Konfederasi Sepak Bola Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Konfederasi Sepak Bola Afrika
Confédération Africaine de Football
Confederation of African Football
الإتحاد الأفريقى لكرة القدم
Caf-logo-2009.jpg
Logo Konfederasi Sepak Bola Afrika
Confederation of African Football member associations map.svg
Peta Anggota CAF
Tanggal pembentukan 1957
Jenis Organisasi olahraga
Kantor pusat Bendera Mesir Kairo, Mesir
Jumlah anggota
56 asosiasi nasional
Bahasa resmi
Perancis, Inggris dan Arab
Sekretaris jendral
Amr Fahmy
Presiden
Ahmad Ahmad
Situs web http://www.cafonline.com/

Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF, /kæf/; bahasa Perancis: Confédération Africaine de Football; Arab: الإتحاد الأفريقي لكرة القدم‎) adalah adalah suatu organisasi yang mewadahi sepak bola di Afrika. CAF menjadi badan sepak bola di Afrika yang menaungi asosiasi sepak bola dari negara-negara di wilayahnya, termasuk menjalankan kompetisi tingkat benua baik antar negara maupun antar klub.

CAF merupakan konfederasi terbesar FIFA bila dibandingkan dengan konfederasi lain di bawah FIFA. Sejak jumlah peserta Piala Dunia FIFA ditingkatkan menjadi 32 tim nasional pada putaran finalnya sejak 1998, CAF mendapatkan alokasi 5 peserta, yang menjadi 6 peserta pada tahun 2010 saat Piala Dunia diselenggarakan di Afrika Selatan, yang memasukkan tim nasional Afrika Selatan selaku tuan rumah.

CAF dibentuk pada 8 Februari 1957 di Khartoum, Sudan,[1] oleh asosiasi sepak bola dari Mesir, Ethiopia, Afrika Selatan dan Sudan[2], menindak lanjuti diskusi sebelumnya antara asosiasi sepak bola dari Mesir, Somalia, Afrika Selatan dan Sudan yang dilaksanakan pada 7 Juni 1956 di Hotel Avenida, Lisbon, Portugal. Kantor pusat pertama didirikan di Khartoum sampai beberapa bulan kemudian terjadi kebakaran yang kemudian pindah ke Kairo, Mesir. Youssef Mohammad menjadi sekertaris jenderal pertama sedangkan Abdel Aziz Abdallah Salem menjadi presidennya. CAF saat ini memeiliki anggota sejumlah 56 asosiasi yang terdiri atas 55 anggota tetap, termasuk yang terbaru adalah Zanzibar (bergabung sejak Maret 2017),[3] sedangkan sebagai anggota sementara.

Presiden saat ini dijabat oleh Ahmad Ahmad, yang terpilih pada tanggal 16 Maret 2017.[4] Wakil Presiden dijabat oleh Kwesi Nyantakyi dari Ghana, Constant Omari Selemani dari RD Kongo dan Fouzi Lekjaa dari Morocco.[5] Sekretaris Jenderal saat ini dijabat oleh Amr Fahmy dari Mesir sejak 16 November 2017.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Historical Dictionary of Soccer. 2011. hlm. 21. ISBN 9780810873957. 
  2. ^ International Sport Management (dalam bahasa Inggris). Human Kinetics. ISBN 9781450422413. 
  3. ^ "Ahmad is new CAF President". CAF. 17 March 2017. Diakses tanggal 17 March 2017. 
  4. ^ "Madagascar FA chief Ahmad elected as new Caf president". BBC News. 16 March 2017. Diakses tanggal 16 March 2017. 
  5. ^ Football, CAF – Confederation of African. "CAF – CAF – Organization – Bodies – Executive Committee". www.cafonline.com. 
  6. ^ Football, CAF – Confederation of African. "CAF – News Center – News – NewsDetails". www.cafonline.com. Diakses tanggal 29 November 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]