Kerbau afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kerbau afrika
Rentang fosil: 0.7–0 jtyl
Pleistosen Tengah-Holosen
Syncerus-caffer-Masaai-Mara-Kenya crop.JPG
Sekawanan kerbau afrika di Kenya.
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Subfilum: Vertebrata
Kelas: Mamalia
Ordo: Cetartiodactyla
Famili: Bovidae
Subfamili: Bovinae
Genus: Syncerus
Hodgson, 1847
Spesies: S. caffer
Nama binomial
Syncerus caffer
(Sparrman, 1779)
Subspesies

S. c. caffer
S. c. nanus
S. c. brachyceros
S. c. aequinoctialis
S. c. mathewsi

Kerbau afrika (Syncerus caffer) adalah hewan endemik Afrika sebagaimana ia dinamakan. Hewan ini tidak terkait dengan kerbau liar asia dan kerbau domestik. Hewan ini meiliki beberapa subspesies diantaranya adalah S caffer caffer, yang merupakan spesies terbesar yang ditemukan di Afrika Selatan dan Afrika Timur. S. c. nanus (kerbau hutan afrika) adalah subspesies terkecil, yang banyak ditemuan di belantara Afrika Barat dan tengah, sedangkan S. c. brachyceros tersebar di Afrika Barat, dan S. c. aequinoctialis tersebar di padang rumput Afrika Tengah. Tanduk kerbau dewasa menyatu dan membentuk perisai tulang yang dinamakan "bos". Mereka secara luas dianggap sebagai hewan yang sangat berbahaya, karena mereka tercatat menyeruduk dan membunuh lebih dari 200 orang setiap tahun.

Kerbau Afrika bukan merupakan nenek moyang sapi domestik dan jauh lebih besar dengan mamalia anggota famili Bovinae lainnya. Karena sifatnya yang tak terduga, membuatnya sangat berbahaya bagi manusia. Kerbau afrika tidak pernah dijinakkan, tidak seperti kerbau asia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IUCN SSC Antelope Specialist Group 2008. Syncerus caffer. The IUCN Red List of Threatened Species. Version 2014.3. Downloaded on 08 April 2015.