Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 7°39′57.2″S 109°39′28.6″E / 7.665889°S 109.657944°E / -7.665889; 109.657944

Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
Nama sebelumnya
Politeknik Dharma Patria Kebumen
MotoA Brief Lecture, Quick Work! (Bahasa Inggris)
Moto dalam bahasa Indonesia
Kuliah Singkat, Cepat Kerja!
JenisPerguruan tinggi swasta
Didirikan17 Mei 2002
DirekturAri Waluyo, S.ST., M.M., MOS[1]
Lokasi, ,
KampusJl. Letjend Suprapto No. 73, Kebumen, Jawa Tengah[2]
WarnaUngu  
Nama julukanKampus Ungu
AfiliasiPoliteknik Piksi Ganesha Bandung
Situs webwww.politeknik-kebumen.ac.id

Politeknik Piksi Ganesha Indonesia (sebelumnya bernama Politeknik Dharma Patria Kebumen), dikenal sebagai Kampus Ungu atau Kampus Polda, adalah perguruan tinggi swasta yang terdapat di kota Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Politeknik Piksi Ganesha Indonesia secara resmi dibuka pada tanggal 17 Mei 2002. Pada fase pertama Politeknik Piksi Ganesha Indonesia hanya mempunyai 4 (empat) jurusan, yaitu Jurusan Akuntansi, Teknik Elektronika, Teknik Mesin dan Teknik Otomotif dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik Piksi Ganesha Bandung.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Keberadaan Politeknik Piksi Ganesha Indonesia berawal dari obsesi para tokoh yayasan Bhineka Karya yang berdiri tanggal 17 Mei 2002 di Karanganyar dengan SK MENDIKNAS NO. 99/D/O/2002. Saat itu didirikan perguruan tinggi bernama Politeknik Dharma Patria Kebumen dengan menggunakan gedung SMK Bhina Karya 2 Karanganyar, yang masih satu yayasan dengan Bhineka Karya. Politeknik Dharma Patria Kebumen sendiri mempunyai 4 (empat) jurusan, yaitu Akuntansi, Teknik Elektronika, Teknik Mesin dan Teknik Otomotif. Peningkatan mahasiswa Politeknik Dharma Patria Kebumen dari tahun ke tahun cenderung meningkat, namun pada tahun 2011 terjadi konflik antar pengurus yayasan dan sampai akhirnya pada tahun 2011 Politeknik Dharma Patria Kebumen diakuisisi Politeknik Piksi Ganesha Bandung yang terletak di pusat kota kebumen yaitu di jalan Jendral Ahmad Yani No. 1 Kebumen.[3]

Pada bulan April 2011, mulailah pembukaan penerimaan mahasiswa baru. Dengan manajemen yang baru dan tidak kurang juga dari promosi, maka peminat calon mahasiswa baru sangat banyak dan ini peningkatan yang sangat signifikan di banding manajemen lama. Masyarakat, khususnya yang baru lulus SLTA sangat antusias sekali untuk mendaftar di kampus Politeknik Dharma Patria Kebumen. Bahkan bukan dari yang baru lulus SLTA saja, melainkan dari para pejabat desa seperti Lurah, Sekretaris Lurah, Kepala Desa serta Guru-Guru yang masih berpendidikan SMA, tertarik untuk mendaftar di Politeknik Dharma Patria Kebumen.

Untuk menunjukan komitmennya, pada tanggal 14 November 2012 lembaga telah meresmikan Gedung Rektorat Politeknik Dharma Patria Kebumen yang terletak di jalan Letjend Suprapto No. 73 Kebumen (samping Koramil Kebumen). Setelah peresmian kampus Politeknik Dharma Patria Kebumen, langsung kedatangan Asesor dari BAN-PT untuk visitasi akreditasi yang berlangsung selama 10 hari.

Politeknik Dharma Patria pada tanggal 16 Oktober 2021 resmi berganti nama menjadi Politeknik Piksi Ganesha Indonesia. Proses penyerahan surat keterangan perubahan nama dilakukan oleh Ketua Yayasan Piksi Ganesha Indonesia, Dr. K.H. Prihartono, A.H., Drs., S.Sos., M.Kom., M.M kepada Direktur Politeknik Piksi Ganesha.[4]

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Diploma III[sunting | sunting sumber]

  • Akuntansi Keuangan (AKE)
  • Teknik Elektronika dan Informatika Komputer (TEK)
  • Teknik Otomotif (TOM)
  • Teknik Elektro dan Rekam Medis (TERM)

Diploma IV/S1[sunting | sunting sumber]

  • Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik
  • Sistem Informasi[5]

Sistem perkuliahan[sunting | sunting sumber]

Sistem perkuliahan di Politeknik Dharma Patria Kebumen terbagi menjadi empat kategori kelas, yaitu kelas reguler, karyawan, weekend dan taruna. Sedangkan jam perkuliahan mahasiswa dibagi menjadi dua macam, yaitu kelas Pagi (08.00 s/d 17.00) dan Malam (17.00 s/d 21.30).

