Shoshenq IV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prasasti "Pemimpin Libu" Niumateped, mungkin diterbitkan pada tahun 8 peemrintahan Shoshenq IV[1]

Hedjkheperre Setepenre Shoshenq IV adalah seorang penguasa Mesir Kuno dari Dinasti ke-XXII, antara pemerintahan Shoshenq III dan Pami. Pada 1986, David Rohl mengusulkan bahwa ada dua raja Shoshenq dengan nama depan Hedjkheperre – (i) pendiri dinasti yang terkenal, Hedjkheperre Shoshenq I, dan (ii) firaun kemudian dari paruh kedua dinasti, yang disebut Rohl sebagai Hedjkheperre Shoshenq (b) karena posisinya yang tepat di dinasti tidak diketahui.[2] Mengikuti usulan Rohl (pertama kali disarankan kepadanya oleh Pieter Gert van der Veen pada 1984), Egiptolog Inggris Aidan Dodson mendukung keberadaan raja baru dengan menunjukkan bahwa Hedjkheperre Shoshenq sebelumnya memiliki julukan sederhana dalam titulernya, sedangkan julukan Hedjkheperre Shoshenq kemudian lebih kompleks.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jansen-Winkeln, Karl (2014). "Die "Großfürsten der Libu" im westlichen Delta in der späten 22. Dynastie". Journal of Egyptian History. 7: 194–202. 
  2. ^ D. Rohl: ‘Questions and Answers on the Chronology of Rohl and James’, Chronology & Catastrophism Workshop 1986:1, p. 22.
  3. ^ A. Dodson: ‘A new King Shoshenq confirmed?’, Göttinger Miszellen 137 (1993), pp.53-58.