Sakurasou no Pet na Kanojo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sakurasou no Pet na Kanojo
Sakura-sō no Pet na Kanojo light novel volume 1 cover.jpg
Sampul novel ringan volume pertama, menampilkan Mashiro Shiina
さくら荘のペットな彼女
(Sakura-sō no Pet na Kanojo)
Genre Drama, Komedi romantis
Novel ringan
Pengarang Hajime Kamoshida
Ilustrator Kēji Mizoguchi
Penerbit ASCII Media Works
Demografi Male
Imprint Dengeki Bunko
Tanggal terbit 10 Januari 20108 Maret 2014
Volume 13
Manga
Pengarang Hajime Kamoshida
Ilustrator Hōki Kusano
Penerbit ASCII Media Works
Demografi Seinen
Majalah Dengeki G's Magazine
Dengeki G's Comic
Tanggal terbit April 2011Juli 2015
Volume 7
Seri anime televisi
Sutradara Atsuko Ishizuka
Penulis Mari Okada
Penggubah Yuzu Hayashi
Studio J.C.Staff
Pelisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Jaringan Tokyo MX, MBS, TVA, tvk, Animax
Jaringan bahasa Inggris
Anime Network
Tayang perdana 9 Oktober 201226 Maret 2013
Episode 24
Permainan
Pengembang Netchubiyori
Penerbit ASCII Media Works
Genre Novel visual
Platform PlayStation Portable, PlayStation Vita
Rilis JP 14 Februari 2013
Portal Anime dan Manga

Sakurasou no Pet na Kanojo (さくら荘のペットな彼女 Sakura-sō no Petto na Kanojo?), dikenal juga sebagai The Pet Girl of Sakurasou, adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang dibuat oleh Hajime Kamoshida, dengan ilustrasi oleh Kēji Mizoguchi. ASCII Media Works menerbitkan 13 volumes sejak Januari 2010 hingga Maret 2014. Sebuah adaptasi manga dengan ilustrasi oleh Hōki Kusano diserialisasi di Dengeki G's Magazine dan Dengeki G's Comic. Sebuah drama CD dirilis pada 28 Juni 2012.[1] Sebuah serial televisi anime adaptasi oleh J.C.Staff tayang sejak Oktober 2012 hingga Maret 2013.

Plot[sunting | sunting sumber]

Asrama Sakura adalah asrama dari sebuah SMA yang berafiliasi dengan Universitas Seni Suimei (sering disingkat sebagai Suiko), yang dihuni oleh siswa-siswa aneh serta pembuat masalah. Setelah dihusir dari asrama biasa karena memelihara kucing liar, Sorata Kanda pindah ke Asrama Sakura. Ketika ia sudah terbiasa dengan kehidupan di asrama tersebut, Mashiro Shiina, seorang pelukis terkenal yang tidak mampu mengurus kepentingan sehari-harinya, pindah ke asrama ini. Sorata dipaksa menjadi pengurus Mashiro. Cerita ini mengisahkan tentang kehidupan mereka sehari-hari serta perkembangan mental mereka sebagai remaja.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Penghuni Asrama Sakura[sunting | sunting sumber]

