Sneferu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sneferu, juga disebut Snefru atau Snofru (dalam Yunani dikenal sebagai Soris), adalah pendiri dinasti keempat Mesir, berkuasa dari sekitar 2613 SM hingga 2589 SM. Dia membangun sedikitnya tiga piramida sebelum penggantinya membangun piramida Giza. Dia terkenal pada masa Mesir Kuno meskipun di zaman modern, piramidanya tidak dikunjungi banyak wisatawan sebagaimana piramida di Giza.

Pengganti dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Snefru adalah raja pertama yang menandai dinasti ke-4 Mesir kuno, yang menurut Manetho berkuasa selama 29 tahun (2613-2589 SM). Manetho adalah pendeta Mesir, yang hidup abad ketiga SM, yang mengelompokkan raja-raja dinasti Mesir ke dalam 31 dinasti.[1] Skematis Manetho juga mengalami kecacatan, namun, pakar modern secara konvensional mengikuti metode pengelompokkannya. Papirus Prisse, sumber Kerajaan Pertengahan, mendukung fakta bahwa Raja Huni memang pendahulu Snefru. Disebutkan “paduka raja Mesir Hulu dan Hilir, Huni tiba di tempat peristirahatan (wafat), dan paduka raja Mesir Hulu dan Hilir, Snefru, bangkit sebagai raja maha pemurah di segala pejuru negeri ini…”[2] Selain dari pengganti Sneferu, kami belajar dari tulisan ini agar orang-orang terkemudian tetap menganggapnya penguasa “maha pemurah”. Gagasan ini mungkin saja merupakan akar kata dari etimologi nama raja, yang dapat ditafsirkan sebagai infinitif “membuat indah.”[3] Sangat diragukan apakah Huni merupakan ayah Sneferu atau bukan. Meski demikian, Prasasti Sejarah Kairo menujukkan bahwa ibunya mungkin saja wanita bernama Meresankh.[4] Hetepheres I dianggap paling mungkin merupakan istri Sneferu dan ibu Khufu,[5] penggagas Piramida Agung di dataran tinggi Giza.

Proyek Sneferu[sunting | sunting sumber]

Monumen paling terkenal dari masa pemerintahan Sneferu adalah tiga piramida yang dia bangun di Dahshur (Piramida Bengkok dan Piramida Merah) dan Meidum (Piramida Meidum). Di bawah kepemimpinan Sneferu, ada evolusi besar dalam struktur piramida yang berakibat Piramida Besar Khufu, yang dianggap sebagai puncak keagungan dan kemegahan Kerajaan Mesir, menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ An Introduction to the Archaeology of Ancient Egypt, pg. 36
  2. ^ “The Instructions of Kagemni,” Papyrus Prisse
  3. ^ The Oxford History of Ancient Egypt, pg. 93
  4. ^ The Complete Royal Families of Ancient Egypt, pg. 51
  5. ^ The Complete Royal Families of Ancient Egypt, pg. 57