Rock psikedelis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rock psikedelis adalah salah satu jenis dari musik rock yang mencoba untuk menggambarkan orang yang sedang kecanduan atau dalam pengaruh obat-obatan.[1] Pada umumnya instrumen genre ini terdiri dari alat musik gitar elektrik, khususnya yang hanya memiliki 12 senar yang dijadikan sebagai 'jangle'-nya; menampilkan pula efek yang dibuat dalam suatu rumah studio.

Musik psychedelic (kadang-kadang disebut psychedelia) adalah beragam gaya dan genre musik populer yang dipengaruhi oleh psychedelia 1960-an, subkultur orang yang menggunakan obat-obatan psikedelik seperti LSD, jamur psilocybin, mescaline dan DMT yang mengalami halusinasi visual dan pendengaran, sinestesia dan kondisi kesadaran yang berubah. Musik psychedelic juga dapat bertujuan untuk meningkatkan pengalaman menggunakan obat-obatan ini.

Musik psychedelic muncul selama 1960-an di antara band-band folk dan rock di Amerika Serikat dan Inggris, menciptakan subgenre dari psychedelic folk, psychedelic rock, rock asam, dan pop psychedelic sebelum menurun pada awal 1970-an. Banyak penerus spiritual mengikuti dalam dekade-dekade berikutnya, termasuk rock progresif, krautrock, dan logam berat. Sejak tahun 1970-an, ada perkembangan yang mencakup funk psychedelic, neo-psychedelia, dan psychedelic hip hop, serta genre musik elektronik psychedelic seperti acid house, trance music, dan rave baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]