Neferkare (dinasti ke-9)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Neferkare VII merupakan Firaun ketiga dari Dinasti kesembilan, Mesir Kuno, pada sekitar tahun 2140 SM (selama Periode Menengah Pertama), menurut Daftar Raja Turin di mana namanya, Neferkare, tertulis di dalam daftar 4.20.
Neferkare tidak termasuk di dalam Daftar Raja Abydos atau Prasasti Saqqara, juga keberadaan pemerintahannya tidak dapat dikonfirmasi dengan positif melalui temuan arkeologi.

Praenomen "Neferkare" menunjukkan bahwa ia menganggap dirinya sebagai penerus yang sah dari Pepi II dari Dinasti ke-6, sama seperti banyak raja Memphis yang berasal dari Dinasti ke-7 dan 8. Di dalam beberapa literatur ia disebut "Neferkare VII" karena ia kemungkinan adalah raja ketujuh yang menanggung ini, meskipun banyak pendahulunya sekarang dipanggil oleh kombinasi prenomen dan nomen mereka (misalnya, Neferkare Neby, atau Neferkare Pepiseneb).

Penguasa Herakleopolis Magna yang tidak dipuji ini telah diidentifikasi secara kontroversial oleh berbagai ilmuwan dengan seorang raja bernama Ka-nefer-re, yang disebutkan di dalam prasasti makam yang jelas dan terisolasi dari Ankhtifi, nomark pro-Herakleopolit dari Nekhen dan pangeran El Mo'alla, sekitar 30 km (19 mi) selatan Thebes.
Jika Neferkare dan Kaneferre adalah firaun yang sama, otoritasnya terkadang dianggap berasal dari prasasti Ankhtifi yang setidaknya mencapai Elefantin, Edfu dan Hierakonpolis, ibukota dari tiga nomoi pertama di Mesir Hulu. Namun prasasti tersebut tidak langsung menyatakan "Horus membawa (atau mungkin Horus membawa) genangan (baik) untuk putranya Ka-nefer-Re." Ketidakpastian tentang kata kerja di prasasti menyebabkan perselisihan pendapat di antara berbagai ilmuwan mengenai apakah firaun dengan nama ini akan memerintah di masa muda Ankhtifi, atau memang jika bukan raja sebelum zaman Ankhtifi, yang bertakhta menjelang akhir Kerajaan Lama dari Memphis.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

William C. Hayes, in The Cambridge Ancient History, vol 1, part 2, 1971 (2008), Cambridge University Press, ISBN 0-521-077915, pp. 464–465.