Just Because!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Just Because!
Gambar sampul volume pertama versi Blu-ray yang menampilkan Mio Natsume
ジャストビコーズ
(Jasutobikōzu)
Genre
PenciptaFOA
Novel serial
PengarangHajime Kamoshida
IlustratorAtsushi Kobayashi
PenerbitKadokawa
ImprintMedia Works Bunko
MajalahDa Vinci
Terbit11 November 2017
Volume1
Seri anime
SutradaraAtsushi Kobayashi
ProduserKeisuke Fukunaga
Takema Okamura
Yūma Ōgami
Shinji Ōmori
Hirotaka Kaneko
SkenarioHajime Kamoshida
MusikNagi Yanagi
Erika Fukusawa
StudioPine Jam
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, tvk, MBS, BS Fuji
Tayang 5 Oktober 2017 28 Desember 2017
Episode12
 Portal anime dan manga

Just Because! adalah seri anime orisinal Jepang tahun 2017 karya Hajime Kamoshida, pengarang The Pet Girl of Sakurasou dan Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai, bersama Kiseki Himura, pengarang Getsuyōbi no Tawawa. Seri anime ini terdiri dari 12 episode dan diproduksi oleh Pine Jam, serta ditayangkan mulai tanggal 5 Oktober hingga tanggal 28 Desember 2017.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Saat ini adalah musim dingin pada tahun ketiga di SMA, mendekati akhir semester kedua, ketika para siswa memiliki waktu sekolah yang tinggal sedikit. Semua orang sedang menunggu kelulusan. Keadaan berubah saat Eita Izumi — teman sekelas mereka di SMP yang pindah jauh — tiba-tiba kembali pada waktu yang tidak biasa. Kedatangannya menyatukan kembali mereka, seolah-olah tanda pergi terdengar ke perasaan siswa yang baru saja mengira kehidupan SMA mereka akan berakhir tanpa keriuhan.[3]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Eita Izumi (泉 瑛太, Izumi Eita)
Pengisi suara: Aoi Ichikawa[4] (Jepang); Greg Cote[5] (Inggris)
Eita adalah siswa pindahan yang kembali ke kampung halamannya setelah pergi 4 tahun yang lalu. Karena pekerjaan ayahnya sering berpindah tempat, ia sering pindah sekolah. Ia masuk ke klub bisbol bersama dengan Haruto saat masih SMP. Ia menyukai Mio sejak masih SMP, tetapi tidak dapat menyatakan perasaannya.
Mio Natsume (夏目 美緒, Natsume Mio)
Pengisi suara: Karin Isobe[4] (Jepang); Luci Christian[5] (Inggris)
Mio adalah mantan ketua OSIS dan adalah teman sekelas Eita dan Haruto di SMP. Ia berencana untuk mendaftar di perguruan tinggi dan belajar keras untuk mewujudkannya. Ia menyukai Haruto sejak masih SMP, tetapi kembalinya Eita mengubah perasaan tersebut.
Haruto Sōma (相馬 陽斗, Sōma Haruto)
Pengisi suara: Taishi Murata[4] (Jepang); Blake Shepard[5] (Inggris)
Haruto adalah anggota tim bisbol yang sudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Ia dan Eita adalah teman SMP. Ia memiliki perasaan pada Hazuki dan mengungkapkan perasaannya tetapi ditolak. Situasi berubah menjelang kelulusan ketika Hazuki mengatakan kepadanya bahwa ia tidak akan berkencan dengannya sampai Hazuki menyesuaikan diri di perguruan tinggi dan ia menemukan pekerjaan yang tetap, serta apabila ia masih tetap menyukai Hazuki.
Hazuki Morikawa (森川 葉月, Morikawa Hazuki)
Pengisi suara: Yuna Yoshino[4] (Jepang); Patricia Duran[5] (Inggris)
Hazuki adalah anggota klub band sekolah yang telah menentukan perguruan tinggi pilihannya. Ia tidak menonjol di kelas dan tampaknya tidak tertarik dalam menjalin hubungan cinta. Haruto menyukainya dan mengungkapkan perasaannya tetapi ditolak. Situasi berubah menjelang kelulusan ketika ia mengatakan kepada Haruto bahwa ia tidak akan berpacaran dengan Haruto sampai dirinya menyesuaikan diri di perguruan tinggi dan Haruto menemukan pekerjaan yang tetap, serta apabila perasaan Haruto kepadanya tidak berubah.
