Maleficent: Mistress of Evil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maleficent: Mistress of Evil
Maleficent Mistress of Evil (Official Film Poster).png
Poster resmi
SutradaraJoachim Rønning
Produser
Penulis skenario
Penulis cerita
  • Linda Woolverton
Didasarkan
dari
Pemeran
Penata musikGeoff Zanelli
SinematograferHenry Braham
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 18 Oktober 2019 (2019-10-18)[1]
Durasi118 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaEnglish

Maleficent: Mistress of Evil adalah film petualangan fantasi gelap Amerika Serikat yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures, disutradarai oleh Joachim Rønning, dan ditulis oleh Linda Woolverton, Micah Fitzerman-Blue, dan Noah Harpster. Film ini merupakan sekuel dari film Maleficent 2014, dengan Angelina Jolie kembali untuk memerankan peran judul. Elle Fanning, Sam Riley, Imelda Staunton, Juno Temple, dan Lesley Manville juga kembali ke peran sebelumnya, dengan Harris Dickinson menggantikan Brenton Thwaites dari film pertama dan Chiwetel Ejiofor, Ed Skrein, dan Michelle Pfeiffer bergabung sebagai pemeran sebagai karakter baru.

Setelah perilisan film pertama pada Mei 2014, Jolie menyatakan akan ada film sekuel. Proyek ini secara resmi diumumkan pada bulan Juni berikutnya dan Jolie ditandatangani pada bulan April 2016. Rønning, yang ikut menyutradarai Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (2017) untuk Disney, juga ikut menyutradarai film tersebut pada Oktober 2017 dan sisa pemerannya ditambahkan atau dikonfirmasi pada Mei 2018, dengan pembuatan film dimulai bulan itu, di Pinewood Studios, Britania Raya, berlangsung hingga Agustus.

Maleficent: Mistress of Evil dijadwalkan akan dirilis pada 18 Oktober 2019.

Alur[sunting | sunting sumber]

Lima tahun sejak kematian Raja Stefan, Aurora telah memerintah sebagai Ratu Moors, dengan Maleficent sebagai penjaga dan pelindung Moors. Terlepas dari pengabdiannya, kerajaan tetangga bernama Ulstead, rumah bagi Pangeran Phillip, menganggap Maleficent sebagai penjahat, sementara ayah Phillip Raja John menginginkan perdamaian. Ibunya, Ratu Ingrith diam-diam telah mempersiapkan senjata perang. Di ruang tersembunyi kastil, pekerja membuat senjata dan amunisi dari besi, yang mematikan bagi semua peri. Diaval, gagak kepercayaan Maleficent, mendengar pembicaraan mereka dan mengetahui bahwa Phillip melamar Aurora dan Aurora menerima lamarannya. Diaval langsung terbang dan memberi tahu Maleficent. Maleficent sangat marah.

"Don't ruin my morning!"

"Jangan merusak pagiku!"

Maleficent terbang dengan marah, membuat beberapa peri kecil terlempar karena kepakan sayapnya. Maleficent menyarankan agar Aurora menolak pernikahan, karena Maleficent percaya bahwa cinta hanya akan berambang kehancuran. Tetapi, Aurora yang tidak setuju pun bersumpah untuk membuktikan bahwa dia salah.

Orang tua Phillip mengadakan makan malam yang akrab. Setelah mengundang Aurora, Maleficent, dan Diaval. Maleficent terus memendam kemarahannya dalam dirinya saat Ingrith mengejeknya sepanjang malam dengan mengulangi cerita tidak benar, yang membuat manusia percaya bahwa dia jahat. Contohnya, kisah kutukan tidur Maleficent pada Aurora hanyalah setengah dari kebenaran, karena tidak ada yang pernah diberitahu seluruhnya, dan kebenaran tentang Aurora yang dicintainya dan mengorbankan dirinya untuk mengangkat kutukan. Ingrith menyinggung kematian Stefan sebagai pembunuhan, dan secara terbuka mengklaim Maleficent membunuh dua manusia pemburu peri yang terakhir terlihat di dekat Moors. Maleficent menanggapi dengan sangat dingin bahwa manusia telah menculik peri, dan mengisyaratkan bahwa dia percaya perintah untuk melakukannya berasal dari Raja atau Ratu.

