Eland raksasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Eland raksasa
Taurotragus derbianus gigas.jpg
T. d. gigas
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Bovidae
Subfamili: Bovinae
Genus: Taurotragus
Spesies: T. derbianus
Nama binomial
Taurotragus derbianus
(J.E. Gray, 1847)
Subspesies
  • T. d. derbianus
  • T. d. gigas
Sinonim

Eland raksasa (Taurotragus derbianus) adalah salah satu spesies antelop dari genus Taurotragus. Hewan ini merupakan spesies antelop terbesar dengan ukuran antara 220–290 cm (86,5–114 in). Hewan ini memiliki dua subspesies yaitu T. d. derbianus dan T. d. gigas. Hewan ini berhabitat di padang rumput dan hutan terbuka di pedalaman Afrika.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Eland raksasa merupakan hewan herbivora dan hidup dengan memakan ranting, rumput, dan dedaunan. Mereka termasuk hewan yang berkelompok dengan jumlah anggota antara 15 sampai 25 ekor, yang terdiri dari baik jantan maupun betina. Mereka mempunyai sifat kewaspadaan yang tinggi yang membuat mereka sulit untuk didekati dan diamati. Mereka dapat berlari hingga kecepatan 70 km/h (43 mph) ketika dikejar predator. Eland raksasa kawin di musim penghujan.

Varietas[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IUCN SSC Antelope Specialist Group (2008). "Tragelaphus derbianus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 29 March 2009.  Database entry includes a brief justification of why this species is of least concern.