Transit (satelit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Satelit Transit

Sistem Transit, juga dikenal sebagai NAVSAT atau NNSS (Sistem Navigasi Satelit Angkatan Laut), adalah sistem navigasi satelit pertama yang digunakan secara operasional. Sistem ini terutama digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat untuk memberikan informasi lokasi yang akurat untuk kapal selam rudal balistik Polaris, dan juga digunakan sebagai sistem navigasi oleh kapal-kapal permukaan Angkatan Laut, serta untuk survei hidrografi dan survei geodesi. Transit menyediakan layanan navigasi satelit secara terus menerus dari tahun 1964 yang awalnya didedikasikan untuk kapal selam Polaris dan kemudian dibuka untuk penggunaan sipil.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sistem satelit Transit, disponsori oleh Angkatan Laut dan dikembangkan bersama oleh DARPA dan Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins, di bawah kepemimpinan Dr. Richard Kirschner di Johns Hopkins, adalah sistem geoposisi pertama berbasis satelit.[1][2][3] Hanya beberapa hari setelah peluncuran Sputnik 1 yaitu satelit pengorbit bumi buatan manusia pertama, pada 4 Oktober 1957, dua fisikawan di APL William Guier dan George Weiffenbach berdiskusi tentang sinyal radio yang kemungkinan akan berasal dari satelit. Mereka dapat menentukan orbit Sputnik dengan menganalisis pergeseran Doppler dari sinyal radionya selama satu lintasan.[4] Membahas jalan ke depan untuk penelitian mereka, direktur mereka Frank McClure, ketua Pusat Penelitian APL menyarankan pada bulan Maret 1958 bahwa jika posisi satelit diketahui dan dapat diprediksi, pergeseran Doppler dapat digunakan untuk menemukan lokasi penerima di Bumi, dan mengusulkan sistem satelit untuk menerapkan prinsip ini.[5]

Pengembangan sistem Transit dimulai pada tahun 1958, dan sebuah prototipe satelit, Transit 1A, diluncurkan pada bulan September 1959.[6] Satelit itu gagal mencapai orbit.[7] Satelit kedua, Transit 1B, berhasil diluncurkan 13 April 1960, oleh roket Thor-Ablestar.[8] Pengujian sukses pertama sistem dilakukan pada tahun 1960, dan sistem memasuki layanan Angkatan Laut pada tahun 1964.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Satelit[sunting | sunting sumber]

Purwarupa Transit-1A

Satelit (dikenal sebagai satelit OSCAR atau NOVA) yang digunakan dalam sistem ini ditempatkan dalam orbit polar rendah, pada ketinggian sekitar 600 mil laut (1.100 km), dengan periode orbit sekitar 106 menit. Sebuah konstelasi lima satelit diperlukan untuk memberikan cakupan global. Sementara sistem itu operasional, setidaknya sepuluh satelit – satu cadangan untuk setiap satelit di konstelasi dasar – biasanya dibiarkan berada di orbit. Perlu dicatat bahwa satelit OSCAR ini tidak sama dengan satelit seri OSCAR yang dikhususkan untuk digunakan oleh operator radio amatir untuk digunakan dalam komunikasi satelit.

Orbit satelit Transit dipilih untuk menutupi seluruh Bumi, konstelasi satelit ini menyeberangi kutub dan tersebar di ekuator. Karena hanya satu satelit yang biasanya terlihat pada waktu tertentu, perbaikan hanya dapat dilakukan ketika salah satu satelit berada di atas cakrawala. Di khatulistiwa penundaan antara perbaikan ini berlangsung beberapa jam, pada pertengahan garis lintang, penundaan berkurang menjadi satu atau dua jam. Untuk peran yang diinginkan yaitu sebagai sistem pembaruan untuk peluncuran SLBM, Transit sudah mencukupi, karena kapal selam melakukan perbaikan berkala untuk mengatur ulang sistem panduan inersia mereka, tetapi Transit tidak memiliki kemampuan untuk menyediakan pengukuran posisi waktu-nyata berkecepatan tinggi.

Satelit Transit menggunakan jajaran memori inti magnetik sebagai penyimpanan data massal dengan kapasitas hingga 32 kilobita.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Helen E. Worth and Mame Warren (2009). Transit to Tomorrow. Fifty Years of Space Research at The Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory (PDF). 
  2. ^ Catherine Alexandrow (Apr 2008). "The Story of GPS". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-29. 
  3. ^ DARPA: 50 Years of Bridging the Gap. Apr 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-06. 
  4. ^ Guier & Weiffenbach (1998). "Genesis of Satellite Navigation" (PDF). 
  5. ^ The Legacy of Transit: Guest Editor’s Introduction by Vincent L. Pisacane, Johns Hopkins APL Technical Digest, Vol 19, Number 1, 1998 (PDF). 
  6. ^ "Navy Navigation Satellite System". APL. 
  7. ^ "Transit 1A - NSSDC ID: TRAN1". NASA Space Science Data Coordinated Archive. 
  8. ^ "Transit 1B - NSSDC ID: 1960-003B". NASA Space Science Data Coordinated Archive. 
  9. ^ Ronald K. Burek. "The NEAR Solid-State Data Recorders". 1998.