Ingrith memancing kemarahan Maleficent dengan menyuruhnya melepaskan ikatan keibuannya dengan Aurora dan mengklaim bahwa pernikahan tersebut akan menjadikan Ingrith sebagai ibu kandungnya, yang mana Maleficent bereaksi dengan marah melepaskan semburan energi magis. John tiba-tiba pingsan, dan Ingrith menuduh Maleficent mengutuknya, Phillip mendesak ibunya untuk mencoba membangunkan John dengan ciuman. Ingrith keberatan, dan usahanya yang gagal karena dia tidak mencintai suaminya, terutama karena pandangan mereka yang berbeda tentang perdamaian dan perang.

Maleficent dengan kesal atas tuduhan Ingrith pun mengajak Aurora untuk pulang, namun Aurora percaya pada Ingrith dan menyalahkan Maleficent. Maleficent merasa sakit hati karena ia sudah disakiti oleh Stefan dan Aurora. Saat Maleficent melarikan diri dari kastil, tangan kanan Ingrith, Gerda, menembak Maleficent dengan peluru besi. Terluka, Maleficent jatuh ke laut, lalu ia diselamatkan oleh makhluk bersayap besar dan bertanduk yang misterius. Dia terbangun di sebuah gua tempat peri seperti dirinya bersembunyi. Di antara mereka adalah Conall, pemimpin kedamaian mereka yang menyelamatkan Maleficent, dan Borra, peri suka perang yang mendukung konflik terbuka dengan manusia, yang membunuh para pemburu di dekat Moors. Maleficent adalah salah satu makhluk terakhir yang dikenal sebagai Dark Fey, peri kuat yang dipaksa bersembunyi dan hampir punah karena penindasan manusia. Dia juga merupakan keturunan terakhir dari Phoenix, leluhur Dark Fey kuno yang sangat kuat. Dia harus melewati tahapan tertentu untuk memendam potensi penuhnya. Ketika dia membesarkan manusia, dia menyelesaikan tahap awal dan Conall bersikeras pada Maleficent untuk memaafkan Aurora, agar mendapatkan tahap phoenix terakhirnya, tetapi Maleficient yang sudah terlanjur sedih pun tidak setuju. Karena sihir Maleficent begitu dahsyat, Conall dan Borra yakin dirinya berperan penting dalam mengakhiri konflik dengan manusia, baik dengan cara damai maupun perang.

Sementara itu, penghuni magis dari bangsa Moor diundang ke pernikahan kerajaan, tetapi Aurora menjadi kecewa dengan menjadi seorang wanita bangsawan Ulstead. Kemudian, beberapa manusia memasuki bangsa Moor untuk mengumpulkan bunga untuk digunakan sebagai senjata melawan Dark Fey. Merasakan ini, Maleficent dan Para Dark Fey pergi ke Moors untuk melindungi bunga, tetapi mereka disergap, dan Conall terbunuh, mendorong Borra untuk menyatakan perang terhadap manusia. Aurora menemukan bahwa Ingrith mengutuk John menggunakan poros kutukan lama Maleficent, karena dia membenci semua peri bangsa Moor. Dia menghadapi Ingrith, yang mengungkapkan bahwa dia sangat membenci kemakmuran bangsa Moor selama kerajaannya menderita, dan juga menyalahkan mereka atas kematian saudara laki-lakinya; dia berencana untuk membasmi semua peri dan makhluk hutan menggunakan senjata besi serta bubuk merah mematikan yang dikembangkan oleh Lickspittle, peri yang tidak bersayap. Ketika orang-orang Moors tiba, mereka terjebak di dalam kapel kastil.

