Meryhathor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Meryhathor atau Meryt-Hathor,[2] merupakan seorang Firaun dari Dinasti kesepuluh Mesir selama Periode Menengah pertama.

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Dianggap sebagai pendiri dinasti tersebut, Meryhathor seharusnya memulai pemerintahannya pada sekitar tahun 2130 SM.[3][2] Namanya tidak disebutkan di dalam Daftar Raja Turin namun Djehutynakht II, seorang nomark nome Hare yang tinggal di Hermopolis, memesan sebuah tinta graffito yang menyebutkan Meryhathor di pertambangan alabaster di Hatnub: sejauh ini satu-satunya pengesahan raja tersebut.[4]

Terdapat perselisihan mengenai namanya: karena tanda "Hathor" (C9 di dalam daftar tanda tangan Gardiner) sebagian rusak, beberapa penulis seperti Edward Brovarski[5] yakin bahwa nama sesungguhnya dari firaun ini adalah Meryibre ("Kekasih hati Ra") yang agak mirip dengan tradisi Memphite. Selanjutnya, beberapa Egiptolog yang mendukung pembacaan alternatif juga menggabungkan raja ini dengan penggantinya, Neferkare VIII; Dengan demikian, tidak jarang menemukan seorang firaun Neferkare-Meryibre sebagai pendiri Dinasti ke-10.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rudolf Anthes, "Die Felseninschriften von Hatnub", Untersuchungen zur geschichte und altertumskunde Aegyptens 9, Leipzig, 1928, pl. VII.
  2. ^ a b Jean Vercoutter, L'Egypte jusq'à la fin du Nouvel Empire, in Pierre Lévêque, Le premieres civilisations, Paris, Presses Universitaires de France, 1987, p. 143.
  3. ^ William C. Hayes, in The Cambridge Ancient History, vol 1, part 2, 1971 (2008), Cambridge University Press, ISBN 0-521-077915, p. 996.
  4. ^ William C. Hayes, op. cit., p. 470.
  5. ^ Royal Titulary of Mery... on Eglyphica.net (search in the Tenth Dynasty)
  6. ^ Nicolas Grimal, A History of Ancient Egypt, Oxford, Blackwell Books, 1992, p. 141.