Vokal takbulat setengah tertutup belakang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vokal takbulat setengah tertutup belakang
ɤ
Nomor IPA315
Pengkodean karakter
Entitas (desimal)ɤ
Unikode (heks)U+0264
X-SAMPA7
Kirshenbaumo-
Braille⠲ (braille pattern dots-256)⠕ (braille pattern dots-135)
Sampel suara

Vokal ini disimbolkan dengan ɤ dalam Alfabet Fonetis Internasional (IPA), sering disebut sebagai "ram's horns" Bahasa Indonesia: Tanduk Banteng. Simbol ini berbeda dengan "voiced velar fricative" (ɣ) yang memiliki "descender" Beberapa teks [1] menggunakan simbol ini (ɤ ) sebagai simbol "Voiced velar fricative". Sebelum Konfrensi IPA tahun 1989, simbol untuk Vokal takbulat setengah tertutup belakang adalah Latin letter small capital Gamma.svg, yang sering disebut "bayi gamma [2]", yang memiliki gari datar diatasnya yang mirip dengan A non-kapital terbalik ⟨⟩, yang berfungsi untuk melambangkan suara tersebut sebelum Revisi 1928 kepada IPA .[3] Simbol tersebut kemudian direvisi penuh menjadi {{|Ram's horns.svg}}, "Tanduk Banteng", dengan ujung dilengkungkan untuk menghidari kemiripan dengan huruf gamma non kapital (ɣ).[4] Dalam sistem Unicode, Unicode hanya menyediakan U+0264 ɤ karakter "tanduk banteng" non-kapital latin (HTML: ɤ), tapi dalam suatu font, karakter ini dapat ditampilkan sebagain bayi gamma.

Karakteristik Vokal[sunting | sunting sumber]

  • Ketinggian vokalnya adalah setengah tertutup, sehingga lidah terletak di tengah-tengah jarak antara vokal setengah dan vokal tertutup.
  • Backness vokalnya adalah belakang, sehingga lidah terletak di belakang dalam mulut tanpa menyebabkan penyempitan rongga mulut yang akan menghasilkan konsonan.
  • Vokal ini tidak bulat, jadi bibir tidak dibulatkan.

Vokal tak bulat belakang tengah[sunting | sunting sumber]

Diantara bahasa yang ada, varian lain dari vokal ini yaitu vokal tak bulat belakang tengah yang benar-benar berbeda dengan vokal-vokal hampir tertutup dan hampir terbuka. Bagaimanapun, disebabkan ketidakadaan bahasa yang diketahui membedakan ketiga-tiganya, maka tidak ada aksara IPA khusus untuk vokal tengah ini, sebaliknya digunakan pula [ɤ]. Jika perlu kerincian, maka bisa menggunakan diakritik penurun: [ɤ̞]

Vokal tak bulat belakang tengah
ɤ̞

Referensi[sunting | sunting sumber]

Menggunakan :

  1. ^ seperti Booij & 199) dan Nowikow (2012).
  2. ^ Gamma (γ) termasuk dalam huruf Yunani
  3. ^ International Phonetic Association (1912). The principles of the International Phonetic Association. Paris, Association Phonétique Internationale. hlm. 10. 
  4. ^ Nicholas, Nick (2003). "Greek-derived IPA symbols". Greek Unicode Issues. University of California, Irvine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-19. Diakses tanggal 2013-12-18.