Atas perintah Ingrith, Gerda melepaskan bubuk merah mematikan dengan memainkan organ kapel. Peri Flittle tanpa pamrih mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan semua orang sebagai upaya terakhir dengan menyumbat saluran organ piano, membuatnya tidak dapat dimainkan, Flittle mati dan berubah menjadi tanaman, sementara teman-temannya, Knotgrass dan Thistlewit menyerang Gerda karena sahabat mereka mati karena Gerda, menyebabkan Gerda jatuh dari atas dan mati. Para Dark Fey melancarkan serangan ke Ulstead tetapi tentara istana mulai membantai mereka sampai Maleficent, menyalurkan kekuatan Phoenix-nya, bergabung dalam pertempuran. Dia hampir membunuh Ingrith tetapi Aurora meminta kemanusiaan Maleficent untuk menyelamatkannya, dan menyatakan bahwa Maleficent adalah ibu satu-satunya. Dengan kelengahan Maleficent, Ingrith menembakkan panahnya. Maleficent menyelamatkan Aurora karena rasa sayang Maleficent pada Aurora lebih besar dari pada rasa bencinya. Maleficent terkena panah, mati, dan larut menjadi abu. Aurora menangis, menyesal, dan marah pada Ratu Ingrith karena telah menipunya. Tapi setelah air mata Aurora jatuh ke abu, Maleficent yang dihidupkan kembali mencapai tahap phoenix-nya, Maleficent bangkit dari kematian karena air mata kesedihan dan penyesalan Aurora.

Panik, Ingrith mendorong Aurora dari menara untuk membunuhnya, mendorong Maleficent untuk menyelamatkannya. Phillip menempa perdamaian antara peri dan manusia dan membuat tentara Ulstead mundur. Maleficent kembali ke bentuk peri dan akhirnya memberi restu pada Aurora dan Phillip, menyadari bahwa mereka saling memiliki. Lickspittle memutuskan untuk berhenti mengikuti perintah Ingrith dan memberi Maleficent spindel yang digunakan untuk mengutuk John; yang digunakan Maleficent pada sebelumnya, untuk mengutuk Aurora. Maleficent menghancurkan poros dan kutukannya, membangunkan John dari tidurnya. Saat dia melarikan diri, Ingrith dihentikan dan ditangkap oleh Borra dan Para Dark Fey lainnya. Sebagai hukuman atas kejahatannya, dia diubah menjadi kambing bertanduk oleh Maleficent sampai dia bisa menerima kedamaian di antara dua bangsa itu, yang tidak lain adalah bangsa Peri dan bangsa Manusia.

"Someone should really cover those horns.

"Seseorang harus benar-benar menutupi tanduk itu."

Setelah Aurora dan Philip menikah, Maleficent kembali ke Kerajaan Moors bersama para Dark Fey lainnya, mengajari peri-peri muda untuk terbang. Dia berjanji akan kembali untuk pembaptisan Aurora dan calon anak Philip[3][4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Juni 2014, setelah rilis film pertama, Angelina Jolie mengisyaratkan bahwa sekuel Maleficent adalah sebuah kemungkinan.[12] Pada 15 Juni 2015, Walt Disney Pictures mengumumkan bahwa sekuelnya sedang dibuat dan Linda Woolverton akan kembali untuk menulis skenario film tersebut. [13] Meskipun kembalinya Jolie ke sekuelnya belum pasti, naskah itu dimaksudkan untuk ditulis dengannya. Selain itu, Joe Roth dilaporkan kembali sebagai produser film. Pada 25 April 2016, Disney secara resmi mengkonfirmasi kembalinya Jolie sebagai karakter utama.[14] Pada 29 Agustus 2017, dilaporkan bahwa Jez Butterworth akan menulis ulang naskah Woolverton sementara Roth dipastikan kembali sebagai produser.[15] Pada bulan September 2017, Jolie menyatakan bahwa mereka "telah mengerjakan naskahnya dan ini akan menjadi sekuel yang sangat kuat."[16] Pada 3 Oktober 2017, Tenggat waktu melaporkan bahwa film ini akan disutradarai oleh Joachim Rønning dan akan mulai syuting pada kuartal pertama tahun 2018.[17]

