Siapa Mau Jadi Juara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Siapa Mau Jadi Juara
GenreKuis
PresenterBoy William
Yuki Kato
Negara asal Indonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. episode5 (per 26 November 2021)
Produksi
Durasi45 menit (Senin-Jumat)
Rumah produksiTrans TV
DistributorTrans Media
Rilis
Jaringan asliTrans TV
Format gambarDolby Digital HD 16:9
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Tanggal tayang asli22 November 2021 (22 November 2021) –
sekarang
Kronologi
Didahului olehPagi-Pagi Ambyar
Kopi Viral
Acara terkaitRanking 1
Juara 1
Dream Box Indonesia
Pranala luar
[Akun Instagram: @siapamaujadijuara_ttv Situs web]

Siapa Mau Jadi Juara adalah sebuah program kuis yang tayang di Trans TV mulai 22 November 2021 pukul 09.45 WIB.[1] Acara ini menguji wawasan tentang pengetahuan umum maupun pelajaran yang didapat di bangku sekolah. Acara ini dibawakan oleh Boy William dan Yuki Kato.

Boy dan Yuki akan menguji kecerdasan serta wawasan dari para peserta yang ikut bermain. Selain itu, Boy dan Yuki akan memberikan hadiah hingga Rp 15.000.000,00 bagi pemenang yang beruntung.

Diharapkan, program ini akan memberikan edukasi dan menambah wawasan para penonton maupun pengisi acara dengan kemasan yang menghibur. Program ini bukan sekedar menampilkan persaingan siapa yang paling pintar, tapi juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan menampilkan siapa yang paling berwawasan luas tanpa ada unsur menggurui, serta memberikan hadiah kepada mereka yang gemar belajar dan berwawasan luas.[2]

Pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Syarat[sunting | sunting sumber]

Calon kontestan acara kuis ini dapat mendaftarkan diri dengan cara mengklik situs yang diumumkan di akhir acara. Calon peserta kemudian diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran kuis ini lewat Google Formulir.[3][4]

Babak-babak[sunting | sunting sumber]

Kuis ini terbagi menjadi 4 babak dengan jenis permainan yang berbeda, namun intinya sama, menguji pengetahuan dan wawasan peserta. Nama-nama babak dalam kuis ini terinspirasi dari tingkatan pendidikan formal di Indonesia serta sidang akhir yang harus dihadapi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya.

Babak permainan[sunting | sunting sumber]

Babak I yaitu SD (Seleksi Dasar), dimana 15 peserta harus menjawab tujuh pertanyaan dengan tablet yang sudah disiapkan. Setiap pertanyaan bernilai satu poin. Peserta cukup memilih secara cepat diantara dua pilihan jawaban soal pilihan ganda. Enam peserta dengan poin tertinggi serta tercepat berhak maju ke babak selanjutnya untuk dibagi dalam dua tim. Dua orang diantaranya yang memiliki poin tertinggi berhak menjadi kapten tim dan memilih anggota tim.

Babak II yaitu SMP (Seleksi Memilih Peserta), dimana di layar sudah terdapat 10 kategori pertanyaan, yaitu politik, dunia, seni dan budaya, hiburan, sains, sejarah, olahraga, kuliner, sosial media serta lain-lain. Masing-masing kategori memiliki nilai yang berbeda-beda. Peserta yang sudah terbagi dalam dua tim mengumpulkan poin dengan cara memilih kategori, kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan kategori yang dipilih sebanyak-banyaknya dalam waktu satu menit. Jawaban yang diambil adalah jawaban dari kapten tim. Waktu berjalan ketika pembawa acara selesai membacakan soal pertama.

Babak III yaitu SMA (Seleksi Menuju Akhir), dimana di layar terdapat tujuh narasumber yang berbeda profesi. Peserta dari tim yang lolos babak sebelumnya akan bergantian menjawab pertanyaan dari masing-masing dua narasumber terpilih berdasarkan hasil diskusi dua peserta lainnya. Penentuan peserta pertama yang bermain dilakukan dengan sistem memutar roda rolet. Narasumber profesi yang dipilih akan memberikan pertanyaan sesuai profesinya. Satu orang dengan nilai tertinggi akan lolos ke babak bonus. Jika ada peserta dengan nilai tertinggi yang sama dan berjumlah lebih dari satu, maka peserta tersebut harus menjawab pertanyaan tambahan dari satu narasumber tersisa secara rebutan.

Babak bonus[sunting | sunting sumber]

Babak bonus yaitu Sidak (Sidang Akhir) merupakan babak dimana peserta yang berhasil lolos dari tiga babak sebelumya menjawab tujuh pertanyaan, dimana setiap pertanyaan mengandung nilai uang yang berbeda dan meningkat di setiap babaknya, mulai sebesar Rp500.000,00 hingga Rp15.000.000,00. Waktu menjawab setiap pertanyaan adalah 30 detik dan waktu berjalan setelah pembawa acara selesai membacakan soal pertama. Peserta memiliki satu kesempatan bantuan untuk mencari jawaban di mesin pencari internet selama 20 detik. Apabila jawaban peserta salah, maka nominal hadiah peserta yang sudah diraih akan dipotong sebanyak 50 persen. Jika peserta ingin berhenti bermain, maka ia akan mendapat nominal hadiah yang sudah diraih secara utuh sesuai tahapan hadiah yang terakhir diraih. Peserta yang lolos ke babak ini juga berhak mendapatkan medali, dan apabila berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp15.000.000,00, ia juga berhak mendapat sebuah plakat penghargaan.[3][5]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Hadiah tertinggi sejumlah Rp15.000.000,00 sejauh ini baru berhasil diraih seorang penari bernama Fildzah pada episode 22 November 2021.[3]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Razaqtiar, Arief Zaafril. "Jadwal Acara Trans TV Senin 22 November 2021, Tonton Siapa Mau Jadi Juara, Assassins Creed, dan In The Blood - Warta Sidoarjo". wartasidoarjo.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2021-11-22. 
  2. ^ ikh. "Boy William dan Yuki Kato Bagi-bagi Duit untuk Orang Berwawasan Luas". Insertlive.com. Diakses tanggal 2021-11-06. 
  3. ^ a b c "SIAPA MAU JADI JUARA di YouTube TRANS TV Official". www.youtube.com. Diakses tanggal 2021-11-22. 
  4. ^ "Pendaftaran Peserta Kuis 'Siapa Mau Jadi Juara' Trans TV". Google Forms. Diakses tanggal 2021-11-22. 
  5. ^ Tangerang 05, Pedoman. "Trans TV Luncurkan Program Baru: Siapa Mau Jadi Juara? - Pedoman Tangerang". pedomantangerang.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2021-11-23.