Hōnen Matsuri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hōnen Matsuri (Festival Panen)
Hōnen Matsuri 2.JPG
Hōnen Matsuri di kuil Tagata, Komaki
Dirayakan olehJepang
JenisKeagamaan
MaknaMerayakan berkah panen berlimpah dan segala macam kemakmuran dan kasuburan yang didapat selama satu tahun
Tanggal15 Maret
Hōnen Matsuri

Hōnen Matsuri (豊年祭, "Festival Panen")(豊年祭?, "Festival Panen") adalah festival kesuburan yang dirayakan setiap tahun setiap tanggal 15 Maret di Jepang. Hōnen berarti tahun yang sejahtera dalam bahasa Jepang, menyiratkan panen yang melimpah, sedangkan matsuri adalah festival. Festival dan upacara Hōnen dilakukan untuk merayakan berkah panen yang melimpah dan segala macam kemakmuran dan kesuburan yang telah didapat dalam satu tahun.

Festival yang paling terkenal berada di kota Komaki, sebelah utara Kota Nagoya. Fitur utama dari festival adalah pendeta Shinto memainkan alat musik, parade seremonial dengan peserta mengenakan kostum, sake yang dapat diminum sepuasnya, dan penis dari kayu dengan berat 280 kg (620 pon) panjang 2.5 meter (96 inch) yang dibawa dari sebuah kuil yang disebut Shinmei Sha (di tahun genap) di bukit besar atau dari kuil Kumano-sha (di tahun ganjil), ke sebuah kuil yang disebut Tagata Jinja.

Festival ini dimulai dengan perayaan dan persiapan pada pukul 10:00 pagi di Tagata Jinja, dimana segala macam makanan dan souvenir (kebanyakan penis - bentuk atau berhubungan) yang dijual. Sake juga dibagikan dengan bebas dari tong kayu besar. Sekitar pukul 2:00 siang semua orang berkumpul di Shinmei Sha untuk memulai prosesi. Pendeta Shinto membacakan doa-doa dan memberikan berkat pada para peserta dan mikoshi, serta pada penis kayu, yang akan dibawa di sepanjang rute parade.

Ketika prosesi perjalanan ke Tagata Jinja, penis di dalam mikoshi diputar-putar dengan kuat sebelum diletakkan ke tanah dan dibacakan lebih banyak doa. Semua orang kemudian berkumpul di alun-alun luar Tagata Jinja dan menunggu untuk mochi nage, dimana orang-orang akan dihujani dengan kue beras kecil yang dilempar oleh pengurus acara dari tempat yang lebih tinggi. Festival ini berakhir sekitar pukul 16:30.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Kanamara Matsuri
  • Phallic prosesi
  • Tagata jinja-mae Station

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]