Pemilihan peran[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2018, Ed Skrein berperan dalam film untuk memainkan peran penjahat utama, dengan Elle Fanning kembali bermain Putri Aurora dari film sebelumnya.[18] Michelle Pfeiffer juga ditambahkan sebagai karakter yang digambarkan sebagai ratu,[19] kemudian diklarifikasi menjadi ratu jahat[20] bernama Ratu Ingrith.[21]

Pada Mei 2018, diumumkan bahwa Harris Dickinson akan menggantikan Brenton Thwaites dalam peran Pangeran Phillip, karena konflik penjadwalan dengan aktor yang terakhir.[22] Kemudian juga dikonfirmasikan bahwa Jenn Murray, David Gyasi, Chiwetel Ejiofor dan Robert Lindsay juga bergabung dengan para pemeran. Sam Riley, Imelda Staunton, Juno Temple dan Lesley Manville juga dikonfirmasi untuk mengulangi peran mereka dari film sebelumnya.[23][24][25] Pada Juni 2018, Judith Shekoni bergabung dengan para pemain.[26]

Pengambilan film[sunting | sunting sumber]

Pengambilan gambar utama dimulai pada 29 Mei 2018, di Pinewood Studios di Buckinghamshire, Britania Raya.[25][27][28] Pembuatan film dibungkus pada 24 Agustus 2018.[29][30]

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Efek visual disediakan oleh Moving Picture Company dan Mill Film, diawasi oleh Jessica Norman, Damien Stumpf, Brian Litson, Ferran Domenech, dan Laurent Gillet, dengan Gary Brozenich menjabat sebagai Supervisor Keseluruhan.[31]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 22 Mei 2019, terungkap bahwa skor film akan disusun oleh Geoff Zanelli, menggantikan James Newton Howard dari film sebelumnya.[32] Film ini menandai kolaborasi kedua Zanelli dan Rønning, setelah Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales. Zanelli mengatakan bahwa "cerita di Maleficent: Mistress of Evil adalah fantastis", di mana ia mengatakan bahwa "menulis skor [film] adalah mimpi yang menjadi kenyataan". Pada 20 September 2019, lagu "You Can't Stop the Girl" oleh Bebe Rexha, dari soundtrack film, dirilis sebagai single.[33]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini akan dirilis pada 18 Oktober 2019 oleh Walt Disney Pictures,[1] berubah dari sebelumnya yang direncanakan rilis pada 29 Mei 2020.[34]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer teaser pertama untuk film ini dirilis pada 13 Mei 2019.[35] Pada 8 Juli 2019, trailer resmi untuk film ini dirilis, di mana karakter Ejiofor terungkap.[36] Pada tanggal 4 September, 2019 Disney merilis fitur di belakang layar di mana para pemeran berbicara tentang evolusi kepribadian Maleficent dan beberapa tantangan moral yang dihadapi masing-masing karakter dalam cerita.[37] Pada 10 September, Disney merilis scene hitam putih yang merinci proses tata rias wajah untuk mengubah Angelina Jolie menjadi Maleficent.[38]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat dan Kanada, Maleficent: Mistress of Evil akan dirilis bersama Zombieland: Double Tap dan diproyeksikan akan menghasilkan $ 45–50 juta dari 3.700 bioskop pada akhir pekan pembukaannya.[39]

Respon kritikus[sunting | sunting sumber]

