Aleksander IV dari Makedonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Aleksander IV
Basileus dari Makedonia
Sebuah lukisan imajiner Aleksander IV bersama ibundanya.
Masa kekuasaan 323–311 BC
Bahasa Yunani Ἀλέξανδρος Δ΄
Gelar
Lahir Agustus 323 SM
Tempat lahir Makedonia
Wafat 311 SM (usia 12)
Tempat wafat Makedonia
Pendahulu Aleksander III
Pengganti Filipus III
Dinasti Wangsa Argead
Ayah Aleksander III dari Makedonia
Ibu Roxana
Agama Politeisme Yunani

Aleksander IV (Bahasa Yunani Kuno: Ἀλέξανδρος Δ΄; 323–311 SM), kadang disalah ejakan pada masa kini Aegus,[1] merupakan putra Aleksander Agung (Aleksander III dari Makedonia) dan Putri Roxana dari Baktria.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Aleksander IV dilahirkan sebagai putra Aleksander Agung dan cucu laki-laki Filipus II dari Makedonia. Karena Roxana hamil pada saat suaminya telah tiada dan jenis kelamin sang jabang bayinya tidak diketahui, timbul perpecahan di dalam Pasukan Makedonia mengenai suksesi. Sementara infanteri didukung oleh pamanda bayi, Filipus III (yang keduanya lemah pikiran dan tidak sah), Kiliarkos Perdikkas yang merupakan komandan kavaleri membujuk mereka untuk menunggu dengan harapan bayi Roxana yang akan lahir berjenis kelamin laki-laki. Faksi-faksi berunding dan memutuskan bahwa Perdikkas akan memerintah Kekaisaran sebagai wali dan Filipus akan memerintah sebagai kaisar boneka tanpa kekuasaan sesungguhnya. Jika bayi tersebut adalah laki-laki, maka ia akan menjadi raja. Aleksander IV dilahirkan pada bulan Agustus 323 SM.

Perwalian[sunting | sunting sumber]

Setelah perwalian yang parah dan kegagalan militer di Mesir serta pemberontakan pasukan Perdikkas dibunuh oleh beberapa pejabat seniornya pada bulan Mei atau Juni 321 atau 320 SM (masalah-masalah dengan kronologi Diodorus telah menjadikan tahun tersebut tak menentu[2]), setelah di mana Antipater ditunjuk sebagai wali yang baru pada Pembagian Triparadisus. Ia membawa Roxana bersamanya dan dua raja ke Makedonia dan pura-pura menyerahkan kekuasaan Kekaisaran Aleksander, meninggalkan bekas provinsi di Mesir dan Asia mengendalikan satrap (lihat Diadokhoi). Ketika Antipater meninggal pada tahun 319 SM ia menunjuk Polyperchon, seorang jenderal Makedonia yang bekerja di bawah pimpinan Filipus II dan Aleksander Agung, sebagai ahli warisnya dan bukan kepada putranya, Kassander.

Perang Saudara[sunting | sunting sumber]

Kassander bekerja sama dengan Ptolemaios I Soter, Antigonus dan Eurydike III, istri raja Filipus Arrhidaeus yang ambisius, dan mengumumkan perang terhadap wali. Polyperchon bekerja sama dengan Eumenes dan Olympias.

Meskipun Polyperchon mulanya berhasil mengendalikan kota-kota Yunani, armadanya dihancurkan oleh Antigonus pada tahun 318 SM. Ketika setelah pertempuran, Kassander mengendalikan Makedonia sepenuhnya, Polyperchon terpaksa melarikan diri ke Epirus, diikuti oleh Roxana dan Aleksander kecil. Beberapa bulan kemudian, Olympias dapat membujuk kerabatnya Aeakides dari Epirus untuk menyerang Makedonia dengan Polyperchon. Ketika Olympias tiba di medan pertempuran, pasukan Eurydike menolak untuk memerangi ibunda Aleksander dan membelot kepada Olympias, setelah di mana Polyperchon dan Aeakides mengambil alih Makedonia. Filipus dan Aeakides ditangkap dan dieksekusi pada tanggal 25 Desember 317 SM, menjadikan Aleksander sebagai raja dan Olympias sebagai walinya.

Kassander kembali pada tahun berikutnya (316 SM) dan menaklukkan Makedonia sekali lagi. Olympias kemudian dieksekusi, sedangkan raja dan ibundanya ditawan di benteng Amphipolis di bawah pengawasan Glaukias. Ketika perdamaian di antara Kassander, Antigonos, Ptolemaios, dan Lysimachos mengakhiri Perang Diadokhoi Ketiga pada tahun 311 SM, perjanjian damai mengakui hak-hak Aleksander IV dan secara eksplisit menyatakan bahwa pada saat ia beranjak dewasa maka ia akan menjadi ahli waris Kassander.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah perjanjian, beberapa pembela Wangsa Argead mulai memikirkan bahwa Aleksander IV seharusnya mendapatkan kekuasaan penuh dan bahwa seorang wali tidak lagi diperlukan. Kassander untuk melindungi pemerintahannya, pada tahun 311 SM memerintahkan Glaukias untuk diam-diam membunuh Aleksander kecil dan ibundanya. Perintah tersebut dilaksanakan dan mereka berdua diracuni.

Salah satu dari makam kerajaan yang ditemukan oleh arkeolog Manolis Andronikos di dalam "Tumulus Agung" , Vergina pada tahun 1977/8 dipercaya adalah milik Aleksander IV.[3]

Pada bulan Oktober 2012, beberapa arkeolog dari Ephorate Antiquities ke-28 menggali sebuah makam di kota Amphipolis, di dekat Serres, Yunani Utara, yang dipercaya adalah milik istri dan putra Aleksander Agung, Roxana dan Aleksander IV. Lingkaran sebesar tiga meter, atau hampir 10 kaki tingginya dan perimeternya sekitar 500 meter, atau 1,640 kaki mengelilingi makam yang berlokasi di daerah perkotaan di dekat kota kecil Amphipolis. Kepala tim, Katerina Peristeri mencatat terlalu dini untuk memastikan identitas dari penemuan tersebut.[4]

Di dalam Kebudayaan Populer[sunting | sunting sumber]

Raja muda yang tragis ini muncul sebagai sebuah karakter di dalam Funeral Games, sebuah novel sejarah oleh Mary Renault.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The error was caused by a modern misreading, ΑΙΓΟΥ for ΑΛΛΟΥ, of the text of Ptolemy's Canon of Kings. See e.g. "s.v. Alexander the Great". [[Encyclopaedia Britannica]] 1. 1911. p. 549.  Wikilink embedded in URL title (bantuan) Chugg, Andrew Michael (2007). The Quest for the Tomb of Alexander the Great. Lulu. p. 42.  At Google Books.
  2. ^ Anson, Edward M (Summer 1986). "Diodorus and the Date of Triparadeisus". The American Journal of Philogy (The Johns Hopkins University Press) 107 (2): 208–217. JSTOR 294603. doi:10.2307/294603. 
  3. ^ "Royal Tombs: Vergina". Macedonian Heritage. Diakses tanggal 9 July 2013. 
  4. ^ http://greece.greekreporter.com/2012/10/06/tomb-near-serres-wife-son-of-alexander/ greekreporter

Bacaan Selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Aleksander IV dari Makedonia
Lahir: 323 SM Wafat: 311 SM
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Filipus III
Raja Makedonia
323–311 SM
Diteruskan oleh:
Kassander
Raja Asia
323–311 SM
Diteruskan oleh:
Seleukos I Nikator
Firaun Mesir
323–311 SM
Diteruskan oleh:
Ptolemaios I Soter