Konfederasi Sepak Bola Independen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Konfederasi Asosiasi Sepak Bola Independen
Tanggal pembentukan15 Agustus 2013
JenisAsosiasi Sepak bola
Jumlah anggota
34 Anggota
Presiden
Per-Anders Blind
Situs webconifa.org

Konfederasi Asosiasi Sepak Bola Independen adalah federasi asosiasi sepak bola didirikan pada tahun 2013.[1] Hal ini terdiri dari tim yang mewakili negara, ketergantungan, negara yang belum diakui, minoritas, masyarakat tanpa negara, wilayah dan negara mikro yang tidak berafiliasi dengan FIFA. ConIFA menyelenggarakan "ConIFA Piala Dunia Sepak bola", yang pertama terjadi pada tahun 2014 di Östersund, Swedia. Piala Sepakbola ConIFA Eropa pertama diadakan pada bulan Juni 2015 di Székely Land. Pada masa depan organisasi berharap untuk mengatur Piala Dunia wanita, Piala Liga dan Super Cup untuk klub, dan Piala Dunia Sepak Bola Pantai.

Anggota[sunting | sunting sumber]

CONIFA mencatat terdapat sejumlah anggota dari berbagai belahan dunia.[2]

Eropa
Asia
Afrika

Terdapat juga klaim yang menyatakan bahwa negara berikut juga merupakan anggota organisasi yang berasal dari Eropa: Dua Sisilia, Kepulauan Elba, dan Krimea. Terdapat juga klaim untuk anggota yang berasal dari Amerika Utara: Balompié Mexicano dan Kuskatan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Martyn-Hemphill, Richard (2018-06-09). "In Alternative World Cup for Would-be Nations, Karpatalya Beats North Cyprus". The New York Times (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ "Members – CONIFA". Diakses tanggal 22 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]