Sorata Kanda (神田 空太 Kanda Sorata?)
Suara oleh: Yoshitsugu Matsuoka
Sorata adalah tokoh utama pria dalam cerita ini. Ia adalah seorang siswa tahun kedua (kemudian tahun ketiga) di Suiko, yang menghuni kamar 101 di Asrama Sakura. Ia dihusir dari asrama reguler setelah memilih untuk tidak membuang kucing liar yang ia temukan. Dibandingkan sebagian besar penghuni Asrama Sakura memiliki nilai yang bagus dan bakat seni yang hebat, ia sering merasa menjadi orang yang biasa dan normal.
Chihiro, pengawas asrama tersebut, memilihnya untuk menjadi pengurus Mashiro. Ia awalnya enggan menerima tugas ini, namun pada akhirnya ia terbiasa. Di akhir novel kedelapan, ia menyatakan perasaannya kepada Mashiro. Sorata akhirnya memutuskan untuk menjadi desainer permainan, tetapi proposalnya pada sebuah perusahaan permainan terkenal berulang kali ditolak. Inti dari cerita ini adalah bagaimana kepribadian Sorata berubah seiring waktu berjalan.
Mashiro Shiina (椎名 ましろ Shiina Mashiro?)
Suara oleh: Ai Kayano
Mashiro adalah tokoh utama wanita dalam cerita ini. Ia menghuni kamar 202. Ia merupaka seniman terkenal yang pindah ke Suiko pada tahun kedua untuk belajar menggambar manga. Meskipun karyanya dikagumi orang banyak, ia tidak mengetahui hal lain selain menggambar dan memiliki kemampuan untuk mengurus kehidupannya sehari-hari. Karena hal ini, Sorata dipaksa untuk "mengadopsi" Mashiro. Ia memiliki nilai yang jelek, karena ia tidak memperhatikan pelajaran saat di kelas, namun ia dapat lulus pada ujian dengan perbaikan karena memiliki ingatan fotografis dalam mengingat semua jawaban. Pada novel ketiga, Mashiro mulai memiliki perasaan terhadap Sorata dan ia menyatakan tidak dapat hidup tanpa dirinya.
Nanami Aoyama (青山 七海 Aoyama Nanami?)
Suara oleh: Mariko Nakatsu
Nanami adalah teman sekelas Sorata, yang kemudian pindah ke Asrama Sakura dan menghuni kamar 203. Meskipun ia sering bersikap kasar pada Sorata, sebenarnya ia menyukai Sorata. Ia pergi dari rumahnya untuk menjadi seorang pengisi suara tanpa ijin dari orang tuanya, dan harus menghidupi dirinya sendiri. Setelah ia mulai menyadari bahwa dirinya kehabisan uang,dan menyadari hubungan Sorata dan Mashiro semakin dekat, ia memutuskan untuk pindah ke Asrama Sakura, yang memiliki biaya sewa lebih murah dibandingkan asrama reguler. Ia bertemu dengan ibu Sorata di novel kelima dan mendapat pujian darinya. Ibu Sorata bahkan menyatakan ia akan menerima sebagai menantu. Di novel keenam, ia gagal dalam tryout pengisi suaranya dan memilih untuk bertemu dengan orang tuanya terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah selanjutnya. Ia akhirnya dapat meyakinkan orang tuanya dan membiarkan dirinya untuk melanjutkan studinya sebagai pengisi suara dan kembali ke Asrama Sakura. Ia berbicara dengan dialek Kansai disaat ia sedang marah.
Misaki Kamiigusa (上井草 美咲 Kamiigusa Misaki?)
Suara oleh: Natsumi Takamori
Misaki adalah penghuni kamar 201, seorang siswi tahun ketiga di Suiko (kemudian mahasiswa di Universitas Seni Suimei) Ia merupaka orang yang sangat ramah dan optimis. Sorata sering menyebutnya sebagai " alien ". Dia memiliki nilai yang sangat baik dan sangat pandai dalam menggambar, tetapi sekolah memutuskan untuk mengirimnya ke Asrama Sakura karena dirinya terlalu berfokus untuk menggambar anime dan manga. Ia sangat hebat dalam hal animasi dan dapat menangani pekerjaan tanpa bantuan orang lain. Dia telah menjual animasi kepada sebuah perusahaan penerbitan terkenal dan menghasilkan cukup uang untuk hidup nyaman selama sisa hidupnya. Dia memiliki perasaan untuk Jin, dan secara terbuka mengungkapkannya, namun Jin menutup mata dan mengencani banyak gadis lain, yang membuat dirinya tertekan. Keduanya akhirnya menjadi pasangan pada novel kelima. Dalam novel keenam, mendaftarkan pernikahan mereka tanpa memberitahu Jin. Dia pindah dari Asrama Sakura setelah lulus dan pindah ke rumah sebelah yang memiliki sebuah studio rekaman di ruang bawah tanah.
Jin Mitaka (三鷹 仁 Mitaka Jin?)
Suara oleh: Takahiro Sakurai
Jin penghuni kamar 103 dan siswa tahun ketiga di Suiko. Ia adalah teman masa kecil Misaki dan memiliki perasaan padanya, namun ia merasa dirinya tidak cukup baik untuk Misaki, dan berakhir sebagai playboy. Ia mengencani banayak gadis termasuk kakak Misaki, tetapi pada akhirnya ia memutuskan semuanya. Ia akhirnya berpacaran dengan Misaki pada novel kelima. Ia ingin menjadi penulis naskah yang berguna bagi bakat artistik Misaki, dan memilih untuk melanjutkan studi di sebuah universitas di Osaka. Untuk menenangkan Misaki, ia memberikan form pendaftaran pernikahan dengan tanda tangannya sebagai janji bahwa ia akan kembali, tetapi Misaki mendandatanganinya dan mendaftarkan pernikahan mereka sesaat setelah ia berangkat ke Osaka, yang membuat mereka berdua telah resmi menikah.
Ryūnosuke Akasaka (赤坂 龍之介 Akasaka Ryūnosuke?)
Suara oleh: Yui Horie
Ryūnosuke adalah penghuni kamar 102. Ryūnosuke adalah seorang siswa tahun kedua di Suiko. Ia merupakan seorang hikikomori yang jarang meninggalkan kamarnya, dan biasa merkomunikasi dengan orang lain menggunakan pesan teks atau e-mail. Ia ahli dalam hal pemrograman komputer dan sering memberikan nasihat kepada Sorata tentang permainan komputer yang ia kembangkan. Ia memiliki gynophobia dan akan pingsan apabila seorang gadis menyentuhnya. Makanan favoritnya adalah tomat, dan menyatakan bahwa ia mempercayai dibandingkan apapun di dunia ini. Ia dipanggil sebagai "Dragon" oleh Misaki.
Chihiro Sengoku (千石 千尋 Sengoku Chihiro?)
Suara oleh: Megumi Toyoguchi
Chihiro adalah seorang guru seni di Suiko sekaligus pengawas di Sakurasou. Ia adalah sepupu Mashiro dan mengurus kepindahannya ke Suiko. Ia dahulu berniat menjadi seniman profesional. Ia tampak hanya tertarik pada minum minuman beralkohol dan berusaha mencari pasangan.
Rita Ainsworth (リタ・エインワーズ Rita Einwāzu?)
Suara oleh: Ayako Kawasumi
Rita adalah teman sekamar dan pengurus Mashiro saat tinggal di Inggris. Ia iri pada bakat Mashiro dan menyarankan Mashiro untuk menggambar manga dengan berharap bahwa ia akan gagal, namun akhirnya ia menyesali tindakannya dan datang ke Jepang untuk membawa kembali Mashiro. Setelah melihat semangat Mashiro, ia menyerah dan kembali ke Inggris untuk belajar seni kembali. Ia jatuh cinta pada Ryūnosuke. Ia pindah ke Asrama Sakura setelah kepergian Nanami.
Iori Himemiya (姫宮 伊織 Himemiya Iori?)
Suara oleh: Nobunaga Shimazaki
Iori adalah adik Saori Himemiya dan juga merupakan siswa tahun pertama yang tinggal di Asrama Sakura setelah Jin dan Misaki lulus. Ia pindah ke Asrama Sakura karena tertangkap mengintip pada tempat pemandian perempan. Ia memiliki perasaan pada Kanna.
Kanna Hase (長谷 栞奈 Hase Kanna?)
Suara oleh: Haruka Yamazaki
Kanna adalah siswi tahun peratama yang tinggal di Asrama Sakura setelah Jin dan Misaki lulus. Meskipun meraih nilai tertinggi pada saat ujian masuk, ia pindah ke Asrama Sakura karena tidak berbagi kamar dengan orang lain, terlebih dengan seseorang yang gaduh. Teman sekamarnya saat masih di asrama reguler ternyata adalah Yūko, adik Sorata.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

