Wikipedia:Arsip halaman utama/2022/03/15

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Seorang anak yang menderita polio menerima fisioterapi pada tahun 1950-an

Virus dalam sejarah manusia mengacu kepada pengaruh virus dan infeksi virus dalam riwayat peradaban manusia. Epidemi yang disebabkan oleh virus dimulai ketika perilaku manusia berubah pada periode Neolitikum. Sekitar 12.000 tahun lalu, manusia mengembangkan pertanian dan membentuk komunitas yang penduduknya lebih padat. Hal ini memungkinkan penyebaran virus secara cepat dan menjadikannya endemik. Virus tumbuhan dan ternak juga meningkat karena manusia bergantung pada pertanian dan peternakan. Sebagai contoh, infeksi Potyvirus pada kentang dan Rinderpest morbillivirus pada sapi membawa dampak besar bagi kehidupan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Katherine Wilson SheppardJohannes LeimenaRahmah El Yunusiyah

Tahukah Anda

{{{title}}}
Gajah yang sedang mengalami musth
  • "... bahwa SOLRAD 1 adalah satelit pertama berhasil mengamati sinar X dari matahari, satelit pertama yang melakukan misi mata-mata dari orbit, dan satelit pertama yang diluncurkan bersamaan dengan satelit lain (yaitu satelit Transit 2A, yang memiliki misi berbeda)?"
  • "... bahwa jus cogens adalah asas dasar hukum internasional yang diakui oleh komunitas internasional sebagai norma yang tidak boleh dilanggar dalam keadaan apapun, seperti pelarangan genosida dan penyiksaan?"
  • "... bahwa gajah jantan dewasa (gambar) mengalami fase peningkatan testosteron yang disebut musth? Gajah jantan akan menjadi sangat agresif selama musth."
  • "... bahwa tokoh utama dalam film Ave Maryam, yaitu Suster Maryam, diperankan oleh Maudy Koesnaedi yang beragama Islam?"

Hari ini dalam sejarah

15 Maret: Idus Martiae; Hōnen Matsuri di Jepang

{{{title}}}
Julius Caesar

Tanggal lain: 14 Maret 15 Maret 16 Maret

Hari ini tanggal 15 Maret 2022 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Kereta penumpang Alaska Railroad melewati Moose Pass dekat Portage, Alaska, AS
Kereta penumpang Alaska Railroad melewati Moose Pass dekat Portage, Alaska, AS
(ukuran asli: 7.124 × 4.749 piksel, 11,07 MB)

Oleh: Poco a poco
Lisensi: CC BY-SA 4.0