Scorpion I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Scorpion I adalah yang pertama dari dua raja yang berasal dari Mesir Hulu selama Periode Protodinasti. Namanya dapat merujuk pada dewi kalajengking, Serket.

Dia dipercaya hidup di Thinis satu atau dua abad sebelum berkuasa yang menyebabkan dia lebih dikenal sebagai Raja Scorpion dari Nekhen. Dia termasuk yang ditemukan di makam U-j di pemakaman kerajaan Abydos di mana raja-raja Thinis dimakamkan. Makam tersebut pernah dijarah, namun di sana masih ditemukan banyak piagam gading berukuran kecil yang masing-masing memiliki lubang untuk menyambungkannya dengan sesuatu, dan masing-masing ditandai dengan satu atau lebih gambar giresan sejenis-hieroglif yang diperkirakan merupakan nama-nama kota. Mungkin juga digunakan dalam pelayanan dan upeti untuk menunjukkan jalan yang berasal dari berbagai kota. Dua dari piagam-piagam tersebut bernama kota Delta Baset dan Buto, menunjukkan bahwa tentara Scorpion telah menjangkau Delta Nil. Dapat dipastikan bahwa penaklukkan Scorpion mengawali sistem hieroglif Mesir yang dimulai atas kebutuhan untuk menyimpan data dan informasi dalam tulisan. [1].

Baru-baru ini, sebuah grafiti 5.000 tahun ditemukan oleh Profesor John Darnell dari Universitas Yale yang menampilkan simbol Scorpion dan menggambarkan kejayaannya atas penguasa protodinasti lain (kemungkinan raja Naqada). Nama raja atau tempat yang ditaklukkan dalam grafiti adalah Kepala Sapi, sebuah tanda yang juga ditemukan di U-j.[1].

Jika Raja Scorpion I benar-benar ada, dia akan menjadi orang yang terdokumentasi paling awal.

Ada pula pendapat yang menyatakan dia orang yang sama dengan Raja Scorpion II [1].

Dalam cerita fiksi masa kini[sunting | sunting sumber]

  • Novel William Golding The Scorpion God berdasarkan pada periode sejarah Mesir ini.
  • Film petualangan tahun 2001 The Mummy Returns menampilkan figur fiksi "Raja Scorpion" dari Mesir, karakter yang masih berlanjut dalam film tahun 2002, The Scorpion King.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Channel 5 TV program Secrets of Egypt 2/8 Scorpion King, 8pm to 9pm Thu 20 November 2008

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
tidak diketahui
Raja Mesir
Protodinasti
Diteruskan oleh:
Falkon Ganda