Lompat ke isi

Pattidāna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thai politician participates in ceremony of transferring merit
Terkadang pelimpahan jasa dilambangkan dengan menuangkan air ke dalam bejana.[1]

Pattidāna (bahasa Pali), pattānumodanā (Pali),[2][note 1] atau pariṇāma (Sanskerta)[note 2]—biasa diterjemahkan sebagai pelimpahan jasa atau persembahan kebajikan—adalah suatu tindakan standar dari latihan spiritual Buddhis ketika jasa atau kebajikan dari seseorang dilimpahkan kepada kerabat yang telah meninggal, dewa, atau semua makhluk hidup. Dalam Buddhisme Theravāda, pelimpahan jasa juga merupakan satu dari sepuluh basis puñña (kebajikan).

Pelimpahan jasa ini dilakukan dengan cara melakukan perbuatan yang selaras darma, dan menyatakan atau meniatkan bahwa perbuatan tersebut dilakukan demi makhluk (atau mendiang) yang ditujukan.

  1. ^ Dalam teks berbahasa Pāli awal, patti mengacu pada pelimpahan jasa ke makhluk hidup lain, sedangkan pattānumodanā mengacu pada pemindahan ke makhluk mati.[3]
  2. ^ Secara alternatif dieja sebagai pariṇāma atau paraṇāmanā[4]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Calkowski, Marcia (2006b). "Thailand". In Riggs, Thomas (ed.). Worldmark Encyclopedia of Religious Practices. Vol. 3. Farmington Hills: Thomson Gale. p. 447. ISBN 0-7876-6614-9.
  2. ^ Hara, Minoru (2002) [1994]. "Transfer of Merit in Hindu Literature and Religion". Dalam Takashima, Jun. Minoru Hara Pasupata Studies. Motilal Banarsidass. hlm. 137. ISBN 3-900271-35-6. 
  3. ^ Gombrich 1971, hlm. 215–9.
  4. ^ Hardacre 2014, hlm. 128.

Daftar pustaka

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]