Pada tinjauan aggregator situs Rotten Tomatoes, film ini mendapat nilai 51% berdasarkan 59 ulasan, dengan rata-rata tertimbang dari 5,34/10. Konsensus kritis situs itu berbunyi, "Meskipun jauh dari kutukan, Maleficent: Mistress of Evil terlalu jarang mendukung para pemeran dan visualnya yang mengesankan dengan dongeng ajaib yang cukup untuk membenarkan keberadaannya."[40] Pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata sebesar 44 dari 100, berdasarkan 19 kritik".[41]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b D'Alessandro, Anthony (March 6, 2019). "Angelina Jolie Sequel 'Maleficent 2' Moves Up To Fall 2019". Deadline Hollywood. Retrieved March 6, 2019.
  2. ^ "Maleficent: Mistress of Evil". AMC Theatres. Diakses tanggal September 18, 2019. 
  3. ^ http://www.wdsmediafile.com/media/Maleficent2/writen-material/Maleficent25d68435661132.pdf
  4. ^ http://www.wdsmediafile.com/media/Maleficent2/writen-material/Maleficent25d684363bd961.pdf
  5. ^ Eweniyi, Olanrewaju (July 9, 2019). "Watch: First Look At Chiwetel Ejiofor In The Trailer For The 'Maleficent' Sequel". Konbini. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-04. Diakses tanggal August 4, 2019. 
  6. ^ "30 Days why i am rewatching maleficent". laughingplace.com. Diakses tanggal September 5, 2019. 
  7. ^ Edwards, Chris (July 15, 2018). "My Family star Robert Lindsay teases his role in Disney's Maleficent 2". Digital Spy. Diakses tanggal July 28, 2018. 
  8. ^ "Warwick Davis to Host Star Wars Celebration Chicago 2019". StarWars.com. Diakses tanggal March 10, 2019. 
  9. ^ "Maleficent 2 star talks about Queen Ingrith's villainous plan". digitalspy.com. 2019-08-26. Diakses tanggal August 27, 2019. 
  10. ^ "John Carew". Panorama Agency. Diakses tanggal March 10, 2019. 
  11. ^ Punter, Jessica. "THE YOUNG BRITISH ACTORS TO WATCH IN 2019". Mr. Porter. Diakses tanggal May 24, 2019. 
  12. ^ Coonan, Clifford (August 10, 2018). "Angelina Jolie Hints at 'Maleficent' Sequel in China". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal June 3, 2014. 
  13. ^ Fleming Jr, Mike (June 15, 2015). "'Maleficent' Sequel On Disney Drawing Board As Linda Woolverton Makes Scripting Deal". Deadline Hollywood. Retrieved June 16, 2015.
  14. ^ Lang, Brent (April 25, 2016). "Disney Claims Dates for Several New Movies; Confirms 'Jungle Book 2,' 'Mary Poppins' Sequel". Variety. Retrieved April 26, 2016.
  15. ^ Sneider, Jeff (August 29, 2017). ""Maleficent 2" Moves Forward as Disney Taps "Spectre" Scribe Jez Butterworth to Rewrite Sequel (Exclusive)". The Tracking Board. Retrieved September 4, 2017.
  16. ^ Hammond, Pete (September 3, 2017). "Telluride Film Festival: Angelina Jolie On Directing, Netflix, Oscar & 'Maleficent'". Deadline Hollywood. Retrieved September 4, 2017.
  17. ^ Busch, Anita (October 3, 2017). "Joachim Rønning In Talks To Direct Disney's 'Maleficent 2'". Deadline Hollywood. Retrieved October 3, 2017.
  18. ^ Kroll, Justin (April 17, 2018). "Ed Skrein Lands Villain Role in 'Maleficent' Sequel (EXCLUSIVE)". Variety. Retrieved April 24, 2018.
  19. ^ Kroll, Justin (April 27, 2018). "Michelle Pfeiffer in Talks to Join Angelina Jolie in 'Maleficent 2' (EXCLUSIVE)". Variety. Retrieved April 29, 2018.
  20. ^ "The filming of Maleficent 2 has already begun!". Gobhy. May 4, 2018. Diakses tanggal May 24, 2019. 
  21. ^ Muller, Marissa (January 29, 2019). "Michelle Pfeiffer Gives the First Look at Her Maleficent 2 Character, Queen Ingrith". W. Diakses tanggal May 24, 2019. 
