Shoshenq III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Raja Usermaatre Setepenre Shoshenq III merupakan firaun yang berasal dari Dinasti ke-XXII, dia memerintah selama 39 tahun menurut catatan sejarah kontemporer. Dua bulla Apis dikuburkan pada tahun ke-IV dan ke-XXVIII pemerintahannya dan dia merayakan festival sed di tahun 30 tahun bertakhtanya. Dia bukan putra Osorkon II melainkan cucu ayahandanya yang meninggal, pangeran Takelot. Karena dia hanya seorang cucu, sepupunya Takelot II memperebutkan suksesinya dan Mesir terpecah. Dia menikahi bibinya Tjesbastperu untuk memperkuat gugatannya. Dia hidup lebih lama dari lima putra pertamanya dan dengan demikian digantikan oleh putra ke-VI Shoshenq IV, yang kemudian meninggal tanpa keturunan, dan digantikan oleh putra Shoshenq III ke-VII, Pami.

Dari tahun ke-VIII pemerintahan Shoshenq III, pemerintahannya ditandai dengan hilangnya kesatuan politik Mesir, dengan munculnya Pedubast I di Thebes. Sejak saat itu, raja-raja Dinasti ke-XXII hanya menguasai Mesir Hilir. Imam Besar Thebes Osorkon B (calon Osorkon III) menetapkan kegiatannya di Thebes dan (Mesir Hulu) pada masa pemerintahan Shoshenq III, tetapi ini semata-mata untuk alasan administratif karena Osorkon tidak menyatakan dirinya sebagai raja setelah kematian ayahandanya, Takelot II. Berdasarkan Tawarikh Osorkon B yang terkenal, kebanyakan ahli Mesir kuno saat ini menerima bahwa tahun pemerintahan Takelot II setara dengan tahun ke-XXII Shoshenq III.[1]

Shoshenq III menikahi Djed-Bast-Es-Ankh, putri Takelot, Imam Besar Ptah di Memphis, dan Tjesbastperu, putri Osorkon II.[2] Dia memiliki setidaknya empat putra dan satu putri: Ankhesen-Shoshenq, Bakennefi A, Pashedbast B, Pimay 'Pemimpin Agung Ma', dan Takelot C, seorang Generalissimo. Seseorang bernama Padehebenbast mungkin juga putra Shoshenq III lainnya, tetapi ini tidak pasti. Mereka semua tampaknya telah mendahului ayahanda mereka melalui pemerintahannya yang berlangsung hampir empat dekade. Putra ke-III Shoshenq III, Pimay ('Singa' dalam bahasa Mesir), pernah dianggap identik dengan raja Pami ('Kucing' dalam bahasa Mesir), tetapi sekarang diyakini bahwa mereka adalah dua individu yang berbeda, karena ortografi dan arti nama mereka yang berbeda. Sebaliknya, individu yang tidak ada hubungannya bernama Shoshenq IV yang akhirnya menggantikan Shoshenq III.

Shoshenq III dimakamkan di makam kerajaan yang dijarah NRT V di Tanis.

Galeria[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ David Aston, JEA 75 (1989), Takeloth II: A King of the Theban 23rd Dynasty?, pp.139-153
  2. ^ Nos ancêtres de l'Antiquité, 1991. Christian Settipani, p.153,163,164 and 166