Ena Komiya (小宮 惠那, Komiya Ena)
Pengisi suara: Lynn[4] (Jepang); Brittney Karbowski[5] (Inggris)
Ena adalah siswi SMA tahun kedua dan anggota klub fotografi yang terancam dibubarkan. Demi menyelamatkan klubnya, ia berencana untuk mengikuti kompetisi fotografi. Seiring waktu, ia jatuh hati kepada Eita. Ia memiliki kepribadian yang gigih, rela melakukan apapun untuk mendapatkan keinginannya, serta tidak ragu mengutarakan apa yang ada di pikirannya ketika semua orang terlalu gugup untuk berbicara.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Yoriko Inui (乾 依子, Inui Yoriko)
Pengisi suara: Arisa Sakuraba[6] (Jepang); Cat Thomas[5] (Inggris)
Sahabat Hazuki yang terus-menerus menjaga dan membelanya, serta membantunya untuk bisa bersama dengan Haruto. Pada suatu saat, Yoriko mengakui kepada Hazuki bahwa dia juga jatuh cinta dengan seseorang, tetapi menolak untuk menceritakan hal itu secara spesifik.
Sanae Takahashi (高橋 早苗, Takahashi Sanae)
Pengisi suara: Yuka Nukui[6] (Jepang); Christina Kelly[5] (Inggris)
Sahabat Mio.
Momoka Suzuki (鈴木 桃花, Suzuki Momoka)
Pengisi suara: Reina Kondō[6] (Jepang); Stephanie Wittels[5] (Inggris)
Sahabat Mio.
Mayuko Satō (佐藤 真由子, Satō Mayuko)
Pengisi suara: Sayaka Senbongi[6] (Jepang); Skyler Sinclair[5] (Inggris)
Sahabat Mio yang membenci Hazuki.
Junpei Saruwatari (猿渡 順平, Saruwatari Junpei)
Pengisi suara: Kōhei Amasaki[6] (Jepang); Adam Gibbs[5] (Inggris)
Sahabat Haruto.
Rikuto Ishigaki (石垣 陸生, Ishigaki Rikuto)
Pengisi suara: Shōta Yamamoto[6] (Jepang); Andrew Love[5] (Inggris)
Sahabat Haruto.
Tōru Shimizu (清水 徹, Shimizu Tōru)
Pengisi suara: Junichi Yanagita[6] (Jepang); Scott Gibbs[5] (Inggris)
Siswa tahun kedua dan anggota klub fotografi.
Kaoru Yamaguchi (山口 薫, Yamaguchi Kaoru)
Pengisi suara: Daiki Kobayashi[6] (Jepang); Mike Haimoto[5] (Inggris)
Siswa tahun kedua dan anggota klub fotografi.
Watanabe-sensei (渡辺先生, Watanabe Sensei)
Pengisi suara: Toru Ohkawa[6] (Jepang); Josh Morrison[5] (Inggris)
Wali kelas Mio dan Haruto.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Anime Just Because! pertama kali muncul sebagai proyek lelucon April Mop pada tahun 2017 dengan judul April 1st The Animation.[7] Proyek tersebut kemudian dikonfirmasi sebagai proyek utama edisi bulan Juni majalah Megami Magazine terbitan Gakken.[8]

Anime Just Because! disutradarai oleh Atsushi Kobayashi, lalu Hajime Kamoshida sebagai penulis skenario, Kiseki Himura sebagai desainer karakter. Hiroyuki Yoshii mengubah gambar karya Kiseki menjadi animasi. Keisuke Fukunaga berperan sebagai produser untuk seri anime ini.[4] Pine Jam produced the animation.[9] Seri anime ini ditayangkan sejak tanggal 5 Oktober hingga 28 Desember 2017 pada saluran AT-X, Tokyo MX, TV Kanagawa, MBS, dan blok pemrograman Anime Guild milik BS Fuji.[10][11] Nagi Yanagi berperan sebagai produser musik sekaligus membawakan lagu tema pembuka yang berjudul "Over and Over", sedangkan Karin Isobe, Yuna Yoshino dan Lynn menyanyikan lagu tema penutup yang berjudul "behind".[12][13] Sentai Filmworks telah melisensi seri anime ini dan menayangkannya secara streaming pada layanan Anime Strike milik Amazon di Amerika Utara.[14] Sentai Filmworks merilis seri anime ini dalam format video rumahan dengan sulih suara bahasa Inggris pada tanggal 12 Februari 2019.[15]

