Flight (film 2012)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Flight
Flight film poster.jpg
Poster film Flight
Sutradara Robert Zemeckis
Produser Laurie MacDonald
Walter F. Parkes
Jack Rapke
Steve Starkey
Robert Zemeckis
Skenario John Gatins
Pemeran Denzel Washington
Don Cheadle
Kelly Reilly
John Goodman
Bruce Greenwood
Brian Geraghty
Tamara Tunie
Melissa Leo
Musik Alan Silvestri
Sinematografi Don Burgess
Penyunting Jeremiah O'Driscoll
Perusahaan
produksi
Parkes + MacDonald Productions
ImageMovers
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
Durasi
138 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $31 juta[2]
Pendapatan kotor $161,772,375[3]

Flight adalah film drama thriller Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Robert Zemeckis dan diproduseri oleh Laurie MacDonald, Walter F. Parkes, Jack Rapke, Steve Starkey dan Robert Zemeckis. Naskah film ini ditulis oleh John Gatins. Film ini dibintangi oleh Denzel Washington, Don Cheadle, Kelly Reilly, John Goodman, Bruce Greenwood, Brian Geraghty, Tamara Tunie dan Melissa Leo.

Film Flight merupakan film kolaborasi kedua Denzel Washington dan John Goodman setelah film Fallen. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film New York pada tanggal 14 Oktober 2012[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 2 November 2012.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kapten pilot penerbangan William "Whip" Whitaker Sr. (Denzel Washington) menggunakan kokain agar bangun setelah tidur nyenyak di kamar hotelnya di Orlando. Ia menerbangkan pesawat jenis SouthJet Flight 227 ke Atlanta, yang mengalami turbulensi parah saat lepas landas. Kopilot Ken Evans (Brian Geraghty) mengambil alih sementara Whip diam-diam mencampur vodka dengan jus jeruk dan tidur siang. Whip tersentak bangun saat pesawat condong dalam posisi vertikal dan sempat terbang dalam posisi terbalik. Karena tidak bisa mendapatkan kembali kendali, Whip dipaksa melakukan pendaratan kecelakaan terkontrol di lapangan terbuka yang membuat Whip kehilangan kesadaran.

Sementara itu, pecandu heroin Nicole Maggen (Kelly Reilly) hampir diusir. Ia overdosis pada heroin dan harus dibawa ke rumah sakit oleh seorang paramedis. Pesawat SouthJet Flight 227 terbang terbalik melintasi rumahnya di tengah pendaratan daruratnya.

Whip terbangun di sebuah rumah sakit di Atlanta dengan luka ringan dan disambut oleh teman lamanya Charlie Anderson (Bruce Greenwood), yang mewakili komunitas pilot penerbangan tersebut. Ia memberitahu Whip bahwa ia berhasil menyelamatkan 96 dari 102, kehilangan dua awak dan empat penumpang, namun ia memberitahu bahwa kopilotnya masih koma. Whip menyelinap pergi untuk merokok di tangga dan bertemu dengan Nicole, yang sudah sembuh dari overdosis heroin di rumah sakit yang sama. Keesokan paginya, teman Whip sekaligus pengedar narkoba Harling Mays (John Goodman) menjemputnya dari rumah sakit.

Setelah pensiun dan bekerja di peternakan ayahnya, Whip bertemu dengan Charlie dan pengacara Hugh Lang (Don Cheadle), yang menjelaskan bahwa National Transportation Safety Board (NTSB) melakukan uji narkoba saat ia tak sadarkan diri. Hasil penelitian menunjukkan Whip mabuk selama penerbangan. Hugh berjanji untuk mendapatkan laporan toksikologi dengan alasan teknis. Sementara itu, Whip berkunjung dan akrab dengan Nicole, namun kebiasaan minum Whip bertolak belakang dengan usaha Nicole untuk tetap bebas dari narkoba. Kemudian, ketika pemakaman anggota kru, ia mencoba untuk meyakinkan seorang pramugari yang masih hidup, Margaret Thomason (Tamara Tunie), untuk memberitahu NTSB bahwa ia sadar.

