Ahhotep I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ahhotep I
Permaisuri Mesir

Istri Kerajaan Agung

Cincin Ahhotep I, Museum Louvre.
Cincin Ahhotep I, Museum Louvre.
Wafat Thebes?
Pemakaman Thebes?
Ayah Senakhtenre
Ibu Tetisheri
Pasangan Seqenenre Tao
Anak
Kamose?
Ahmose I
Ahmose-Nefertari
Ahmose Sapair
Binpu
Ahmose-Henutemipet
Ahmose-Nebetta
Ahmose-Tumerisy
Agama agama Mesir kuno

Ahhotep I (atau dieja Ahhotpe atau Aahhotep, "Iah (Bulan) sudah puas") atau kedamaian bulan adalah seorang ratu Mesir Kuno  yang hidup pada sekitar tahun 1560–1530 SM, pada akhir Dinasti Ketujuh belas Mesir. Ia adalah putri Ratu Tetisheri (dikenal sebagai Teti Kecil) dan Senakhtenre Ahmose, dan mungkin juga adinda serta permaisuri, Firaun Seqenenre Tao II. Ahhotep I memiliki kehidupan yang panjang dan berpengaruh.

Gelar-gelarnya adalah Istri Kerajaan Agung dan "Asosiasi Pembawa Mahkota Putih" (khnemet nefer hedjet).[1] Gelar "Ibunda Raja" (mwt niswt) ditemukan di peti mati Deir el-Bahari.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ahhotep I mungkin adalah putri Ratu Tetisheri dan Firaun Senakhtenre Ahmose. Ia adalah istri raja dinasti ketujuh belas Seqenenre Tao, yang diyakini adalah kakandanya.

Ahhotep mungkin adalah ibunda Firaun Ahmose I. Hubungan pastinya dengan Firaun Kamose tidak diketahui, tapi mungkin ia adalah saudara iparnya (saudara Seqenenre Tao) atau putranya. Anak-anak lain dari Ratu Ahhotep I termasuk Ratu Ahmose-Nefertari kemudian, yang menikah dengan kakandanya, Firaun Ahmose I. Ada juga Pangeran Ahmose Sapair, Pangeran Binpu, Putri Ahmose-Henutemipet, Putri Ahmose-Nebetta, dan Putri Ahmose-Tumerisy.[2]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Sebuah prasasti dari masa pemerintahan Ahmose I menyatakan bahwa Ahhotep I mungkin telah mengumpulkan pasukan dan berperan dalam membela Thebes. Tidak diketahui kapan peristiwa ini terjadi. Mereka mungkin telah terjadi setelah kematian Seqenenre Tao atau Kamose.

Ahhotep disebutkan di prasasti Kares (CG 34003) yang berasal dari tahun ke-10 dari Amenhotep I, dan pelayannya Iuf menyebutkannya di prasasti (CG 34009). Luf menunjuk Ahhotep sebagai ibunda Ahmose I, dan kemudian akan menjadi pelayan Ratu Ahmose, istri Thutmose I. Ini menunjukkan bahwa Ahhotep I mungkin telah meninggal pada usia yang cukup lanjut pada masa pemerintahan Thutmose I.

Makam[sunting | sunting sumber]

Luar peti mati Ahhotep I itu akhirnya dimakamkan kembali di TT320, Deir el Bahari. Peti mati itu menunjukkan ratu dengan wig tripartit dan modius. Tubuh ditutupi dengan rishi-desain (bulu) dan mirip dengan peti mati luar Ahmose-Nefertari dan Ahmose-Meritamon.

Makam asli Ahhotep I tidak dikenal, kecuali ratu ini identik dengan Ahhotep II. Pengukuran peti mati yang ditemukan di Dra' Abu el-Naga' menunjukkan bahwa itu terlalu besar untuk dimiliki oleh peti mati Deir el Bahari. Ini sudah biasa diperdebatkan bahwa Ahhotep I tidak bisa identik dengan Ahhotep II.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ W. Grajetzki, Ancient Egyptian Queens: a hieroglyphic dictionary, 2005
  2. ^ Aidan Dodson & Dyan Hilton, The Complete Royal Families of Ancient Egypt, Thames & Hudson (2004)
  3. ^ Ann Macy Roth, The Ahhotep Coffins, Gold of Praise: Studies of Ancient Egypt in honor of Edward F. Wente, 1999
  • Eaton-Krauss, Marianne. 2003. "Encore: The Coffins of Ahhotep, the wife of Seqeni-en-Re Tao and mother of Ahmose". Pages 75–89 in E. Graefe and other editors. Ägypten-Münster. Otto Harrassowitz.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]