No.JudulSutradaraTanggal tayang asli [16]
1"On your marks!"Yūsuke Sunouchi5 Oktober 2017 (2017-10-05)
Musim dingin di tahun ketiga SMA. Karena pekerjaan ayahnya, Eita Izumi kembali ke Kanagawa ketika ia masih di SMA sebagai murid pindahan pada waktu yang tidak tepat. Ketika ia ingin mengunjungi SMA Kashiogawa, ia bertemu dengan Haruto Sōma, seorang teman SMP yang telah putus kontak sejak pindah ke Fukuoka. Meskipun Haruto telah pensiun dari klub, ia mencoba mengayunkan tongkat bisbol untuk membuat home run di lapangan. Awalnya mereka canggung melakukannya. Namun, selama pertandingan at bat, mereka mengingat perasaan akrab ketika mereka masih di SMP. Haruto, yang mendapat home run dari Eita, pergi untuk menyatakan cintanya. Saat itu, Eita mendapat pesan bahwa Mio Natsume, gadis yang disukai oleh Eita, ada di SMA Kashiogawa.
2"Question"Kazuomi Koga, Kōhei Hatano, Yasushi Muroya12 Oktober 2017 (2017-10-12)
Setelah melakukan home run, Haruto menyatakan cintanya kepada Hazuki Morikawa. Haruto bertemu Hazuki, yang berada di klub band untuk melatih adik kelasnya. Tetapi pada saat terakhir, Haruto ragu-ragu dan pernyataan cintanya gagal. Sementara itu, Mio Natsume dan Eita Izumi bertemu lagi di tempat yang sama dengan Haruto. Mereka kemudian menatap Haruto dengan iba. Sejak SMP, Eita mengetahui jika Mio menyukai Haruto. Setelah itu, Eita, Haruto, Mio, Hazuki dan sahabat Hazuki, Yoriko Inui, setuju untuk mengunjungi akuarium. Keesokan harinya saat melihat akuarium, Eita menyadari bahwa Mio masih menyukai Haruto. Saat pulang ke rumah dengan perasaan rumit, Eita didekati oleh seorang gadis SMA yang aneh.
3"Andante"Tsutomu Murakami19 Oktober 2017 (2017-10-19)
Eita, Haruto, Mio, Hazuki dan Yoriko bergabung dengan grup LINE baru bernama "Akuarium Enoshima", lalu mereka mulai mengobrol di sana. Haruto sangat senang mengetahui kontak Hazuki. Pada awalnya, Hazuki terkejut tiba-tiba diminta untuk mengunjungi akuarium, tetapi ia senang karena ia merasa seperti siswa SMA. Yoriko, yang mengetahui perasaan Haruto, mencoba membantu Haruto. Perasaan Eita semakin rumit sebelum mengetahui perasaan Mio. Kemudian, Mio mengirimkan akun LINE ke Eita. Di stasiun, Mio bertemu Ena Komiya, seorang siswa tahun kedua yang tiba-tiba menelepon setelah Mio pulang dari akuarium. Ena adalah siswa tahun kedua dari sekolah menengah yang sama dengan mereka yang bergabung dengan klub fotografi. Demi menyelamatkan klub fotografi yang akan dibubarkan, Ena ingin ikut lomba foto bersama Eita.
4"Full swing"Kei Miura26 Oktober 2017 (2017-10-26)
Kelompok itu berdoa untuk ujian masuk Mio pada malam tahun baru. Haruto memberitahu Mio dan Eita bahwa ia pasti akan menyatakan cintanya kepada Hazuki. Di akhir tahun, Eita, Mio dan Yoriko mengunjungi kuil pertama mereka karena Mio ingin Haruto dan Hazuki berduaan. Haruto menyadari itu, tetapi tidak dengan Hazuki. Dalam perjalanan pulang, Haruto menyatakan cintanya. Sementara itu, setelah Yoriko meninggalkan Eita dan Mio, Eita khawatir dengan sikap ceria Mio dan bertanya pada Haruto. Mio masih membuat alasan untuk menyembunyikan perasaannya dan Eita, yang emosional tentang sikap Mio, mengakui perasaannya padanya.