Whip berkunjung ke rumah kopilotnya Ken Evans setelah terbangun dari komanya. Ken kemungkinan telah kehilangan sebagian besar kemampuannya untuk berjalan dan mungkin tidak akan pernah menerbangkan pesawat terbang lagi. Meskipun ia kecewa, Ken tidak berniat memberitahu NTSB bahwa Whip sedang minum. Nicole memutuskan untuk menjauh dari Whip karena usaha Whip yang gagal untuk tetap sadar. Media mengejar Whip dan memergokinya mabuk setelah ia secara spontan berkendara ke rumah mantan istri dan putranya, di mana mereka membencinya. Ia tinggal bersama Charlie hingga sidang NTSB, bersumpah untuk tidak minum. Malam sebelum sidang, Charlie dan Hugh memindahkan Whip ke kamar hotel yang dijaga tanpa alkohol. Meskipun bar kecilnya kosong, Whip menemukan pintu ke ruangan yang berdekatan dan tidak terkunci dan menemukan bar kecilnya.

Whip ditemukan oleh Charlie keesokan paginya, pingsan dan masih mabuk. Harling datang dan menyadarkan Whip dengan kokain. Pada persidangan, penyidik dan pemimpin NTSB Ellen Block (Melissa Leo) menjelaskan bahwa kemudi angkat yang rusak dan dipasang jackscrew adalah penyebab utama kecelakaan itu. Ia memuji Whip dengan keberanian dan keahliannya dan mencatat bahwa tidak ada satupun pilot yang bisa mendaratkan pesawat tersebut dalam simulasi percobaan kecelakaan itu. Ia kemudian mengungkapkan bahwa dua botol vodka kosong yang ditemukan di tempat sampah pesawat, meskipun faktanya bahwa minuman tersebut tidak boleh disajikan untuk penumpang, dan tes Whip tidak disertakan karena alasan teknis. Satu-satunya anggota kru yang teruji positif alkohol adalah Trina (Nadine Velazquez), yang meninggal dalam kecelakaan itu dan menghabiskan malam sebelumnya dengan Whip. Whip, yang tidak mampu menyalahkan Trina atas tindakannya, mengaku mabuk pada saat kecelakaan itu terjadi.

Tiga belas bulan kemudian, Whip yang dipenjara menyampaikan kepada sekelompok pendukung narapidana bahwa ia senang untuk sadar dan tidak menyesal melakukan hal yang benar. Whip terlihat melihat foto-foto Nicole, keluarga dan teman-temannya di dinding selnya, bersama dengan kartu ucapan selamat kepadanya karena mabuk selama setahun. Ia sedang bekerja untuk membangun kembali hubungannya dengan putranya, yang berkunjung dan berbicara dengannya tentang esai tugas kuliah tentang "orang paling berpengaruh yang belum pernah saya temui." Putranya mulai bertanya, "Siapa Anda?" Saat sebuah pesawat terbang melintas di atas kepala mereka, Whip menjawab, "Itu pertanyaan yang bagus."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Denzel Washington sebagai William "Whip" Whitaker, Sr.
  • Don Cheadle sebagai Hugh Lang
  • Kelly Reilly sebagai Nicole Maggen
  • Bruce Greenwood sebagai Charlie Anderson
  • John Goodman sebagai Harling Mays
  • Melissa Leo sebagai Ellen Block
  • Tamara Tunie sebagai Margaret Thomason
  • Nadine Velazquez sebagai Katerina "Trina" Márquez
  • Brian Geraghty sebagai Ken Evans
  • Peter Gerety sebagai Avington Carr
  • Garcelle Beauvais sebagai Deana Coleman
  • Justin Martin sebagai Will Whitaker, Jr.
  • James Badge Dale sebagai pemuda kurus
  • Piers Morgan sebagai diri sendiri

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Flight mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 78%, berdasarkan 225 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Flight mendapatkan $93,772,375 di Amerika Utara dan $68,000,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $161,772,375, melebihi anggaran produksi film $31 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $24,900,566, menempati posisi kedua di box office di belakang film Wreck-It Ralph.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McCarthy, Todd (15 Oktober 2012). "Flight: New York Film Festival Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 24 Oktober 2012. 
  2. ^ Horn, John (20 Oktober 2012). "How the movie 'Flight' got off the ground". Los Angeles Times. Diakses tanggal 4 November 2012. 
  3. ^ a b c "Flight (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  4. ^ Rosen, Christopher (November 17, 2012). "'Flight' At New York Film Festival: Denzel Washington Praised For Strong Performance In Robert Zemeckis Film". The Huffington Post. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  5. ^ Barnett, Laura (February 11, 2013). "A pilot's view on Flight". The Guardian. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  6. ^ "Flight (2012)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  7. ^ "Flight reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]