Naek L. Tobing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Naek L Tobing)

Naek Lumban Tobing
Lahir(1940-08-14)14 Agustus 1940
Samosir, Bataklanden, Keresidenan Tapanuli, Hindia Belanda
Meninggal6 April 2020(2020-04-06) (umur 79)
Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Nama lainNaek L. Tobing
AlmamaterUniversitas Sumatera Utara
Universitas Indonesia
Universitas Minnesota
Pekerjaandokter, seksologis, dan penulis
Dikenal atasmengisi rubrik seksologi di berbagai majalah dan surat kabar nasional
Suami/istridr. Marion Aritonang

dr. Naek Lumban Tobing, Sp.KJ. (14 Agustus 1940 – 6 April 2020) adalah seorang dokter Indonesia. Dia adalah salah seorang tokoh ahli seksologi yang terkenal. Dia juga pengarang dari buku Masalah dan Solusi (1994), Seks Pranikah, Seks Extramarital, dan Membangun Keharmonisan Suami-Istri.[1]

Kerap tampil mengisi rubrik seksologi di berbagai majalah dan surat kabar nasional. Selain itu juga sering diundang sebagai pembicara dalam acara rubrik kesehatan yang berkaitan dengan masalah seksologi di berbagai stasiun televisi maupun radio di seluruh Indonesia.

Setelah lulus dari fakultas kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), dr. Naek L Tobing menjalani pendidikan kedokteran jiwa di UI dan lulus sebagai psikiater. Setelah itu ia mengikuti program seksologi di Minnesota, AS. Setelah kembali ke Indonesia, dr Naek L Tobing merintis bidang seksologi yang di dekade 1980an masih tabu dibicarakan di Indonesia.

Ia menikah dengan dr. Marion Aritonang dan memiliki 6 anak.

Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, pada hari Senin, 6 April 2020 dalam usia 79 tahun akibat kanker lambung stadium 4 dan penyakit koronavirus 2019.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liputan6.com (April 6, 2020). Wisnuwardani, Dyah Puspita, ed. "Dr Naek L Tobing, Pakar Seksologi Rumah Tangga yang Peduli pada Masalah Mikropenis". Liputan6.com. 
  2. ^ "Meninggal Dunia, Naek L Tobing Positif Corona". iNews.ID. April 6, 2020.