Program Double Degree[sunting | sunting sumber]

Politeknik Dharma Patria Kebumen mengadakan program double degree sejak tahun 2012. Mahasiswa membutuhkan sekitar 3,5 tahun untuk menyelesaikan studinya. Mahasiswa mengambil dua jurusan dengan program studi yang sama. Jurusan yang dapat mengambil program double degree, yaitu dari program studi Diploma III Akuntansi semua jurusan dan program studi Diploma III Teknik Elektronika hanya dari jurusan Teknik Elektro dan Informatika Komputer (TEK). Lulusan dari double degree, nantinya akan memperoleh dua gelar, yaitu dari Diploma III dengan gelar Ahli Madya Terapan (A.Md.T.) dan Diploma IV/S1 dengan Sarjana Sains Terapan (S.ST.).

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Hampir keseluruhan fasilitas yang ada di Kampus Ungu untuk mahasiswanya, semua ruangan yang meliputi kelas, laboratorium dan perpustakaan menggunakan (Air Conditioner) atau Penyejuk udara dan menggunakan alat pemantau Televisi sirkuit tertutup.

Gedung Rektorat[sunting | sunting sumber]

Gedung Rektorat Politeknik Dharma Patria Kebumen berlantai tiga dan dengan tempat parkir bergaya basement terletak di tengah kota Kebumen Jl. Letjend Suprapto No. 73 Kebumen.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Mungkin ini adalah salah satu perpustakaan dengan konsep unik dan pertama di seluruh politeknik yang ada di Indonesia untuk gaya duduknya. Yaitu dengan menggunakan konsep duduk lesehan seperti ketika di jajanan kuliner pinggir jalan yang ada di Kebumen, mengingat gaya orang Kebumen yang juga senang dengan duduk lesehan. Tempat ini juga sering digunakan oleh mahasiswa tidak hanya untuk mencari dan membaca buku, tetapi juga sebagai tempat berbagi pemikiran antar mahasiswa, di dalam perpustakaan dilarang membawa makan dan rokok untuk kenyamanan antar pengunjung.

Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini, Kampus Ungu memiliki kurang lebihnya tujuh laboratorium yang digunakan oleh mahasiswa untuk menunjang keterampilan dalam bidang yang digelutinya. Antara lain

  • Laboratorium Komputer (tiga ruangan)
  • Laboratorium Elektronika (dua ruangan)
  • dan, Laboratorium Program Studi Akuntansi (dua ruangan)

Koneksi Internet dan Komputer Umum[sunting | sunting sumber]

Koneksi internet dengan menggunakan jaringan WiFi, mahasiswa dapat mengaksesnya dengan gratis dari pagi hingga malam. Koneksi ini tidak untuk publik karena menggunakan proteksi kata sandi dan hanya untuk area sekitar kampus saja.

Komputer umum yang terletak di lobi lantai satu dan bebas digunakan oleh seluruh mahasiswa Kampus Ungu yang ingin menggunakannya. Komputer umum ini paling sering digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Struktur Organisasi Politeknik Dharma Patria Kebumen". Situs Resmi Politeknik Dharma Patria. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-08. Diakses tanggal 23 April 2020. 
  2. ^ "Lokasi Politeknik Dharma Patria Kebumen". Situs Resmi Politeknik Dharma Patria. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-08. Diakses tanggal 23 April 2020. 
  3. ^ a b "Profil Politeknik Dharma Patria Kebumen". Situs Resmi Ayokuliah.id. Diakses tanggal 11 Mei 2020. 
  4. ^ Faghan, Liza Puspaloka. "Politeknik Dharma Patria Berubah Nama, Seiring Bertambahnya Program Studi Baru". Pikiran-Rakyat.com. Diakses tanggal 2022-01-19. 
  5. ^ "Program Studi Politeknik Dharma Patria Kebumen". Situs Resmi Politeknik Dharma Patria. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-08. Diakses tanggal 23 April 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]