Mentuhotep II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Citra udara kuil makam Mentuhotep II di Deir el Bahri

Nebhepetre Mentuhotep II (2046 SM – 1995 SM) adalah raja Mesir dari dinasti ke-11, putra Intef III dari Mesir dan ratu kecil yang dijuluki Iah. Istrinya merupakan Tem 'ibu sang raja'. Istri lainnya adalah Neferu (saudaranya) dan lima wanita yang dimakamkan di kompleks pemakamannya. Satu-satunya putranya yang diketahui adalah Mentuhotep III.

Raja mengganti namanya beberapa kali selama berkuasa, yang mungkin mencerminkan peristiwa-peristiwa politik yang penting. Nama singgasananya adalah Nebhepetre, dan dia merupakan penguasa pertama Kerajaan Pertengahan Mesir. Daftar Raja Turin mengkreditkan dia dengan kekuasaan selama 51 tahun.[1]

Pada tahun ke-14 kekuasaannya, sebuah pemberontakan terjadi yang kemungkinan berhubungan dengan konflik antara Mentuhotep II yang berkedudukan di Thebes dan dinasti ke-10 saingannya yang berkedudukan di Herakleopolis Magna. Hanya sedikit yang diketahui tentang peristiwa ini.

Selama kekuasaannya, Mentuhotep mampu menyatukan kembali Mesir kuno untuk pertama kalinya sejak dinasti ke-6. Sementara waktu pasti peristiwa penyatuan ini belum diketahui.

Mentuhotep II memimpin kampanye militer ke Nubia, yang memperoleh kemerdekaannya selama periode menengah pertama. Juga, terdapat bukti tindakan militer terhadap Palestina. Raja mengatur kembali negri dan menempatkan wazir sebagai kepala administrasi. Para wazir selama kekuasaannya adalah Bebi dan Dagi, bendaharawannya adalah Khety yang terlibat dalam mengatur festival sed untuk sang raja.

Mentuhotep II dimakamkan dalam pusara besar yang dia bangun di Deir el-Bahri. Mentuhotep II membangun kuil-kuil dan kapel di beberapa tempat di Mesir Hulu.

Mentuhotep II menyatakan dirinya sebagai setengah dewa, setengah abadi. Tradisi ini berlanjut di bawah penerusnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • W. Grajetzki, The Middle Kingdom of Ancient Egypt: History,Archaeology and Society, Duckworth, London 2006 ISBN 0-7156-3435-6, 18-23
  • Labib Habachi: King Nebhepetre Menthuhotep: his monuments, place in history, deification and unusual representations in form of gods. Annales du Service des Antiquités de l'Égypte 19 (1963), p. 16-52
  • "The Mortuary Temple of Mentuhotep II by Mark Andrews
Didahului oleh:
Intef III
Raja Mesir
Dinasti Kesebelas
Diteruskan oleh:
Mentuhotep III