5"Rolling stones"Naotaka Hayashi, Kazuomi Koga2 November 2017 (2017-11-02)
Hazuki menolak pernyataan cinta Haruto. Setelah itu, Haruto mencoba untuk menjadi kuat, tetapi perasaannya tetap kacau sampai liburan musim dingin berakhir. Eita,yang mengungkapkan perasaannya kepada Mio, juga mengalami hal yang sama. Hari pertama semester ketiga dimulai dengan situasi hampa. Sementara itu, Hazuki menanyakan pendapat Mio tentang pengakuan Haruto, kemudian Hazuki menjadi khawatir karena ia langsung menolaknya. Mio menyarankan Hazuki bahwa ia harus mengungkapkan perasaannya kepada Haruto. Malam itu, Hazuki mengirim pesan kepada Haruto untuk bertemu lagi.
6"Restart"Tatsuya Nokimori, Kazuomi Koga, Mitsuhiro Yoneda9 November 2017 (2017-11-09)
Sudah tiga hari sejak Haruto tidak membalas pesan Hazuki. Ketika Haruto ingin memberitahu Eita tentang hal ini saat istirahat makan siang, ia ditantang oleh Eita untuk bertanding bisbol. Eita ingin melakukan home run untuk Haruto agar ia membalas pesan Hazuki. Haruto ragu-ragu pada awalnya, tetapi ia terlihat serius dengan lemparan Eita. Setelah membuat banyak bola keluar, Haruto akhirnya membuat home run yang baik. Mio, yang melihat dari jauh, kagum dengan keseriusan Eita dan ingin menyingkirkan cintanya yang tak terbalas. Kemudian, Mio mengembalikan penghapus lama milik Haruto.
7"Snow day"Yayoi Takano, Kazuomi Koga23 November 2017 (2017-11-23)
Sejak pertandingan itu, Eita berlari setiap malam karena frustrasinya sendiri. Sehari sebelum ujian SBMPTN ketika Eita pulang, ia melihat lampu mobil polisi di dekat rumahnya dan melihat Ena yang bermasalah. Seorang pria memprotes bahwa Ena memotret gambar tanpa izinnya dan melibatkan Eita. Ketika Eita mengantar Ena, ia memberitahu bahwa klub fotografi adalah tempat yang penting baginya. Eita kemudian setuju untuk mengirimkan foto Ena untuk kompetisi, tetapi Mio, yang akan pulang dari kursus, melihat mereka berpelukan. Pada hari ujian SBMPTN, salju turun lebat. Transportasi lumpuh dan Mio berhenti di stasiun. Eita tiba-tiba muncul dan membawa Mio yang kebingungan ke tempat ujian SBMPTN. Sementara itu, Mio ingat ketika ia masih di sekolah menengah, saat Mio dalam kesulitan, Eita selalu membantu Mio tanpa berkata apa-apa.
8"High Dynamic Range"Sumito Sasaki30 November 2017 (2017-11-30)
Mio, Eita, Haruto dan Yoriko makan bersama di rumah Hazuki setelah ujian SBMPTN selesai. Mio mulai peduli pada Eita. Saat kembali dari ujian SBMPTN, Mio khawatir tentang apa yang dikatakan Ena tentang mengajak Eita berkencan. Pada hari Minggu, Eita dan Ena bertemu Mio saat mereka pergi ke tujuan kencan mereka. Eita mengira Mio akan pergi ke tempat kursus, tetapi Mio mengikuti Eita di tengah jalan dan tampak kesal. Tidak tahu apa yang sedang terjadi, Ena datang dan situasi menjadi semakin tidak nyaman. Setelah meninggalkan Mio tanpa alasan yang jelas, Eita pergi ke Enoshima bersama Ena dan mereka terlihat seperti sedang berkencan.
