Konsonan geser-sisi langit-langit belakang bersuara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konsonan geser-sisi pra-langit-langit belakang bersuara
ʟ̝
Sampel suara

Konsonan geser-sisi pra-langit-langit bersuara merupakan suara pengucapan yang sangat jarang dijumpai dan dapat ditemukan dalam bahasa Archi, yang merupakan sebuah bahasa dari rumpun bahasa Kaukasus Timur Laut di daerah Dagestan, yang secara jelas merupakan konsonan frikatif, walaupun lebih depan daripada konsonan langit-langit belakang, konsonan ini lebih tepat dipanggil sebagai pra-langit-langit belakang atau pravelar. Bahasa Archi juga memiliki konsonan geser-sisi langit-langit belakang nirsuara dan konsonan gesek-sisi langit-langit belakang nirsuara dan semburan gesek di tempat artikulasi yang sama.[1]

Suara ini terjadi pada alofoni intervokalik dari /ʟ̝̊/ dalam bahasa Nii dan mungkin beberapa bahasa terkait dari bahasa Wahgi di Papua Nugini.

Konsonan ini tidak memiliki simbol dalam Alfabet Fonetik Internasional (IPA), namun dapat ditranskripsikan sebagai konsonan hampiran-sisi langit-langit belakang yang dinaikkan, ʟ̝.

Karakteristik konsonan[sunting | sunting sumber]

Karakteristik konsonan dari konsonan geser-sisi langit-langit belakang bersuara adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Archi Language Tutorial" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-09-04. Diakses tanggal 2009-12-23.