Oribi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Oribi
Sudan Oribi (Ourebia montana) male (18172324646).jpg
Jantan
Sudan Oribi (Ourebia montana) female (18199933351).jpg
Betina
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Bovidae
Genus: Ourebia
Spesies: O. ourebi
Oribi map.png
Sinonim

Oribi (Ourebia ourebi) adalah antelop kecil asli Afrika Timur dan Afrika bagian selatan. Oribi pertama kali dijelaskan oleh zoologis Jerman Eberhard August Wilhelm von Zimmermann pada 1782. Terdapat delapan subspesies. Oribi memiliki tinggi 50–67 sentimeter (20–26 in) pada bahu dan berat 12–22 kilogram (26–49 lb). Antelop ini memiliki leher dan badan panjang. Kulitnya coklat mengkilap, kekuning-kuningan berbeda dengan dagu, tenggorokan, bagian bawah dan pantat yang putih. Tanduk yang panjang, tanduk lurus tipis hanya dimiliki jantan dengan panjang 8-18 sentimeter (3,1-7,1 in).

Oribi aktif di siang hari. Umumnya beraktivitas dalam kelompok kecil sampai 4 orang; di mana pejantan memimpin teritori seluas 25–100 hektar (62–247 acres). Oribi menyukai rumput dan kadang dedaunan pohon. Tidak seperti antelop kecil lainnya, oribi dapat menunjukkan tiga jenis sistem perkawinan, tergantung pada habitatnya - poliandri, poligami, dan poliginandri. Kehamilan berlangsung selama enam hingga tujuh bulan, setelahnya lahir seekor anak; puncak kelahiran berlangsung dari November hingga Desember di Afrika bagian selatan. Waktu menyusui selama empat hingga lima bulan.

Oribi muncul di berbagai keadaan alam - mulai dari sabana, dataran banjir, dan padang rumput tropis dengan rumput setinggi 10-100 sentimeter (3,9–39,4 in) dari padang rumput montana di ketinggian rendah, hingga 2.000 meter (6.600 kaki) di atas permukaan laut. Antelop ini memiliki distribusi yang sangat luas, mulai dari Senegal di barat hingga Ethiopia dan Eritrea di timur hingga Angola dan Afrika Selatan di selatan. Oribi telah diklasifikasikan sebagai spesies risiko rendah oleh IUCN; dan populasinya telah menurun karena ekspansi pertanian dan persaingan dari peternakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IUCN SSC Antelope Specialist Group (2008). "Ourebia ourebi". Diakses tanggal 29 March 2009.  Database entry includes a brief justification of why this species is of Least Concern.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]