9"Answer"Kazuomi Koga, Mitsuhiro Yoneda7 Desember 2017 (2017-12-07)
Saat kembali dari kencan, Ena memberitahu Eita bahwa ia akan menyatakan cintanya jika ia memenangkan kompetisi. Di awal sekolah, situasi mereka menjadi canggung. Sementara itu, Hazuki ingin mengungkapkan perasaannya kepada Haruto tetapi sebelum itu, ia ingin mengetahui perasaan Mio. Hazuki mengetahui cinta tak berbalas Mio ketika Hazuki melihatnya mengembalikan penghapus ke Haruto. Mio memberitahu perasaannya saat ini kepada Hazuki bahwa ada seseorang yang sangat disukainya. Hazuki menyarankan Mio untuk mengakui perasaannya dan ia yakin dengan pilihan universitas yang ditujunya.
10"Childhood's end"Yūta Takamura, Naotaka Hayashi14 Desember 2017 (2017-12-14)
Mio memberitahu kakaknya, Mina, bahwa ia tidak akan pergi ke Universitas Suizan seperti kakaknya, lalu sang kakak senang karenanya. Di hari Valentine, Hazuki mengundang Haruto ke lapangan bisbol. Hazuki memainkan terompetnya yang selalu membuat Haruto bersemangat saat pertandingan bisbol. Hazuki membalas lagi pernyataan cinta Haruto sebelumnya bahwa ia tidak bisa menjadi kekasihnya sekarang karena saat musim semi tiba, Hazuki mulai kuliah di Hyōgo dan Haruto mulai bekerja sehingga sulit untuk memikirkan satu sama lain. Haruto bersikeras, tetapi Hazuki menginginkan mereka berdua tenang dulu dan ketika saatnya tiba, Hazuki ingin menjadi kekasih Haruto. Sementara itu, Mio ingin memberikan coklat kepada Eita, tetapi ia tidak bisa setelah melihat latar belakang ponsel Eita, yaitu foto Ena, yang dipajang karena keusilan Ena sehingga Mio langsung meninggalkan Eita. Tidak lama, setelah itu, Mio menyadari bahwa perasaan yang dimilikinya begitu tulus.
11"Roundabout"Kazuomi Koga, Yūsuke Sunouchi21 Desember 2017 (2017-12-21)
Mio memutuskan untuk mengungkapkan perasaannya setelah ia lulus ujian masuk universitas. Eita juga ingin mengungkapkan perasaannya setelah ia lulus ujian masuk. Pada hari ujian masuk universitas, Eita memilih universitas pilihan pertama Mio, Universitas Suizan. Pada saat terakhir, Mio mengubah universitas pilihannya menjadi Universitas Joei, yang merupakan universitas Eita. Eita fokus pada ujian tanpa menyadarinya. Mio juga mengikuti ujian tanpa menyadarinya. Ujian telah berakhir hingga hari pengumuman kelulusan akhirnya tiba. Sementara itu, Ena mendapatkan hasil dari kompetisi fotografi.
12"Get set, go!"Atsushi Kobayashi, Erkin Kawabata, Mitsuhiro Yoneda28 Desember 2017 (2017-12-28)
Mio lulus ujian masuk universitas pilihan pertamanya, Universitas Joei. Lalu hari kelulusan pun tiba. Mio ingin berbicara dengan Eita, tetapi karena ia tidak dapat menemukan Eita, Mio meninggalkan pesan bahwa ia menunggunya. Eita sebenarnya mengetahui pesan dari Mio, tetapi ia tidak mau membacanya. Eita mencoba ujian masuk Universitas Suizan, tetapi ia gagal sehingga ia berpikir ia tidak pantas untuk bertemu dengan Mio. Haruto bertemu dengan Eita setelah upacara kelulusan dan Eita mencoba memenangkan pertandingan untuk terakhir kalinya. Eita sebagai pemukul, memukul bola sejauh yang ia bisa di awal musim semi. Eita memberitahu Ena bahwa ia senang ketika Ena menyatakan perasaan kepadanya tetapi ia menolak Ena karena ada orang lain yang disukainya. Setelah Eita pergi, Ena mulai menangis di ruang klub. Sebulan kemudian, Eita kuliah di Universitas Joei dan bertemu Mio. Eita menyatakan cintanya kepada Mio dan ia juga mencintai Eita.

