Tarekat Maulawiyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Maulawiyah)

Tarekat Maulawiyah (bahasa Turki: Mevleviyye; bahasa Persia: مولويه; bahasa Inggris: Mevlevi Order) adalah sebuah tarekat yang didirikan oleh para pengikut Jalaluddin Rumi (1207 – 1273) di kota Konya, ibu kota Dinasti Seljuk abad ke 13 (sekarang Turki). Tarekat Maulawiyah identik dengan tarian sufi yang pada dasarnya merupakan bentuk sama' (mendengarkan) dari syair-syair yang ditulis sebagai bagian dari zikir mereka.

Tarian sufi berputar di Galata Mevlevihane (Mevlevi Lodge), Istanbul.

Tarekat Maulawiyah didirikan oleh Sultan Veled, yang merupakan putra Jalaludin Rumi, serta Husameddin Chelebi.[1] Selama kekuasaan Dinasti Utsmani, tarekat ini berkembang hingga Balkan, Damaskus, Lebanon, Mesir, Palestina, dan Yerusalem.

Tarian Sama'[sunting | sunting sumber]

Praktik Sama' (bahasa Turki: Semazen; bahasa Arab: سَمَاع‎‎) secara bahasa artinya "mendengarkan". Dalam tradisi Maulawiyah, sama' adalah bentuk latihan meditasi yang diiringi oleh pembacaan syair, baik berupa shalawat maupun puisi-puisi Rumi, diikuti oleh tarian dalam bentuk putaran tubuh. Karena hal itu para pengikut Maulawiyah dikenal sebagai Darwis Berputar karena mereka melakukan meditasi seraya berputar. Darwis adalah istilah dalam bahasa Turki untuk menyebut pengikut sufi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schimmel, Annemarie (1975). Mystical Dimensions of IslamPerlu mendaftar (gratis). The University of North Carolina Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]