The Pet Girl of Sakurasou dimulai sebagai sebuah serial novel ringan yang ditulis oleh Hajime Kamoshida, dengan ilustrasi oleh Kēji Mizoguchi. ASCII Media Works menerbitkan 13 volume dibawah nama percetakan mereka Dengeki Bunko yang terdiri dari 10 novel utama dan 3 koleksi cerita pendek yang diterbitkan sejak 10 Januari 2010 hingga 8 Maret 2014.[2][3][4][5]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga, diilustrasikan oleh Hōki Kusano, memulai serialisasi di edisi April 2011 pada Dengeki G's Magazine. Manga tersebut menghentikan serialisasi pada Mei 2014 namun dilanjutkan kembali pada Juni 2014 hingga Juli 2015 pada majalah Dengeki G's Comic.[6][7] Volume tankōbon pertama dirilis pada 27 Oktober 2011.[8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah serial anime adaptasi yang diproduksi oleh J.C.Staff dan didireksi oleh Atsuko Ishizuka, tayang di Jepang sejak 9 Oktober 2012 hingga 26 Maret 2013 di Tokyo MX.[9][10] Serial ini menggunakan lima lagu tema: 3 lagu tema pembuka dan 2 lagu tema penutup. Lagu tema pembuka pertama adalah "Kimi ga Yume o Tsuretekita" (君が夢を連れてきた?) dinyanyikan oleh Pet na Kanojotachi, beranggotakan Ai Kayano, Mariko Nakatsu, dan Natsumi Takamori. Lagu tema penutup pertama adalah "Days of Dash" oleh Konomi Suzuki. Sejak episode 13, lagu tema pembuka kedua adalah "Yume no Tsuzuki" (夢の続き?) oleh Suzuki. Lagu tema penutup kedua adalah "Prime Number (Kimi to Deaeru Hi)" (Prime Number ~君と出会える日~?) oleh Asuka Ookura. Lagu tema pembuka pada episode 14 adalah "I Call Your Name Again" oleh Nakatsu sebagai Nanami Aoyama.