  22. ^ Kroll, Justin (May 2, 2018). "'Trust' Star Harris Dickinson to Play the Prince in Disney's 'Maleficent 2' (EXCLUSIVE)". Variety. Retrieved May 28, 2018.
  23. ^ Kroll, Justin (May 17, 2018). "'Fantastic Beasts' Actress Jenn Murray Joins 'Maleficent 2' (EXCLUSIVE)". Variety. Retrieved May 28, 2018.
  24. ^ Tartaglione, Nancy (May 23, 2018). "David Gyasi Joins Disney's 'Maleficent' Sequel". Deadline Hollywood. Retrieved May 28, 2018.
  25. ^ a b D'Alessandro, Anthony (May 29, 2018). "Robert Lindsay & Chiwetel Ejiofor Joining 'Maleficent II' As Cameras Roll". Deadline Hollywood. Retrieved May 29, 2018.
  26. ^ Clarke, Stewart (June 11, 2018). "'Maleficent 2' Adds Judith Shekoni of 'Heroes Reborn' and 'Ice' (EXCLUSIVE)". Variety. Retrieved June 8, 2018.
  27. ^ Trent, John F. (May 29, 2018). "Disney Announces Maleficent II Begins Production with Star-Studded Cast List". Bounding Into Comics. Retrieved May 29, 2018.
  28. ^ Chitwood, Adam (May 29, 2018). "Filming Begins on 'Maleficent II' as Cast and Synopsis Revealed". Collider. Retrieved May 29, 2018.
  29. ^ Rønning, Joachim (August 24, 2018). "That's a wrap on Maleficent 2 - and what a ride it's been! A big thank you to this amazing UK crew for spending the summer with me at Pinewood Studios - so close to Heathrow, yet so far away :) I hope you all get some well deserved time off before your next adventure ✨✨✨ #maleficent2 @disney". Instagram.com. Diakses tanggal August 24, 2018. 
  30. ^ Bonomolo, Cameron (August 26, 2018). "'Maleficent 2' Wraps Production". Comicbook.com. Diakses tanggal August 26, 2018. 
  31. ^ "MALEFICENT: MISTRESS OF EVIL - The Art of VFX". www.artofvfx.com. Diakses tanggal May 16, 2019. 
  32. ^ Couch, Aaron (May 22, 2019). "'Maleficent' Sequel Adds 'Pirates 5' Composer (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 11, 2019. 
  33. ^ http://filmmusicreporter.com/2019/09/20/bebe-rexhas-you-cant-stop-the-girl-from-disneys-maleficent-mistress-of-evil-released/
  34. ^ Perry, Spencer (June 10, 2018). "Disney Movie Release Dates: Poppins Moves Up, Jungle Cruise Delayed". ComingSoon.net. Retrieved June 12, 2018.
  35. ^ Lussier, Germain (May 13, 2019). "Angelina Jolie Is Back to Her Wicked Ways in the First Trailer for Maleficent: Mistress of Evil". io9. Diakses tanggal May 13, 2019. 
  36. ^ Romano, Nick (July 8, 2019). "Angelina Jolie wages fairy warfare in Maleficent: Mistress of Evil trailer". Entertainment Weekly (dalam bahasa Inggris). United States: Meredith Corporation. Diakses tanggal July 8, 2019. 
  37. ^ Jones, Justin (September 4, 2019). "Maleficent: Mistress of Evil Featurette Takes You BTS With Angelina Jolie". Comic Book Resources. Diakses tanggal September 6, 2019. 
  38. ^ Stone, Sam (September 10, 2019). "Maleficent: Watch Angelina Jolie Turn Into Mistress of Evil in BTS Video". Comic Book Resources. Diakses tanggal September 11, 2019. 
  39. ^ D'Alessandro, Anthony (October 15, 2019). "'Maleficent: Mistress Of Evil' To Seduce $165M-$175M Opening Around The World – Global Box Office Preview". Deadline Hollywood. Diakses tanggal October 15, 2019. 
  40. ^ "Maleficent: Mistress of Evil (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 15, 2019. 
  41. ^ "Maleficent: Mistress of Evil (2019) Reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 15, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]