Pinocchio (film aksi-hidup 2022)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pinocchio
Poster resmi
SutradaraRobert Zemeckis
Produser
  • Andrew Milano
  • Chris Weitz
  • Robert Zemeckis
  • Derek Hogue
Skenario
Berdasarkan
Pinocchio Disney
Petualangan Pinokio
oleh Carlo Collodi
Pemeran
Penata musikAlan Silvestri
SinematograferDon Burgess[1]
Penyunting
  • Jesse Goldsmith
  • Mick Audsley
Perusahaan
produksi
DistributorDisney+
Tanggal rilis
  • 8 September 2022 (2022-09-08)
Durasi105 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Pinocchio adalah sebuah film fantasi musikal Amerika Serikat tahun 2022. Film ini disutradarai oleh Robert Zemeckis dari sebuah skenario oleh Zemeckis dan Chris Weitz. Film ini diproduksi oleh Walt Disney Pictures, merupakan remake live-action dari film animasi Walt Disney tahun 1940 dengan judul yang sama, yang juga didasarkan pada buku Italia tahun 1883 Petualangan Pinokio oleh Carlo Collodi. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Cynthia Erivo dan Luke Evans dengan Benjamin Evan Ainsworth, Joseph Gordon-Levitt, Keegan-Michael Key dan Lorraine Bracco dalam peran pengisi suara.

Pengembangan film live-action adaptasi Pinocchio resmi dimulai pada April 2015. Zemeckis dikukuhkan sebagai sutradara pada Januari 2020; Sam Mendes dan Paul King awalnya dipertimbangkan untuk mengarahkan film ini. Pada November 2018, dilaporkan bahwa Hanks sedang dalam pembicaraan awal untuk memerankan Geppetto dalam film ini; Hanks menolak proyek film ini setelah kepergian King tetapi dia bergabung kembali pada Agustus 2020. Pemeran lainnya diumumkan pada Januari dan Maret 2021. Pengambilan gambar utama dimulai pada Maret 2021 sebelum selesai pada bulan berikutnya.

Pinocchio dirilis pada 8 September 2022 di layanan streaming Disney+, sebagai bagian dari Disney+ Day. Film ini dikritik oleh para kritikus karena kurangnya perbaikan dari adaptasi sebelumnya, dengan banyak yang menganggapnya lebih kurang dari aslinya tahun 1940, meskipun visual dan beberapa penampilan dipuji.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di sebuah desa kecil di Italia pada tahun 1895, jangkrik gelandangan Jiminy Cricket, memasuki rumah seorang duda pemahat kayu tua bernama Geppetto, yang tinggal bersama anak kucing peliharaannya Figaro dan ikan mas Cleo. Geppetto telah menyelesaikan pekerjaan pada boneka yang terinspirasi dari putranya yang telah meninggal, yang ia beri nama Pinokio. Sebelum tertidur, Geppetto membuat permintaan pada bintang jatuh.

Malamnya, bintang itu secara ajaib menghidupkan Pinokio dan dia langsung dikunjungi oleh Peri Biru yang mengatakan kepada Pinokio bahwa jika dia bertindak berani, jujur, dan tidak egois, dia bisa menjadi anak laki-laki sejati. Peri Biru juga menunjuk Jiminy sebagai hati nurani Pinokio untuk mengajarinya benar dan salah. Ketika Geppetto terbangun dan menemukan Pinokio hidup, dia pada awalnya terkejut, tetapi menjadi sangat gembira.

Setelah beberapa hari, Geppetto mengirim Pinokio ke sekolah. Namun, Pinokio didekati oleh penipu rubah "Jujur" John dan pasangan kucingnya Gideon. John yang jujur ​​meyakinkan Pinokio bahwa dia harus menjalani kehidupan yang terkenal untuk benar-benar menjadi anak laki-laki sejati, tetapi sebenarnya John berencana untuk menjual Pinokio kepada master boneka Stromboli. Jiminy, dengan bantuan seekor burung camar bernama Sofia, meyakinkan Pinokio untuk melanjutkan sekolah, tetapi Pinokio diusir oleh kepala sekolah karena dia boneka. Pinokio memutuskan untuk pergi ke Stromboli, sementara John meletakkan mengurung Jiminy di toples kaca. Geppetto, Figaro, dan Cleo pergi mencari Pinokio ketika dia tidak pulang untuk makan malam.

Di teater Stromboli, Pinokio berteman dengan salah satu karyawan Stromboli, Fabiana dan bonekanya Sabina. Pinokio menampilkan pertunjukan yang bagus untuk banyak orang, tetapi Stromboli menguncinya di dalam sangkar burung untuk mencegahnya pergi. Jiminy akhirnya bebas dari toples, dan Pinokio menyuruh Jiminy untuk mengambil kunci kandang dengan cara berbohong agar hidungnya tumbuh lebih panjang dan mencapai kunci yang tergantung.

