerajaan Hindia Belanda dan ditugaskan di Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Di antara tahun 1831 hingga 1872, lebih dari tiga ribu orang Afrika direkrut dari Pantai Emas Belanda untuk dijadikan sebagai tentara kolonial di Hindia Belanda. Belanda mengikuti langkah kekuatan kolonial lain pada saat itu, seperti Britania Raya dan Perancis yang merekrut anggota dari Afrika untuk bertempur di tanah-tanah jajahan yang lain. Secara umum, anggota tentara asing tidak mungkin bersimpati dengan penduduk asli dalam perlawanan mereka dengan kekuasaan penjajah. Dalam kasus tentara yang direkrut dari Afrika dan KNIL, hampir semua anggota direkrut dari kalangan budak. Perekrutan berakhir pada tahun 1872 setelah Elmina diserahkan kepada Britania Raya dalam Perjanjian Sumatera 1871. Beberapa orang dari Afrika bisa pulang ke negara asalnya di Afrika Barat setelah selesai melakukan peperangan, tetapi sebagian besar juga menetap di Hindia Belanda setelah menikah dengan wanita setempat. Keturunan mereka dianggap sebagai masyarakat Indo-Eropa. Setelah Perang Dunia Kedua dan kemerdekaan Hindia Belanda sebagai negara Indonesia, kebanyakan dari mereka pindah ke Belanda. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Kapibara di Sungai Tietê, São Paulo, Brasil.
Kapibara di Sungai Tietê, São Paulo, Brasil.
(ukuran asli 5.952 × 3.972 piksel, 20,42 MB)

Daftar pilihan

Wikipedia:Daftar Pilihan/20 2018

Prosedur isi pilihan

Hapus singgahan halaman