Home run

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Barry Lamar Bonds (kanan) memegang rekor home run musim tunggal dan selamanya yang diakui secara resmi di Major League Baseball.

Dalam bisbol, home run diberi skor bila bola dipukul dengan cara tertentu sehingga si pemukul bisa mengelilingi lapangan, berakhir di home plate dan mencatat skor untuk diri sendiri dan setiap pemain yang telah ada di base, tanpa kesalahan oleh tim bertahan dalam permainan itu. Dalam bisbol modern, prestasi ini biasanya dicapai dengan memukul bola keluar pagar lapangan di antara tiang penalti (atau bersentuhan dengan tiang penalti lain) tanpa menyentuh tanah, mengakibatkan home run otomatis.

Ketika home run dicatat, si pemukul juga dinilai atas pukulan dan lari, dan RBI untuk setiap pelari yang mencetak skor, termasuk pemukul itu juga. Demikian juga, pelempar dicatat telah melepaskan sebuah pukulan, sebuah lari bagi tiap pelari yang mencetak skor termasuk pemukul, dan lari didapat bagi pemukul dan seluruh pelari base yang awalnya tak mencapai base karena kesalahan, kecuali bagi lari yang dicatat oleh tiap pelari yang mencapai base sementara menghadapi pelempar awal diberikan pada pelempar itu.

Home run adalah salah satu aspek terpopuler dalam bisbol dan sebagai akibatnya pemukul home run kawakan akan terkenal di antara penggemar bisbol dan paling banyak dibayar oleh tim. Hal itu memunculkan perkataan lama, yang dikaitkan pada Ralph McPherran Kiner atau pada anggota tim yang berbicara tentang Kiner, "Pemukul home run mengendarai Cadillac, dan pemukul tunggal mengendarai Ford."

Lihat juga[sunting | sunting sumber]