Pinokio kemudian melarikan diri tetapi langsung diculik oleh seseorang dengan kereta kuda yang penuh dengan anak-anak. Semua anak-anak terebut akan ke Pulau Kesenangan, di mana perilaku buruk dibolehkan. Sesampai di sana, Pinokio terganggu oleh kebrutalan yang dilakukan anak-anak, dan ia ditemani dengan anak laki-laki yang tidak bertanggung jawab bernama Lampwick. Jiminy, yang berpisah lagi dengan Pinokio, mengetahui bahwa semua anak-anak telah berubah menjadi keledai dan pemilik Pulau Kesenangan menjual mereka dengan bantuan dari antek bayangan yang tertutup kabut. Pinokio menyaksikan transformasi Lampwick di aula biliar saat Pinokio juga mendapatkan telinga dan ekor keledai. Pinokio dan Jiminy melarikan diri dari pulau sebelum pemilik dan anak buahnya bisa menangkap mereka.

Pinokio dan Jiminy berhasil kembali ke rumah Geppetto, tetapi rumah kosong dan mengetahui bahwa Sofia memberi Gepeto selebaran Pulau Kesenangan untuk memberi tahu Gepeto di mana Pinokio berada. Gepeto menjual semua jamnya untuk membeli perahu untuk pergi ke Pulau Kesenangan. Pinokio bertemu kembali dengan Fabiana dan Sabina yang mengatakan kepadanya bahwa Stromboli telah ditangkap oleh polisi karena menyalahgunakan karyawannya dan Fabiana telah mengambil alih pertunjukan bonekanya. Mereka menawarkan Pinokio untuk bergabung dengan mereka, tetapi Pinokio menolak, ingin menyelamatkan ayahnya, yang membuat telinga dan ekor keledainya menghilang.

Sofia menarik tali untuk Pinokio agar dapat berjalan di laut, di mana mereka langsung menemukan Geppetto dengan perahunya. Saat mereka bersatu kembali, mereka ditelan oleh monster laut raksasa bernama Monstro. Mereka berlindung di perahu raksasa di perut Monstro dan Pinokio mendapat ide untuk membuatnya bersin dengan menyalakan api di dalam diri Monstro. Rencananya berhasil, tetapi Monstro mengejar mereka yang berakhir dengan menabrak lubang tebing dan tampaknya membunuh Geppetto.

Percaya ayahnya telah meninggal, Pinokio bersedih dan air mata ajaib jatuh dari matanya ke wajah Geppetto, menghidupkannya kembali. Geppetto memberi tahu Pinokio bahwa meskipun menjadi boneka, dia telah membuktikan dirinya sebagai anak laki-laki sejati. Jiminy menceritakan bahwa cerita telah tersebar tentang Pinokio yang menjadi anak laki-laki sesungguhnya, tetapi tidak mengkonfirmasi hal tersebut, menekankan bahwa Pinokio memiliki hati yang berani, jujur ​​dan tidak egois. Pinokio dan Geppetto berangkat pulang ke rumah saat anggota tubuh Pinokio tampak berubah menjadi manusia.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Tom Hanks sebagai Geppetto
  • Benjamin Evan Ainsworth sebagai pengisi suara Pinokio
  • Joseph Gordon-Levitt sebagai pengisi suara Jiminy si Jangkrik
  • Keegan-Michael Key sebagai pengisi suara John yang "Jujur"
  • Lorraine Bracco sebagai pengisi suara Sofia si Burung Camar
  • Cynthia Erivo sebagai Peri Biru
  • Luke Evans sebagai The Coachman, pemilik Pulau Kesenangan.
  • Giuseppe Battiston sebagai Stromboli
  • Kyanne Lamaya sebagai Fabiana
  • Jaquita Ta'le sebagai pengisi suara Sabina
  • Angus Wright sebagai Signore Rizzi
  • Sheila Atim sebagai Signora Vitelli
  • Lewin Lloyd sebagai Lampwick
  • Jamie Demetriou sebagai Kepala sekolah

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 26% dari 167 ulasan kritikus merupakan positif, dengan peringkat rata-rata 4,7/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi, "Secara visual mempesona tetapi tidak berjiwa, Pinocchio yang sebagian besar menegaskan kembali bahwa Anda harus selalu membiarkan hati nurani Anda menjadi pemandu Anda... jauh dari pembuatan ulang yang seharusnya tidak perlu."[2] Metacritic menetapkan film ini dengan skor rata-rata tertimbang 38 dari 100, berdasarkan 36 kritikus, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya tidak menguntungkan."[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "DON BURGESS, ASC Director of Photography" (PDF). The Gersh Agency. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal August 31, 2021. Diakses tanggal August 31, 2021. 
  2. ^ "Pinocchio – Rotten Tomatoes". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2022-10-05. 
  3. ^ "Pinocchio (2022): Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 2022-10-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]