Novel[sunting | sunting sumber]

Anime Just Because! diadaptasi menjadi novel yang dimuat dalam majalah Da Vinci terbitan Kadokawa sejak edisi bulan Oktober 2017 (yang dirilis pada tanggal 6 September).[17] Bab pertamanya menceritakan prolog dari seri anime ini. Atsushi Kobayashi membuat ilustrasi untuk novel tersebut.[18][19]

No.Tanggal rilis ISBN
1 25 November 2017[20]ISBN 978-4-04-893384-1

Manga web[sunting | sunting sumber]

Sebuah manga web spin-off yang diilustrasikan oleh Kamaboko RED diperbarui di akun Twitter resmi anime. Masing-masing bagian terdiri dari dua halaman.[21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Fall 2017 Anime Preview Guide - Just Because!". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 Mei 2019. 
  2. ^ "Hajime Kamoshida and Kiseki Himura Team Up For Original Anime". Crunchyroll. 16 Mei 2017. Diakses tanggal 27 Mei 2017. 
  3. ^ "Pet Girl of Sakurasou Creator, Sword Art Online: Progressive Manga Artist's Original Anime 'Just Because!' Revealed". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Mei 2017. 
  4. ^ a b c d e f "'Just Because!' Anime Reveals 5 Main Cast Members". Anime News Network. 28 Juli 2017. Diakses tanggal 28 Juli 2017. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n "Just Because! Anime's English Dub Cast Revealed". Anime News Network. 16 Januari 2019. Diakses tanggal 16 Januari 2019. 
  6. ^ a b c d e f g h i "'Just Because!' Original Anime Reveals Additional Cast". Anime News Network. 15 September 2017. Diakses tanggal 15 September 2017. 
  7. ^ "Anime/Manga/Game Industry Celebrates April Fool's Day 2017 - Part III". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Mei 2017. 
  8. ^ "Pet Girl of Sakurasou Creator, Sword Art Online: Progressive Manga Artist Work on New Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 29 Mei 2017. 
  9. ^ 【鴨志田一×比村奇石】オリジナルアニメ「Just Because!」の詳細きたぞおおおおおお. オタク (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Mei 2017. Diakses tanggal 27 Mei 2017. 
  10. ^ "'Just Because!' Original Anime's October Premiere Revealed". Anime News Network. 29 Juni 2017. Diakses tanggal 29 Juni 2017. 
  11. ^ "'Just Because!' Original TV Anime Premieres October 5". Anime News Network. 18 Agustus 2017. Diakses tanggal 18 Agustus 2017. 
  12. ^ 2017年10月放送開始のオリジナルTVアニメ『Just Because!』、OPテーマはやなぎなぎ、EDテーマはヒロインキャラクターたちが歌唱. moca news (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 5 Agustus 2017. 
  13. ^ "Just Because! Anime's Trailers Preview Opening, Ending Theme Songs". Anime News Network. 2 Oktober 2017. Diakses tanggal 2 Oktober 2017. 
  14. ^ "Sentai Filmworks Licenses Just Because! Anime For Anime Strike Stream". Anime News Network. 28 September 2017. Diakses tanggal 28 September 2017. 
  15. ^ "Sentai Filmworks Official February 2019 Slate". Sentai Filmworks. 15 November 2018. Diakses tanggal 16 Januari 2019. 
  16. ^ "Just Because!". Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Desember 2017. Diakses tanggal 26 Oktober 2017. 
  17. ^ "'Just Because!' Original Anime Gets Serialized Novel". Anime News Network. September 7, 2017. Diakses tanggal 29 September 2017. 
  18. ^ 鴨志田一×比村奇石「Just Because!」10月放送决定 「ダ・ヴィンチ」では原作小説連載. アニメハック (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 29 Juli 2017. 
  19. ^ 雑誌『ダ・ヴィンチ』にて原作小説連載決定!. 「Just Because!」公式サイト (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 29 Juli 2017. 
  20. ^ "Just Because! (novel)". Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 16 Januari 2019. 
  21. ^ Just Because !公式 [@JustBecause_JP] (6 Oktober 2017). "Just Because!短編スピンオフ応援マンガ第一弾はかまぼこREDさん( @_kamaboko_ )にいただきました。毎日更新いたします。お楽しみに! 応援マンガ(かまぼこRED①) #応援マンガ #JB" (Tweet). Diakses tanggal 5 Februari 2020 – via Twitter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]