Bos (genus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bos
Bos grunniens at Yundrok Yumtso Lake.jpg
Yak domestik (Bos grunniens)
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Bovidae
Subfamili: Bovinae
Genus: Bos
Linnaeus, 1758
Spesies

B. acutifrons
B. frontalis (gayal, gaur domesik)
B. gaurus (gaur)
B. grunniens (yak domestik)
Yak#Yak liarB. mutus (yak liar)
B. indicus (zebu)
B. javanicus (banteng)
B. palaesondaicus (Banteng pleistosen)
B. planifrons
B. primigenius (aurochs)
B. sauveli (kouprey)
B. taurus (sapi)

Bos adalah genus yang mencakup sapi ternak dan sapi liar. genus ini dibagi menjadi empat subgenus yaitu Bos, Bibos, Novibos, dan Popephagus. Genus ini hanya memiliki lima spesies yang masih hidup. Namun menjadi tujuh jika beberapa varietas dimasukkan sebagai spesies tersendiri dan menjadi sembilan jika beberapa spesies terkait keluarga bison ikut dimasukkan. Sebagian besar spesies genus ini diyakini sebagai keturunan hewan Aurochs yang telah punah.

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Seluruh spesies Bos adalah hewan pemakan tumbuhan dengan lidah yang panjang untuk mengait dan merobek dedaunan dan gigi-gigi yang besar untuk menghancurkan dedaunan. Seluruh spesies hewan ini adalah hewan pemamah biak yang mempunyai empat ruang dalam lambungnya.

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Diperkirakan ada 1.3 miliar ekor individu genus Bos. Jumlah ini menjadikannya sebagai salah satu hewan domestik terbanyak berdsarkan jumlah individu. Mereka tersebar di hampir seluruh benua di dunia kecuali Antartika.

Umur[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan spesies Bos memiliki usia antara 18-25 tahun. Dengan masa gestasi selama 9-11 bulan. Mereka biasa melakukan perjalanan dalam satu rombongan dengan junlah anggota antara sepuluh sampai seratus ekor. Anggota genus ini kebanyakan adalah hewan diurnal.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]