Tim nasional sepak bola Zanzibar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zanzibar
Lencana kaos/Lambang Asosiasi
AsosiasiAsosiasi Sepak bola Zanzibar
KonfederasiCAF (Afrika)
Sub-konfederasiCECAFA
(Afrika Timur & Tengah)
PelatihHemed Suleiman
Penampilan terbanyakKhamis Mcha Khamis (18)
Pencetak gol terbanyakKhamis Mcha Khamis (5)
Stadion kandangStadion Amman
Kode FIFAZAN
Peringkat Elo
Terkini 128 Penurunan 1 (10 September 2021)[1]
Warna pertama
Warna kedua
Pertandingan internasional pertama
 Tanganyika 3–1 Zanzibar
(Dar es Salaam, Tanganyika; September 18, 1947)
Kemenangan terbesar
Zanzibar Zanzibar 6–0 Raetia 
(Arbil, Irak; Junu 4, 2012)
Kekalahan terbesar
 Kenya 10–0 Zanzibar
(Kenya; Tanggal tidak diketahui, 1961)
Piala Dunia VIVA
Penampilan1 (Pertama kali pada 2012)
Hasil terbaikPosisi 3, 2012
CECAFA Cup
Penampilan58 (Pertama kali pada 1947)
Hasil terbaikJuara, 1995

Tim sepak bola nasional Zanzibar mewakili daerah Zanzibar di Asosiasi sepakbola internasional dan dikendalikan oleh Asosiasi Sepak Bola Zanzibar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Zanzibar bukanlah anggota dari FIFA dan oleh karena itu mereka tidak memenuhi syarat untuk mengikuti ajang Piala Dunia yang dikendalikan oleh FIFA. Zanzibar merupakan sebuah pulau yang masuk dalam bagian dari negara Tanzania, yang mana negara tersebut memiliki pengakuan dari FIFA di tingkat internasional. Sebelum penyatuan Zanzibar dan Tanganyika pada tahun 1964, Zanzibar merupakan salah satu anggota penuh dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), tetapi tidak pernah lolos ke ajang Africa Nations Cup.

Zanzibar adalah anggota sementara dari N.F.-Board. Tim ini menempati posisi kedua di turnamen FIFI Wild Cup tahun 2006, mereka hanya kalah adu penalti 4-1 saat melawan Republik Turki Siprus Utara di final. Selama turnamen tersebut, mereka dilatih oleh komedian Jerman Oliver Pocher.

Tim nasional U-20 mereka juga bermain di turnamen ELF Cup 2006, mereka finis diposisi keempat dari delapan peserta, mereka memenangkan satu pertandingan (1–0 melawan tim nasional sepak bola Kirgizstan) dan dua kali imbang (melawan Gagauzia dan Greenland) sebelum kalah 5–0 dari Siprus Utara di semifinal. Mereka secara teratur bermain di Piala CECAFA, yang mencakup tim nasional dari Afrika Tengah dan Afrika Timur, dan di turnamen Piala CECAFA 1995 mereka menjadi juara, mereka menang di pertandingan final dengan skor 1-0 saat melawan tuan rumah, Uganda.

Pada Maret 2017, Zanzibar diterima oleh CAF dan menjadi anggota ke-55,[2] namun keanggotaan mereka dicabut empat bulan kemudian, ketika Ahmad Ahmad menjabat sebagai presiden CAF, dia mengklaim wilayah tersebut seharusnya tidak pernah diakui karena bukan negara berdaulat.[3]

Catatan Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Pra-CAF[sunting | sunting sumber]

Gossage Cup / CECAFA Cup[sunting | sunting sumber]

Zanzibar berkompetisi di Piala Gossage dari tahun 1949 sampai tahun 1967, ketika itu nama kompetisi ini diubah menjadi Central African Senior Challenge Cup:

CAF[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2017, Zanzibar diterima di Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), dan memenuhi syarat untuk mengikuti kompetisi Piala Afrika.[2] Undangan itu akhirnya dibatalkan pada bulan Juli ketika aturan FIFA melarang sebuah negara memiliki dua tim nasional.[3]

Africa Cup of Nations[sunting | sunting sumber]

Non-FIFA[sunting | sunting sumber]

Pelatih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elo rankings change compared to one year ago. "World Football Elo Ratings". eloratings.net. 10 September 2021. Diakses tanggal 10 September 2021. 
  2. ^ a b "Zanzibar admitted as full member of African soccer body". indianexpress.com. Indian Express. 16 March 2017. Diakses tanggal 16 March 2017. 
  3. ^ a b "Zanzibar loses Caf membership in embarrassing U-turn". bbc.com. British Broadcasting Corporation. 21 July 2017. Diakses tanggal 23 July 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]