Konsonan gesek-sisi tarik-belakang nirsuara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konsonan gesek-sisi tarik-belakang nirsuara
ʈɭ̊˔
ʈꞎ
Nomor IPA105 156 402A 429

Konsonan gesek-sisi tarik-belakang nirsuara merupakan suara konsonantal yang jarang ditemukan, dan hanya digunakan dalam beberapa bahasa lisan dalam jumlah. Simbol yang melambangkan suara ini dalam Alfabet Fonetik Internasional adalah ʈ͜ɭ̊˔, dan simbol dalam extIPA adalah ʈꞎ.

Karakteristik konsonan[sunting | sunting sumber]

Karakteristik konsonan dari konsonan gesek-sisi tarik-belakang nirsuara adalah:

  • Cara artikulasinya adalah gesek (afrikat), yang berarti dihasilkan dengan pertama tama menghentikan aliran udara secara keseluruhan, kemudian melepaskan aliran udara tersebut melalui saluran yang berkontraksi ataupun menyempit di tempat artikulasi, yang menghasilkan turbulensi.
  • Tempat artikulasinya adalah tarik-belakang yang secara prototipikal berarti diartikulasikan secara subapikal (dengan ujung lidah dibengkokkan), namun biasanya berupa konsonan paska rongga-gigi dengan tanpa palatalisasi. Selain artikulasi prototipikal subapikal, kontak lidah dapat berupa apikal (keatas) ataupun laminal (datar).
  • Fonasinya tidak bersuara atau nirsuara, yang berarti dihasilkan tanpa getaran pita suara. Dalam beberapa bahasa pita suara secara aktif terpisah, sehingga selalu menghasilkan artikulasi nirsuara. Di bahasa lain, pita suara kendor, sehingga dapat menyuarakan suara-suara yang berdekatan.
  • Ini adalah konsonan lisan, yang berarti aliran udara hanya melalui mulut
  • Konsonan ini merupakan konsonan sisi (lateral) yang berarti dihasilkan dengan mengarahkan aliran udara di bagian sisi lidah dan bukannya ditengah.

Kata-kata[sunting | sunting sumber]

Bahasa Kata IPA Arti Catatan
Kamkata-viri[1] dialek Kamviri ṭlak′a ṭlaka [ʈɭ̊˔əˈɡ̆ə ʈɭ̊˔əɡ̆ə] berdetak Konsonan paska-rongga-gigi apikal. Secara fonemik merupakan sebuah rentetan konsonan /ʈl/.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Strand, Richard F. (2010). "Nurestâni Languages". Encyclopaedia Iranica, Online Edition. Diakses tanggal 2015-06-20.