Novel visual[sunting | sunting sumber]

Sebuah novel visual adaptasi, dikembangkan oleh Netchubiyori dan dipublikasikan oleh ASCII Media Works, dirilis untuk PlayStation Portable dan PlayStation Vita pada 14 Februari 2013.[11][12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ グッズ紹介 [Goods Introduction] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal 11 April 2012. 
  2. ^ さくら荘のペットな彼女 [Sakura-sō no Pet na Kanojo] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal 11 April 2012. 
  3. ^ さくら荘のペットな彼女5.5 [Sakura-sō no Pet na Kanojo 5.5] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal 11 April 2012. 
  4. ^ さくら荘のペットな彼女7.5 [Sakura-sō no Pet na Kanojo 7.5] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal 9 Oktober 2012. 
  5. ^ さくら荘のペットな彼女10.5 [Sakura-sō no Pet na Kanojo 10.5] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal 2 April 2014. 
  6. ^ "電撃G'sコミックVol.1" [Dengeki G's Comic Vol. 1] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 17, 2014. Diakses tanggal May 17, 2014. 
  7. ^ "電撃G'sコミックVol.14" [Dengeki G's Comic Vol. 14] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal June 1, 2015. 
  8. ^ さくら荘のペットな彼女(1) [Sakura-sō no Pet na Kanojo (1)] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal April 11, 2012. 
  9. ^ スタッフ・キャスト [Staff / Cast] (dalam bahasa japanese). J.C.Staff. Diakses tanggal August 10, 2012. 
  10. ^ 放送情報 [Broadcast Information] (dalam bahasa japanese). J.C.Staff. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2012. Diakses tanggal August 10, 2012. 
  11. ^ "天才少女の"飼い主"になってみる? 『さくら荘のペットな彼女』が10月スタートのTVアニメに続いてPS VitaとPSPでゲーム化決定!" [Want to Try to be a Pet Owner of a Genius Girl? Sakura-sō no Pet na Kanojo's TV Anime will Start in October and a PS Vita and PSP Game will be Produced!] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. August 10, 2012. Diakses tanggal January 2, 2013. 
  12. ^ "The Pet Girl of Sakurasou Game Slated for January". Anime News Network. October 11, 2012. Diakses tanggal October 11, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]